Acarbose; Efek Samping, Sediaan dan Indikasi

Acarbose

Acarbose adalah sebuah inhibitor alpha glucosidase yang bekerja dengan menurunkan penyerapan karbohidrat di usus kecil dan digunakan sebagai terapi tambahan dalam penatalaksanaan diabetes tipe 2. 

Nama Generik

Acarbose

Merek Dagang

Acrios, Capribose, Carbotrap, Eclid, Glubose, Glucobay50/100.

Pengertian

Acarbose adalah sebuah inhibitor alpha glucosidase yang bekerja dengan menurunkan penyerapan karbohidrat di usus kecil dan digunakan sebagai terapi tambahan dalam penatalaksanaan diabetes tipe 2.

Alpha glucosidase adalah sebuah enzim yang berada di vili dari usus kecil yang memecah karbohidrat kompleks menjadi glukosa, sehingga glukosa yang diserap oleh tubuh menjadi berkurang dan menurunkan kenaikan kadar gula darah.

Golongan

Antidiabetic agent, alpha glucosidase inhibitors

Golongan Obat

K (Obat Keras)

Sediaan

Tablet 25 mg, 50 mg, 100 mg

Indikasi

Diabetes mellitus Tipe 2 yang tidak dapat diatur hanya dengan diet atau diet dengan obat antidiabetik oral. 

  • Oral: Remaja >18 tahun dan dewasadosis awal 50 mg/hari, bisa dinaikan menjadi 50 mg 3x/hari, jika respon masih tidak adekuat, setelah 6-8 minggu bisa dinaikan menjadi 100 mg 3x/hari. Dosis maksimum 200 mg 3x/hari.

Tablet dikunyah bersama satu suapan pertama makanan atau ditelan utuh dengan sedikit air segera sebelum makan. 

  • Tidak disarankan untuk anak dan remaja <18 tahun.

Kontraindikasi

Wanita hamil, wanita menyusui, anak, inflammatory bowel disease (seperti ulserativa kolitisCrohn’s disease), sirosis, ketoasidosis diabetikum, ileus, gangguan fungsi hati, gangguan fungsi ginjal, hernia, riwayat bedah perut.

Efek Samping

Perut kembung (sering buang gas), nyeri perut, diare, mual (jarang), muntah, thrombocytopenia. Beberapa laporan seperti ileus, ikterus, hepatitis, reaksi kulit dan edema.

Berpotensi fatal: Fulminant hepatitis.

Kehamilan dan Laktasi

Belum ada data yang memadai dan dibutuhkan penelitian lebih lanjut tentang penggunaan obat ini untuk ibu hamil dan menyusui. Disarankan untuk tidak menggunakan obat ini pada ibu hamil (terutama trimester 1) dan menyusui.

Peringatan

  • Sampaikan kepada dokter sebelum Anda mengonsumsi obat ini apabila Anda alergi dengan acarbose
  • Jika Anda memiliki riwayat alergi terhadap obat, makanan atau zat lainya, sampaikan gejala apa yang muncul saat Anda mengalami alergi
  • Sampaikan kepada dokter Anda apabila memiliki riwayat penyakit usus, liver dan ginjal
  • Anda mungkin mengalami penglihatan kabur, pusing, atau mengantuk karena gula darah yang sangat rendah atau tinggi. Jangan mengemudi, menggunakan mesin, atau lakukan aktivitas apa pun yang membutuhkan kewaspadaan atau penglihatanyang jelas sampai Anda yakin dapat melakukan aktivitas tersebut dengan aman.

Interaksi Obat

Dapat meningkatkan efek obat antidiabetik lainnya termasuk insulin. Efek dapat berkurang dengan obat – obat adsorben GI (misalnya charcoal) dan enzim pemecah karbohidrat (misalnya amilase, pancreatin). Neomycin dan kolestiramin dapat meningkatkan efek acarbose. Acarbose dapat menghambat penyerapan digoxin.

Penyimpanan

Simpan obat di tempat yang kering dan tidak lembap dengan suhu kurang dari 25oC. Jauhkan dari jangkauan anak-anak dan hewan peliharaan.

Bila obat yang disimpan telah mencapai masa kadaluarsa hindari membuang obat ini secara sembarangan. Tanyakan kepada apoteker atau petugas sarana pengelola limbah di lingkungan Anda dimana dan bagaimana cara paling aman untuk membuang sisa produk ini.

Semoga bermanfaat!

 

Baca juga:

Jangan ragu untuk selalu gunakan fitur ‘Tanya Dokter’ untuk berkonsultasi dengan dokter online yang siap siaga 7×24 jam. Segera download aplikasi kesehatan Go Dok di sini.

 

JT/JJ/MA

Referensi