7 Penyakit Kulit yang Wajib Anda Tahu

Penyakit kulit

Penyakit kulit bentuknya beragam, mulai dari bentol kecil hingga ruam yang menyebar. Beberapa kondisi kulit ada yang tidak berbahaya ada juga yang menular. Beberapa penyakit kulit tersebut diantaranya biduran, panu, kaki atlet, kandidiasis dan infeksi jamur kuku.

Go DokKulit adalah organ terbesar di tubuh Anda. Ia melindungi dari berbagai elemen yang mungkin berbahaya bagi tubuh. Namun itu bukan berarti ia tidak dapat ditembus. Allergen, iritasi yang disebabkan oleh lingkungan, infeksi, faktor keturunan, dan stres adalah beberapa hal yang dapat memicu atau memperparah masalah kulit.

Permasalahan kulit bentuknya beragam, dari bentol kecil hingga ruam yang menyebar. Beberapa kondisi kulit dapat terlihat tidak sedap namun tidak berbahaya, lainnya ada juga yang menular. Kebanyakan dari mereka juga menyebabkan gatal serta nyeri.

Berikut beberapa penyakit kulit yang wajib Anda ketahui untuk diwaspadai!

 1. Biduran

Biduran adalah benjolan gatal yang muncul dari lapisan kulit. Kondisi ini disebabkan oleh reaksi alergi tubuh atau faktor eksternal seperti stres, penyakit tertentu, atau bahkan pakaian ketat. Penyakit kulit ini dapat diobati dengan antihistamin dan perilaku preventif.

2. Kutil

Kutil disebabkan oleh human papilloma virus (HPV). Ia bersifat menular dan dapat muncul pada bagian tubuh mana pun seperti tangan, kaki, dan siku. Jika keberadaan kutil membuat Anda tidak nyaman, ia dapat diobati dengan nitrogen cair atau obat khusus berbentuk krim.

3. Infeksi jamur kuku

Sebuah kondisi di mana jamur hidup di dekat, di bawah, atau di sekitar kuku; biasanya kuku kaki. Penumpukan jamur menyebabkan pinggiran kuku hancur sehingga memproduksi kerak berwarna putih kekuningan yang mengelupas pada permukaan kuku. Penyakit ini biasanya diobati dengan krim anti jamur.

4. Cold Sore

Ini adalah penyakiti kulit yang ditandai dengan lepuhan berisi cairan, biasanya ditemukan dekat mulut. Lukanya sendiri sangat menyakitkan dan rentan. Sebelum lepuhan terbentuk, biasanya kulit akan terasa gatal dan seperti terbakar.

Cold sore disebabkan oleh herpes simplex virus dan sampai sekarang masih belum diketahui obat yang bisa menyembuhkannya. Lepuhan akan kembali dan bertahan hingga 2 minggu. Meski begitu, pengobatan medis tetap disarankan untuk meredakan lepuhan dan mengurangi rasa sakit yang disebabkannya.

5. Kandidiasis

Pertumbuhan yang berlebihan dari jamur Candida albicans pada tubuh disebut kandidiasis. Kondisi ini menimbulkan petakan iritasi pada kulit. Biasanya ditemukan di ketiak, selangkangan, atau lipatan kulit lainnya seperti lutut. Kandidiasis biasanya dapat dicegah dengan pengobatan rumahan, kebersihan, dan menghindari penggunaan antibiotik yang berlebihan.

6. Kaki atlet

Ruam yang disebabkan oleh jamur yang berkembang dengan cepat pada kondisi hangat dan lembap seperti di sepatu atletik disebut dengan kaki atlet. Gejala termasuk kulit kering yang gatal dan memerah.

Kulit di antara jari kaki atau telapak kaki mungkin saja basah, berwarna keputihan, pecah-pecah, atau berkarang. Sering juga terasa gatal dan menyebabkan perih. Penyakit kulit ini bisa diatasi dengan minyak obat dan kebersihan kaki yang dijaga.

7. Panu

Ini adalah infeksi jamur paling umum pada kulit. Jamur mengganggu pigmentasi normal kulit sehingga menyebabkan bercak-bercak yang warnanya berbeda dengan warna kulit. Bercak ini bisa berwarna lebih gelap atau terang dari kulit di sekitarnya dan paling sering menyerang bagian punggung dan pundak.

Krim anti jamur, losion, atau sampo dapat bantu mengobati panu. Namun bahkan setelah pengobatan yang sukses, warna kulit masih akan tetap tidak rata untuk beberapa minggu atau bulan. Panu dapat muncul pada cuaca yang hangat dan lembap.

Mempelajari tentang perawatan kulit yang layak dan pengobatan untuk beragam penyakit kulit dapat menjadi sangat penting bagi kesehatannya. Beberapa kondisi mungkin perlu penanganan dokter.

Namun beberapa lainnya cukup hanya dengan pengobatan di rumah. Anda perlu mengetahui gejala atau kondisi kulit yang dialami lalu berkonsultasi pada dokter untuk menentukan metode pengobatan terbaik.

 

Baca juga:

Segera chat dokter untuk tanya jawab seputar permasalahan kesehatan Anda, langsung dari Smartphone. GRATIS! Download aplikasi Go Dok di sini.

YS/JJ/MA

Referensi