5 Pilihan Camilan Bergizi untuk Anak

camilan bergizi untuk anak

Namanya anak-anak, lumrah banget jika mereka doyan ngemil. Eits, tapi camilan yang diberi ke mereka nggak bisa sembarangan apalagi asal kenyang, Bun. Sehingga, orang tua harus pintar-pintar nih menyediakan camilan untuk anak.

Head of Medical Kalbe Nutritional dr Muliaman Mansyur mengatakan prinsipnya anak-anak normalnya makan 2 sampai 3 kali sehari. Kebutuhan kalori anak-anak pun sekitar 1.000-1.200 kalori. Sehingga, orang tua perlu memberi makan anak sesuai porsinya.

“Dalam memberi makan anak, jangan berlebihan dan hindari terlalu banyak konsumsi makanan mengandung gula dan minyak,” ujar dr Mansyur. Selain makanan utama, anak juga perlu mendapat makanan selingan satu sampai dua kali. Ingat, makanan selingannya juga jangan yang mengandung gula atau minyak tinggi ya, Bun.

Dikutip dari Fatherly, Wesley Delbridge, direktur food and nutrition Chandler Unified School District, Phoenix menekankan camilan untuk anak baiknya yang tinggi serat dan mineral sehingga bikin anak kenyang lebih lama.

Nah, ini dia, Bun, lima pilihan camilan bergizi untuk anak.

1. Yoghurt

Yoghurt mengandung banyak kalsium, protein dan kaya akan probiotik yang baik untuk pencernaan. Tapi, baiknya hindari membeli yogurt yang terlalu banyak mengandung gula. Orang tua bisa kok menjadikan yogurt camilan yang menarik buat anak yakni mencampurnya dengan sereal, buah, atau bubuk cokelat,” kata pemilik Element Nutrition, Jessica Gust, RDN.

2. Sayuran segar

Wesley merekomendasikan banget sayuran untuk camilan anak-anak, tapi sebisa mungkin sayuran segar ya, Bun. Misalnya wortel, buncis, brokoli, atau kembang kol. Jika ingin diolah, hindari pemakaian saus mengandung gula tinggi. Sayuran kukus seperti edamame juga bisa jadi pilihan lho.

3. Buah segar

“Buah segar mengandung vitamin dan mineral yang tinggi kemudian karbohidrat yang lambat dicerna sehingga buah segar bisa jadi camilanyang menyehatkan. Beri anak-anak aneka buah segar supaya mereka nggak picky pada buah,” ujar Jessica.

4. Kacang-kacangan

Kacang-kacangan kaya akan protein, serat, vitamin E, potassium, magnesium, kalsium dan omega 3. Kata Jessica, walnut, pistachio, mete dan jenis kacang-kacangan lain bisa jadi camilan bergizi untuk anak. Tapi konsumsinya juga jangan terlalu banyak ya, Bun, karena kacang juga mengandung kalori dan lemak nabati yang cukup tinggi.

“Segenggam kacang-kacangan cukup dikonsumsi anak-anak. Pilih kacang yang tidak ditambah garam dan ketimbang kacang yang digoreng pilihlah yang dipanggang,” ujar Wesley.

5. Gandum Utuh

Gandum utuh bisa jadi sumber serat, vitamin B, magnesium dan karbohidrat yang lambat dicerna. Pilihan gandum utuh sebagai camilan, kata Wesley antara lain tortilla yang mengandung gandum utuh, cracker, sereal, roti, dan oatmeal tanpa gula.

Content partnerhaibunda.com