7 Tips Untuk Mengatasi Kantuk Saat Menyetir

Mengatasi kantuk saat menyetir

Mengatasi kantuk saat menyetir ; Banyak dari Anda yang mungkin kurang waspada dan tidak menyadari betapa berbahayanya menyetir kendaraan saat tengah mengantuk. Sebelum menyetir, ketahui tips mengatasi kantuk Anda.

 

Go DokIngatkah Anda pada suatu adegan di tayangan komedi Mr. Bean, di mana si tokoh utama yang lucu mengantuk saat tengah menyetir mobilnya? Pada adegan tersebut, Mr. Bean melakukan segala cara dan terus menerus melakukan hal-hal kocak guna mencegah kantuknya. Tak ayal, adegan ini membuat banyak penonton terpingkal-pingkal. Lucu? Tentu saja. Berbahaya? Sangat. Banyak dari Anda yang mungkin kurang waspada dan tidak menyadari betapa berbahayanya menyetir kendaraan saat tengah mengantuk. Padahal, sebagian besar kecelakaan di Indonesia disebabkan oleh sopir yang lalai dan mengantuk saat menyetir di malam hari.

Nah, untuk mengatasi kantuk saat menyetir, mari simak tips-tips berikut ini!

1. Hentikan kendaraan Anda

Tips mengatasi kantuk saat menyetir pertama dengan menghentikan laju kenderaan Anda. Dengan beristirahat di pinggir jalan ataupun pom bensin terdekat. Jangan ngotot untuk tetap melanjutkan perjalanan, karena hal ini bia berbahaya bagi Anda maupun kendaraan lain di jalanan tersebut. Jika tetap ingin melanjutkan perjalanan, mintalah orang lain untuk menggantikan Anda menyetir.

2. Minumlah kopi dalam jumlah wajar

Ya, meminum kopi adalah cara paling tepat untuk mengatasi kantuk saat menyetir. Hal ini sering dilakukan para sopir truk maupun bis malam dalam perjalanan mereka. Memang kafein dapat membuka mata Anda, namun tentu butuh waktu 10 – 15 menit agar efeknya bekerja. Selama menunggu efek kopi, Anda tetap harus menghentikan kendaraan dan beristirahat selama beberapa menit. Namun ingat, jangan terlalu banyak mengonsumsi kopi di perjalanan, ya!

3. Tidur sebentar

Terkadang, Anda tidak bisa melawan kantuk saat menyetir, dan memang harus memulihkan diri dengan tidur sebentar. Anda bisa langsung tidur selama 15 – 20 menit, atau bisa pula meminum kopi terlebih dahulu sebelumnya. Dengan cara ini, saat Anda bangun, efek kopi akan mulai bekerja sehingga Anda bisa terjaga lebih lama.

4. Jalan-jalan atau bergerak

Setelah menghentikan kendaraan, ada baiknya Anda berjalan-jalan dan menggerakkan tubuh. Anda bisa mengitari area di sekitar mobil Anda, ataupun melakukan gerakan pemanasan tubuh. Berjalan-jalan sebentar dapat meningkatkan energi Anda selama 1 – 2 jam ke depan. Pasalnya, mengantuk juga bisa disebabkan oleh kurangnya kadar oksigen yang mengalir di tubuh Anda. Berjalan kaki bisa memompa oksigen yang dibutuhkan ke pembuluh-pembuluh darah, otak, serta otot-otot tubuh, sehingga rasa kantuk pun cepat pergi.

5. Mengobrol

Jika Anda bepergian bersama seorang rekan, usahakan untuk tetap mengobrol dan berbicara satu sama lain. Berbicaralah mengenai berbagai hal, baik hal-hal lucu, masalah politik, maupun perdebatan agama yang sedang marak. Hal ini akan membantu pikiran Anda untuk berjalan kembali dan menstimulasi otak agar tetap bekerja dan tidak mengantuk.

6. Minum air putih dan mengemil sehat

Menjaga kadar cairan di dalam tubuh tetap normal bisa menjadi salah satu cara mengatasi kantuk saat menyetir. Air putih memompa oksigen yang dibutuhkan tubuh, dan camilan bisa memompa energi tubuh Anda dan memasok kadar gula yang dibutuhkan tubuh. Hal ini bisa memuat Anda tetap terjaga selama perjalanan. Namun ingat, jangan terlalu banyak mengonsumsi camilan manis, karena kadar gula berlebih dalam tubuh justru dapat membuat Anda cepat mengantuk kembali.

7. Ambil napas dalam-dalam

Tips terakhir untuk mengatasi kantuk saat menyetir adalah menghentikan kendaraan, dan beristirahat sembari mengambil napas dalam-dalam. Hal ini dapat meningkatkan kadar oksigen dalam darah Anda, menurunkan tekanan darah, serta memperlancar sirkulasi darah. Hasilnya, otak Anda akan bekerja kembali dan begitu pula energi tubuh Anda.

Nah, itu dia 7 tips untuk mengatasi kantuk saat menyetir. Selamat mencoba, dan semoga bermanfaat!

Baca juga:

Gunakan fitur ‘Tanya Dokter’ untuk tanya dokter online yang siap 7×24 jam. Download aplikasi Go Dok di sini.

SF/PJ/MA

Referensi