8-Point Alert for Eye Beauty

By MIRACLE Aesthetic Clinic

True beauty is everlasting, it is how you feel inside that shines through your eyes. 

Tidak dapat dipungkiri kalau mata yang indah akan menyempurnakan penampilan seseorang. Namun mata dengan berbagai permasalahan pada kulit di sekitarnya seringkali membuat wajah terkesan sedih, lelah, dan tampak menua. Jadi, tak heran jika dikatakan bahwa mata adalah jendela jiwa seseorang.

Kulit di sekitar mata sangat tipis, dengan ketebalan hanya 1/9 dari ketebalan kulit tubuh. Keadaan ini membuatnya lebih mudah mengalami berbagai problem. Kulit halus di sekitarnya juga menjadi faktor penyebab tanda awal dari penuaan biasanya muncul di sekitar mata. Berbagai problem yang timbul karena penuaan antara lain : keriput atau kerutan di samping mata, kelopak mata atas dan bawah yang turun, munculnya lingkaran gelap (dark circle), kantung mata, dan bagian bawah mata yang tampak cekung. Sebagai area yang paling sensitif, kulit seputar mata memerlukan perawatan khusus agar kesehatan dan keindahan kulit mata tetap terjaga.

Dua jenis perawatan dengan injeksi yang seringkali dilakukan untuk mengatasi problem di kulit sekitar mata adalah injeksi botulinum toksin A (Botox®) dan injeksi filler . Injeksi Botox® dapat merelaksasikan otot-otot sekitar kulit mata sehingga bertujuan untuk mengurangi keriput atau kerutan di samping mata, di antara kedua alis, memperbaiki bentuk alis, dan membuat sudut mata menjadi lebih terbuka. Sedangkan injeksi filler dengan menyuntikkan bahan  hyaluronic acid gel mampu mengatasi struktur cekung bawah mata, mengembalikan atau menambahkan volume yang hilang pada bagian wajah tertentu, termasuk di seputar mata, dengan prosedur yang relatif tidak sakit, tanpa luka dan hasil instan.

Selain perawatan dengan injeksi, tersedia berbagai pilihan perawatan lain yang bisa menjadi solusi. Penggunaan produk perawatan mata, peeling, perawatan dengan teknologi laser, tanam benang dan teknologi ultrasound juga mampu memperbaiki problem kulit sekitar mata yang mengganggu. Pada beberapa problem yang sudah terlalu parah, tentunya memerlukan langkah yang lebih invasif yaitu tindakan pembedahan, misal  untuk membuang kulit berlebih di kelopak mata atas maupun bawah hingga nampak lebih kencang dan awet muda.

Berikut 8 tanda penuaan pada area sekitar mata (8-point alert for eye beauty) yang perlu mendapatkan perawatan :

1. Dry skin  

Kulit di sekitar mata rentan terhadap kekeringan sehingga tampak kusam dan tidak segar. Hal ini disebabkan tidak adanya kelenjar minyak yang cukup di area mata. Padahal kelenjar minyak tersebut mampu mengeluarkan sebum, yang bertanggungjawab untuk menjaga kelembapan kulit. Kosmetika yang kurang tepat seringkali juga menjadi salah satu penyebab kekeringan pada kulit sekitar mata.

2. Dark circle

Lingkaran gelap di area mata disebabkan karena berbagai hal, antara lain kulit pada area tersebut semakin menipis dan membuat pembuluh darah lebih menonjol yang terlihat jelas seperti lingkaran gelap. Penyebab lain yang lebih sering adalah karena problem hiperpigmentasi, dan diperburuk karena efek stres atau kurang tidur.

3. Eye wrinkle

Keriput atau kerutan yang terjadi di area sudut luar mata, terjadi karena penuaan dan kerutan otot-otot ekspresi.

4. Tear trough deformity

Cekungan di bawah mata di sepanjang “garis air mata”, memberikan efek mata lelah dan terlihat menua.

5. Eye bag

Bagian bawah mata yang terlihat “sembab” atau “membengkak”, biasanya terjadi akibat hilangnya jaringan lemak di pipi atas karena penuaan atau merupakan timbunan lemak yang muncul karena melemahnya jaringan ikat penahan kulit kelopak bawah mata. Biasa disebut dengan kantung mata.

6. Volume loss

Lapisan kulit dan lemak di area mata yang mengalami kekurangan volume akibat proses penuaan.

7. Droopy eyebrow

Alis yang turun seiring dengan bertambahnya usia, disebabkan oleh kulit dan otot di sekitar mata dan dahi yang melemah sehingga membuat alis tampak terjatuh.

8. Skin excess

Kulit di kelopak mata yang sudah kehilangan elastisitasnya, akan nampak kaku dan menggantung sehingga memberikan efek kulit berlebih.

 

###
Tentang MIRACLE Aesthetic Clinic

Sejarah Miracle Aesthetic Clinic sebagai perintis bisnis estetika di tanah air dimulai pada 25 Juli 1996. Berbekal pengalaman selama 21 tahun, Miracle kini dikenal sebagai klinik estetika terdepan dan terpercaya di Indonesia dengan 19 cabang yang tersebar di Jakarta, Surabaya, Bali, Malang, Balikpapan, Batam, Makassar, Medan, Manado, Lombok, Yogyakarta dan Semarang. Dengan filosofi ‘The Art Behind the Science of Aesthetic’, Miracle menggabungkan cream program, perawatan medis oleh dokter profesional dan perawatan estetik oleh beauty therapist berpengalaman, dengan cita rasa seni yang tinggi, untuk memberikan perawatan wajah dan kulit dengan hasil optimal, juga kenyamanan, keamanan, keramahan, serta privasi bagi pelanggannya.