Pantangan Asam Urat saat Lebaran, Hindari 6 Makanan Ini!

Pantangan asam urat

Pantangan asam urat saat lebaran, bagi Anda penderita asam urat atau ingin menghindari asam urat saat lebaran sebaiknya hindari mengonsumsi makanan yang mengandung purin tinggi yang biasanya ada dalam sajian menu lebaran Anda. Makanan apa sajakah? 

 

Go Dok – Bagi Anda umat Islam, Idul Fitri sudah pasti jadi momen yang ditunggu-tunggu. Bagaimana tidak! Setelah berpuasa selama 20 hari penuh, Anda pasti mendamba saat di mana semua rasa lapar dan haus terbayar oleh kefitrian hati dan jiwa.

Eits, tapi jangan asal makan saat lebaran, ya! Kerapkali, karena merasa lega bisa makan seharian lagi, Anda menyantap semua sajian tanpa mengindahkan batasan. Padahal, kebiasaan inilah yang bisa memicu timbulnya berbagai macam penyakit, termasuk asam urat.

Pantangan asam urat saat lebaran dengan menghindari 6 makanan berikut ini!

1. Jeroan

Pantangan asam urat saat lebaran pertama sebaiknya Anda menghindari mengonsumsi jeroan. Ya, bahan pangan ini memang sudah dikenal sejak lama akan kandungan senyawa purinnya yang tinggi. Inilah yang menyebabkan konsumsi sajian berbahan dasar jeroan secara berlebih dapat meningkatkan risiko Anda terkena openyakit asam urat.

2. Rendang

Siapa yang tidak mengenal sajian yang satu ini? Terkenal akan cita rasanya yang gurih dan agak pedas, rendang kerap dianggap sebagai menu wajib untuk dihidangkan saat lebaran. Namun, tahukah Anda, bahwa bahan dasar rendang -yaitu daging sapi- termasuk bahan pangan tinggi purin? Karenanya, bijak dalam menakar jumlah rendang yang dikonsumsi, ya! Jika tidak, tubuh akan berisiko terasa sakit akibat asam urat.

3. Opor ayam

Selanjutnya, pantangan asam urat saat lebaran hindari konsumsi berlebih opor ayam ternyata dapat membuat asam urat Anda kambuh. Selain tinggi akan kandungan kolesterol dan lemak, jumlah purin dalam daging ayam juga termasuk ke dalam golongan menengah. Jadi, meskipun kombinasi ketupat dan opor ayam begitu menggoda; Anda harus tetap menahan diri dan menetapkan batasan konsumsi, ya!

4. Seafood

Seafood termasuk makanan yang harus dhindari agar terhindar dari asam urat, lho.  Memang, produk bahari, seperti kepiting, cumi-cumi, dan udang terkenal akan kandungan proteinnya yang tinggi. Tapi, jangan salah! Di dalamnya juga terkandung senyawa purin dalam jumlah yang tidak sedikit. Oleh karena itu, lalai dalam memperhatikan jumlah asupannya akan berakibat pada meningkatnya risiko Anda terkena asam urat. Tidak mau hal ini terjadi, bukan?

5. Kacang goreng

Ayo, ngaku! Apa Anda termasuk penggemar kacang goreng yang disajikan di toples-toples lebaran? Jika ya, maka berhati-hatilah! Sebab konsumsi berlebih segala macam kacang-kacangan tidaklah disarankan bagi penderita asam urat.

6. Lalap bayam

Terakhir, pantangan asam urat saat lebaran  adalah hindari  lalapan bayam. Memang, menyantap lalapan sebagai pelengkap sajian khas lebaran akan terasa nikmat. Namun, konsumsi sayuran tertentu -seperti bayam- terbukti dapat meningkatkan kadar purin di dalam tubuh. Akibatnya, momen kebersamaan dengan keluarga akan terganggu sebab asam urat Anda kambuh.

Itu tadi pantangan asam urat saat lebaran. Sebenarnya, tidak ada salahnya untuk mencoba semua sajian pada hari kemenangan nanti. Namun, ingat! Selalu perhatikan jumlah asupannya sebab segala sesuatu yang Anda konsumsi akan berakibat langsng terhadap kondisi kesehatan.

Baca juga:

Gunakan aplikasi Go Dok untuk dapatkan ragam layanan kesehatan gratis, langsung dari Smartphone. Download aplikasinya di sini.