Alasan Harus Mencabut Gigi Permanen ; Apa Saja?

alasan harus mencabut gigi permanen

Go Dok – Alasan harus mencabut gigi permanenSaat kecil, tentu Anda mengalami pencabutan gigi susu yang kemudian akan digantikan dengan gigi-gigi permanen dengan fungsi lebih baik. Hal ini merupakan sesuatu yang wajar, dan memang harus dijalani oleh setiap orang. Namun, bagaimana jika justru gigi permanen Anda yang harus dicabut? Tentu banyak dari Anda yang tidak rela jika hal ini terjadi. Pasalnya, tak ada gigi yang akan tumbuh menggantikan gigi permanen saat dicabut, yang artinya susunan gigi Anda akan terlihat ompong. Namun, selalu ada alasan yang jelas lho, tentang kenapa Anda harus mencabut gigi permanen. Apa sajakah alasan itu?

Yuk, simak penjelasan mengenai alasan harus mencabut gigi permanen berikut ini!

1. Gigi memiliki risiko terkena infeksi

Alasan harus mencabut gigi permanen pertama adalah terdapatnya risiko gigi terkena infeksi menurut dokter. Jika sistem imun Anda dalam kondisi membahayakan, seperti jika Anda tengah menerima perawatan kemoterapi kanker ataupun menjalani transplantasi organ. Jika dokter melihat adanya kemungkinan infeksi, meskipun hanya sedikit dan terjadi pada salah satu gigi Anda, itu sudah menjadi alasan yang cukup untuk mencabut gigi Anda.

2. Terjadi infeksi

Jika kerusakan gigi Anda sudah mencapai area pulpa -bagian tengah gigi yang mengandung saraf dan pembuluh darah- , maka bakteri bisa dengan mudah masuk ke bagian tersebut. Bagian ini vital bagi gigi Anda, dan bakteri yang masuk tentu bisa menyebabkan infeksi. Nah, jika infeksi ini menjadi parah sehingga tidak bisa disembuhkan dengan antibiotik, maka kemungkinan besar Anda harus mencabut gigi untuk mencegah infeksi menyebar ke area gigi lainnya.

3. Sesaknya bagian dalam mulut

Terkadang, dokter gigi harus mencabut salah satu atau beberapa gigi Anda, dalam mempersiapkan gigi untuk memakai kawat gigi –behel. Kawat gigi ini berfungsi untuk menyelaraskan susunan gigi dan membuatnya rapi. Nah, fungsi ini biasanya tidak bisa terlaksana jika gigi-gigi Anda berukuran terlalu besar untuk mulut, dan ini banyak terjadi pada kasus di mana Anda memiliki gigi tonggos. Selain untuk memasang kawat gigi, biasanya gigi juga harus dicabut jika gusi Anda terlalu penuh sehingga tidak ada tempat bagi gigi lain yang akan tumbuh. Contohnya, saat geraham bungsu Anda akan tumbuh, dan sudah tidak ada lagi ruang di dalam mulut untuknya, maka salah satu dari gigi yang lain harus dicabut. Pasalnya, jika tidak dilakukan, maka keadaan justru akan menjadi rumit dan kemungkinan besar harus dilakukan operasi nantinya.

4. Penyakit gusi periodontal

Selanjutnya, alasan harus mencabut gigi permanen karena adanya penyakit gusi periodontal. Penyakit ini merupakan suatu infeksi yang menyerang jaringan dan tulang yang mengelilingi dan menyokong gigi-gigi Anda. Nah, jika infeksi gusi ini menjadi parah sehingga menyebabkan Anda kehilangan gigi, maka dokter akan menyarankan untuk mencabut gigi Anda.

5. Gigi berlubang

Tentu Anda sudah mengetahui, bahwa banyak hal bisa menyebabkan gigi-gigi Anda menjadi berlubang, mulai dari terlalu banyak mengonsumsi makanan manis, jarang menggosok gigi, terlalu sering meminum kopi, hingga kebiasaan merokok. Nah, saat gigi berlubang sudah menjadi parah dan biasanya menimbulkan rasa sakit, maka gigi Anda perlu untuk dicabut. Pasalnya, gigi berlubang ini mungkin sudah kehilangan fungsinya sehingga harus dicabut.

6. Gigi mati atau busuk

Alasan harus mencabut gigi permanen yang terakhir adalah jika gigi Anda memang sudah dikatakan mati atau busuk. Suatu gigi dikatakan mati atau membusuk, saat tak ada lagi darah yang mengalir menuju gigi tersebut. Hal ini bisa disebabkan oleh trauma, benturan, maupun gigi berlubang. Biasanya, gigi yang membusuk akan menimbulkan rasa nyeri, membengkak, berubah warna, dan menimbulkan bau tak sedap. Jika perawatan dari dokter ternyata tidak bisa memperbaiki kebusukan ini, maka kemungkinan besar gigi Anda harus dicabut.

Nah, itu dia 6 alasan harus mencabut gigi. Semoga bermanfaat, ya!

Baca juga:

Konsultasi kesehatan kini bisa langsung lewat gadget Anda. Download aplikasi Go Dok di sini.

SF/PJ/MA

Referensi