8 Jenis Rempah yang Baik untuk Diet

Rempah yang baik untuk diet

Rempah yang baik untuk diet bisa Anda gunakan sebagai pelengkap bahan makanan atau minuman Anda ketika sedang menjalankan program diet. Rempah yang baik untuk memaksimalkan diet Anda terdiri dari merica, kunyit, jahe, kayu manis, bawang putih, kapulaga, jinten dan ginseng.

 

Go DokApakah Anda termasuk ke dalam individu yang memiliki berat badan berlebih? Jika ya, maka kata diet tentunya sudah tidak asing lagi di telinga. Diet, yang sejatinya diartikan sebagai pengaturan pola makan, sering juga dipahami sebagai proses penurunan berat badan dengan mengombinasikan konsumsi makanan tertentu dengan olahraga yang telah diatur jadwalnya sedemikian rupa. Tapi, tahukah Anda bahwa diet juga ternyata bisa dilakukan dengan mengonsumsi beberapa jenis rempah? Penasaran?

Simak 8 jenis rempah yang baik untuk diet berikut ini:

1. Merica

Rempah yang baik untuk diet  pertama adalah merica. Mengapa merica? Karena dalam rempah yang satu ini terkandung senyawa piperine. Nah, cara kerja senyawa ini ternyata hampir sama dengan cara kerja capsaicin (senyawa yang terkandung di dalam cabai), yaitu memecah lemak menjadi energi. Karenanya, jangan ragu untuk selalu menggunakan merica di setiap masakan Anda, ya!

2. Kunyit

Selanjutnya, kunyit. Senyawa kurkumin yang terkandung dalam kunyit ternyata berkerja dengan berbagai cara mulai dari mengurangi rasa lapar, mempercepat pembakaran lemak, hingga meminimalisir proses pembentukan lemak jahat dalam tubuh. Jika tertarik mencoba rempah yang satu ini, maka Anda dapat membuat sajian jus pepaya kunyit.

Caranya mudah, kok! Cukup blender pepaya matang dengan 1 ruas kunyit yang sudah dicuci bersih. Minum jus ini setidaknya 2 kali sehari dan lihat hasilnya pada tubuh Anda.

3. Jahe

Rempah yang baik untuk diet selanjutnya adalah jahe. Ternyata, dengan mengonsumsi jahe  secara tidak langsung Anda telah mengontrol gula darah dan kolesterol dalam tubuh. Banyak kreasi minuman berbahan dasar jahe yang dapat Anda coba, salah satunya adalah wedang jahe. Bagaimana, tertarik?

4. Kayu manis

Jarang yang mengetahui bahwa kandungan cinnamaldehyde dalam kayu manis ternyata bermanfaat untuk meluruhkan lemak dalam tubuh, merangsang proses metabolisme, menurunkan kadar glukosa dalam darah, hingga meningkatkan jumlah insulin sehingga Anda terhindar dari risiko diabetes tipe 2. Hebat, bukan? Maka, cobalah sajian minuman berbahan dasar kayu manis! Caranya, rebus 2 batang kayu manis dengan 1 gelas air. Tambahkan perasan lemon, lalu sajikan selagi hangat.

5. Bawang putih

Selain baik bagi tekanan darah, ternyata bawang putih juga dapat dimanfaatkan untuk diet. Tertarik mencoba? Selain dengan rajin menambahkan bawang putih dalam setiap sajian masakan, Anda juga dapat merasakan manfaat rempah yang satu ini dengan cara membuat jus bawang putih dan teratur mengonsumsinya di pagi hari.

6. Kapulaga

Tahukah Anda, bahwa kandungan fitosterol dalam kapulaga ternyata bermanfaat untuk mendetoksifikasi tubuh, mengontrol kadar lemak, hingga menghambat proses penyerapan kolesterol? Karenanya, mulai masukkan kapulaga ke dalam daftar rempah yang wajib Anda konsumsi selama menjalani program diet, ya!

7. Jinten

Ternyata, konsumsi jinten secara teratur dapat merangsang pembakaran lemak agar berjalan lebih optimal. Tentunya hal ini merupakan berita baik bagi Anda yang sedang menjalani program penurunan berat badan. Eits, tidak usah bingung dengan cara penyajian jinten! Cukup tambahkan 1 sendok jinten halus ke dalam 1 gelas plain yoghurt konsumsi campuran ini setiap pagi. Mudah sekali!

8. Ginseng

Terakhir, rempah yang baik untuk diet adalah ginseng. Dengan rajin mengonsumsi air rebusan ginseng, Anda dapat merasakan banyak manfaatnya bagi tubuh mulai dari proses metabolisme yang berjalan lebih optimal, membaiknya mood, hingga stress yang cepat reda.

Itu tadi 8 jenis rermpah yang baik untuk diet. Jadi, Anda mau coba yang mana?

Baca juga:

Gunakan fitur ‘Tanya Dokter’ untuk tanya dokter online yang siap 7×24 jam. Download aplikasi Go Dok di sini.