Cara Menghilangkan Flek Hitam di Wajah ; Yuk, Coba!

cara menghilangkan flek hitam di wajah

Go DokCara menghilangkan flek hitam di wajah – Bagi kaum hawa, memiliki kulit wajah yang terlihat putih dan mulus tanpa cela sudah pasti menjadi impian. Namun, seringkali kenyataan tidak berjalan sesuai dengan harapan. Karena beberapa alasan -seperti paparan sinar matahari berlebih hingga proses penuaan-, flek hitam perlahan muncul di kulit wajah. Duh, kesal!

Eits, jangan terburu-buru memutuskan untuk melakukan perawatan di klinik atau salon kecantikan! Karena faktanya, terdapat 7 cara alami hilangkan flek hitam yang membandel.

Berikut cara menghilangkan flek hitam di wajah secara alami yang dapat Anda coba:

 1. Lemon atau jeruk nipis

Cara menghilangkan flek hitam di wajah yang pertama adalah dengan menggunakan lemon atau jeruk nipis. Ternyata, tingginya kandungan vitamin C dalam lemon atau jeruk nipis tidak hanya berkhasiat untuk mencerahkan kulit wajah Anda, tapi juga efektif dalam menghilangkan flek hitam. Untuk penggunaannya, Anda cukup mengoleskan air perasan lemon atau jeruk nipis ke kulit wajah selama 10 menit di malam hari, lalu bilas sampai bersih. Lakukan hal ini secara rutin jika menginginkan hasil yang optimal.

2. Semangka

Daripada mengeluarkan kocek dalam jumlah yang besar untuk melakukan perawatan di klinik atau salon kecantikan, ada baiknya Anda membuat masker wajah anti-flek hitam dengan bahan dasar semangka. Caranya? Haluskan semangka secukupnya, lalu tambahkan beberapa tetes madu. Setelah itu, baru aplikasikan ke kulit wajah sembari dipijat secara perlahan. Tunggu selama 20 menit sebelum dibilas dengan air bersih. Sssst, lakukan kebiasaan ini minimal 2 hari sekali jika ingin flek hitam hilang dengan cepat, ya!

3. Tomat

Cara menghilangkan flek hitam di waajah yang selanjutnya adalah dengan buah tomat. Walau bukan termasuk buah-buahan yang mahal, namun kandungan vitamin C dalam tomat tidak kalah dengan buah lainnya, lho! Inilah yang membuatnya ampuh untuk menyamarkan flek hitam yang membandel. Caranya, cukup dengan menempelkan irisan tomat ke kulit wajah selama 30 menit di malam hari. Mudah sekali, bukan?

4. Lidah Buaya

Selain baik bagi kesehatan kulit kepala serta rambut, lidah buaya ternyata juga efektif untuk menghilangkan flek hitam –khususnya yang disebabkan oleh luka atau jerawat. Cara penggunaannya pun cukup mudah, Anda cukup mengambil beberapa batang lidah buaya, lalu ambil gelnya. Setelah itu, aplikasikan langsung ke kulit wajah yang sudah dibersihkan sebelumnya. Tunggu hingga mengering, lalu bilas dengan air bersih.

5. Beras

Meskipun terdengar asing, namun perawatan wajah dengan bahan utama berupa beras sudah lama diaplikasikan pada beberapa negara, seperti Korea dan Jepang. Hal ini tidak terlepas dari manfaat beras sendiri, yaitu untuk menghaluskan serta mencerahkan kulit wajah. Tertarik? Caranya, siapkan beras secukupnya, lalu bilas hingga bersih. Setelah itu, rendam dengan air dingin selama beberapa saat agar beras berubah tekstur sehingga dapat dihaluskan menggunakan ulekan atau blender. Jika sudah halus, gunakan beras sebagai masker dan aplikasikan ke kulit wajah selama 15-30 menit. Jangan lupa, lakukan hal ini minimal tiga kali sehari untuk mendapatkan hasil yang optimal.

6. Bengkoang

Manfaat bengkoang dalam dunia kecantikan memang sudah tidak perlu diragukan lagi. Karenanya, bagi yang menginginkan kulit bersih bebas flek hitam, Anda harus rutin menggunakan bengkuang sebagai masker alami setidaknya seminggu sekali. Mudah kok cara membuatnya! Pertama, bersihkan bengkuang agar getahnya hilang secara sempurna. Lalu, campurkan bengkuang dengan beberapa tetes madu untuk kemudian dihaluskan menggunakan blender. Jadi, deh! Untuk mendapatkan efek soothing, Anda dapat menyimpan masker terlebih dahulu ke dalam kulkas sebelum digunakan ke kulit wajah.

7. Kentang

Terakhir, cara menghilangkan flek hitam di wajah dengan kentang. Ya, cukup meletakkan beberapa irisan kentang ke kulit wajah selama 20 menit, Anda akan langsung merasakan manfaatnya. Tertarik?

Itu tadi 7 bahan alami yang ampuh untuk menghilangkan flek hitam pada kulit wajah. Selamat mencoba, dan semoga bermanfaat!

Baca juga:

Gunakan fitur ‘Tanya Dokter’ untuk tanya dokter online yang siap 7×24 jam. Download aplikasi Go Dok di sini.