5 Manfaat Melamun yang Belum Pernah Anda Dengar

Manfaat melamun

Manfaat melamun ; Anda gemar melamun? Ternyata, melamun juga memiliki sisi positif tersendiri, lho. Seperti menandakan pikiran yang sehat dan kreatif, membuat pikiran lebih santai, meningkatkan kreativitas hingga meningkatkan fokus.

 

Go Dok – Kata banyak orang, melamun merupakan kegiatan tidak penting yang kurang produktif dan tidak ada gunanya. Bahkan, banyak pendapat mengatakan melamun tidak bisa dikategorikan sebagai suatu kegiatan, karena yang Anda lakukan hanyalah duduk, bengong, dan membiarkan pikiran Anda berkelana jauh. Jika Anda seseorang yang gemar melamun, tentu perkataan seperti itu terdengar mengiris nurani, bukan? Nah, saatnya Anda membuktikan pada mereka bahwa melamun juga memiliki sisi positifnya tersendiri.

Berikut adalah 5 manfaat melamun yang bisa Anda jadikan bahan untuk mengembalikan perkataan mereka :

1. Menandakan pikiran yang sehat dan kreatif

Tahukah Anda bahwa melamun merupakan salah satu tanda orang yang kreatif dan memiliki ingatan yang lebih baik? Salah satu dari 5 manfaat melamun adalah menandakan adanya kemampuan ini pada Anda. Suatu hasil penelitian yang diterbitkan dalam Psychological Science menyatakan bahwa mereka yang gemar melamun dapat mengingat lebih baik dibandingkan mereka yang tidak.

Orang-orang ini nyatanya memiliki sumber ingatan tambahan yang menyebabkan mereka terkadang sulit berkonsentrasi, namun mengingat lebih baik. Justru kapasitas ingatan ekstra yang mereka miliki inilah yang menyebabkan mereka lebih gemar melamun.

2. Membuat pikiran lebih santai

Salah satu dari 5 manfaat melamun yang selanjutnya adalah membuat pikiran Anda lebih relaks. Terkadang, saat tengah penat di kantor dan pikiran Anda menjadi lelah, tanpa sengaja Anda melamun. Hal ini sebetulnya bagus untuk otak Anda, dan memiliki efek yang sama dengan meditasi.

Melamun akan mengistirahatkan pikiran Anda sejenak, dan membawa Anda mengunjungi hal-hal yang menyenangkan untuk diingat, guna melepaskan ketegangan dan menyegarkan kembali pikiran.

3. Membantu menggapai impian dan meningkatkan kreativitas

Saat Anda melamun tentang impian dan hal-hal yang ingin Anda capai, secara tak langsung alam pikiran bawah sadar Anda menjadi yakin bahwa Anda bisa mencapai hal-hal tersebut. Sering membayangkan mimpi dapat membuat Anda bekerja lebih keras untuk menggapainya. Percaya atau tidak, banyak atlet Olimpiade yang menggunakan metode ini untuk meningkatkan performa mereka di samping latihan fisik. Tak hanya itu, melamun juga bisa membantu Anda menemukan ide dengan membayangkan hal-hal yang belum pernah terpikirkan sebelumnya.

4. Mengatasi rasa bosan

Rasa bosan bisa menjadi sangat berbahaya, dan seringkali menurunkan produktivitas Anda ketika bekerja. Jika Anda melakukan suatu pekerjaan yang membosankan, gunakan melamun sebagai cara untuk tetap menstimulasi daya pikir dan imajinasi Anda, agar tidak mati termakan rasa bosan.

5. Meningkatkan produktivitas dan fokus

Hal terakhir dari 5 manfaat melamun adalah meningkatkan produktivitas. Meskipun terdengar aneh, namun hal ini memang benar secara psikologis. Saat Anda mengerjakan banyak hal, terkadang pikiran Anda menjadi terlalu penuh tentang hal-hal yang harus Anda lakukan, sehingga bisa saja merasa lelah sebelum melakukan apapun.

Jika hal ini terjadi, cobalah melamun sejenak, bayangkan banyak orang, tempat, dan suasana yang membuat Anda nyaman selama 15 menit. Dengan cara ini, pikiran Anda bisa kembali bersih dan jelas, dan lebih fokus, sehingga Anda menjadi lebih mudah untuk menyusun hal-hal yang harus Anda lakukan.

Mood Anda juga akan lebih baik, dan pekerjaan pun akan lebih mudah selesai. Namun ingat, jangan melamun terlalu lama, ya!

Nah, itu dia 5 manfaat melamun yang belum banyak diketahui orang. Semoga bermanfaat!

Baca juga:

Gunakan aplikasi Go Dok untuk dapatkan ragam layanan kesehatan gratis, langsung dari SmartphoneDownload aplikasinya di sini.

NA/PJ/MA

Referensi