Aktivitas untuk Membuat Kakak Adik Lebih Akrab

Aktivitas untuk membuat kakak adik lebih akrab

Aktivitas untuk membuat kakak adik lebih akrab salah satunya aktivitas yang bisa membuat anak untuk bisa berkreasi bersama seperti membuat kerjadinan bersama. Kerjasama mereka akan terlatih lebih efektif jika dibarengi dengan bimbingan orangtua. Sediakan bahan-bahan kreasi yang sesuai umur dan aman untuk mereka.

Go Dok Bagaimana, ya, cara mengatasi tingkah si kecil yang sering bertengkar dengan kakak atau adiknya? Memang, hubungan kakak-adik sering kali diwarnai dengan konflik-konflik kecil yang tidak jarang membuat ribut kedamaian rumah.Entah itu bertengkar hingga adik menangis, adik yang sering mengadu pada orangtua, dan sebagainya.

Nah, salah satu cara untuk menjembatani si kecil agar lebih akur dan akrab adalah dengan mengenalkan aktivitas untuk membuat kaka adik lebih akrab yang mengasyikan dan bisa melatih kerjasama keduanya.

Lalu, apa saja aktivitas untuk membuat kaka adik lebih akrab?

1. Berkreasi bersama

Aktivitas untuk membuat kaka adik lebih akrab yang pertama dengan melatih mereka untuk berkreasi bersama. Jadikan waktu bekerja sama menjadi waktu yang menyenangkan, seperti berkreasi dalam membuat slime, melukis, hingga membuat suatu kerajinan bersama.

Kerja sama mereka akan terlatih lebih efektif jika dibarengi dengan bimbingan orangtua. Anda juga bisa membuat kontes antara anak dan orangtua atau orang dewasa. Hal ini mampu mengasah kemampuan kerja sama mereka lebih baik.

Sediakan bahan-bahan kreasi yang sesuai umur dan aman untuk mereka. Biasanya, anak balita masih sering memasukkan apa saja ke mulutnya, maka tetap awasi kegiatan mereka hingga selesai.

2. Membuat makanan

Anda bisa menginisiasi si kecil untuk membuat makanannya sendiri ketika mereka lapar. Anak-anak biasanya suka berkreasi dengan resep dan bahan-bahan makanan.

Biarkan mereka memilih menu sendiri, tetapi pastikan bahwa menu tersebut mudah dibuat dan tidak memerlukan alat-alat memasak yang hanya bisa digunakan oleh orang dewasa.

3. Bermain detektif

Bermain detektif bisa Anda jadikan aktivitas untuk membuat kaka adik lebih akrab, lho. Siapkan barang-barang tertentu, seperti mainan atau makanan, kemudian sembunyikan. Pastikan bahwa barang tersebut terbagi rata untuk anak Anda.

Jika anak sudah cukup besar, kegiatan bermain detektif ini bisa dikreasikan dengan, misalnya, map atau peta buatan sendiri yang dapat digunakan sebagai petunjuk bagi mereka untuk menemukannya. Berikan beberapa petunjuk yang dapat menuntun mereka kepada arah lokasi harta karun mereka.

4. Rumah-rumahan

Bermain rumah-rumahan tidak membutuhkan terlalu banyak peralatan. Anda bisa hanya menyiapkan selimut sebagai atap, kursi atau bahkan kolong meja sebagai dinding dan rumahnya.

Siapkan makanan ringan untuk si kecil, atau buku bacaan yang bisa dibaca bersama-sama. Kegiatan ini akan menjadi tali pengerat keakraban anak dengan saudaranya, sebab mereka dapat dibiarkan untuk bermain lebih intim.

5. Berkemah

Jika si kecil sudah cukup besar, tidak ada salahnya mengajak mereka berkemah keluarga. Jika tidak memungkinkan untuk pergi ke tempat berkemah pada umumnya, Anda bisa hanya memanfaatkan halaman atau bahkan ruangan-ruangan di rumah yang cukup luas untuk mendirikan tenda kecil-kecilan.

Berikan aktivitas bermain yang merangsang jiwa petualang dan mengasah kerja samanya, seperti berburu harta karun atau memasak makan malam sendiri (dengan pengawasan orangtua). Di antara waktu berkemah, sempatkan untuk bermain bersama mereka sebagai dua tim yang berlawanan, orangtua atau orang dewasa dan anak.

6. Membaca bersama

Aktivitas untuk membuat kakak adik lebih akrab yang terakhir dengan membimbing anak untuk membaca bersama. Selain menjadi penengah untuk si kecil bersantai bersama, Anda juga dapat mengasah kemampuan membaca mereka.

Pilihlah buku yang bergambar, full color atau berwarna, serta unik dalam tampilan sehingga membuat si kecil tertarik. Ajak mereka untuk memilih salah satu buku, dan membacanya bersama-sama.

Di samping itu, Anda juga dapat memilihkan buku dongeng atau buku bergambar lainnya, kemudian meminta si kakak untuk membacakannya kepada adiknya. Biarkan mereka berinteraksi, tapi tetap bimbing dengan sabar. Setelahnya, minta anak untuk menceritakan kembali buku tersebut menurut versinya sendiri.

Nah, itulah aktivitas untuk membuat kakak adik lebih akrab. Semoga bermanfaat, ya!

 

Baca juga:

Kini Anda bisa tanya dokter gratis lewat fitur ‘Tanya Dokter’. Download aplikasi Go Dok di sini.

VD/JJ/MA

Referensi