5 Benda yang Pantang Dipakai Bersama Orang Lain

benda yang pantang dipakai bersama

Benda yang pantang dipakai bersama orang lain tentu harus Anda tahu. Karena,  jika Anda sering berbagi barang-barang seperti anting, gunting kuku, pisau cukur, dll. dengan orang lain malah membantu penyebaran penyakit dan dapat berakibat buruk pada kondisi kesehatan.

 

Go DokAda pepatah mengatakan sharing is caring. Dengan saling berbagi kita sama saja membantu sesama dalam mengurangi beban masalah yang sedang mereka hadapi. Dengan berbagi pula kita dianggap mau merasakan hambatan atau beban yang sedang dihadapi orang lain.

Namun, ternyata tidak selalu berbagi itu baik. Contohnya, jika Anda sering berbagi barang-barang pribadi dengan orang lain malah membantu penyebaran penyakit dan dapat berakibat buruk pada kondisi kesehatan. Lalu, benda apa saja yang sebaiknya dihindari untuk digunakan oleh orang lain?

Berikut 5 benda yang pantang dipakai bersama orang lain!

1. Anting

Bagi para perempuan yang sedang berpergian bersama, saling bertukar aksesoris bisa menjadi kesenangan tersendiri untuk mencoba beberapa gaya baru, termasuk bertukar anting. Namun, Anda suka lupa kalau bisa saja ada infeksi yang terjadi di telinga teman Anda. Hal tersebut memungkinkan untuk menularkan infeksi melalui darah dari telinga jika Anda gemar bertukar anting.

Meskipun ingin sama-sama stylish bersama teman, sebaikanya jangan lagi untuk bertukar anting, agar terhindar dari tertularnya bakteri yang disebabkan dari infeksi tersebut. Tipsnya, jika memang terpaksa untuk bertukar anting, pastikan dibersihkan dahulu menggunakan alkohol, ya!

2. Krim Bibir

Krim bibir menjadi salah satu keperluan perempuan yang harus siap sedia di dalam tas agar menjaga kelembapan bibir dan terlihat menawan. Apalagi jika Anda berwisata ke lokasi-lokasi yang cenderung panas dan beriklim kering. Banyaknya varian rasa dan aroma membuat para perempuan saling mencoba satu krim bibir dengan lainnya.

Satu hal yang harus diperhatikan, bibir memiliki jaringan pembuluh darah yang luas tepat di bawah permukaan dan bisa menyerap apapun yang Anda aplikasikan pada mulut. Termasuk kuman! Salah satunya adalah virus herpes simpleks yang bisa saja menyebar melalui pertukaran krim bibir.

3. Krim Botolan

Selain krim bibir, krim botolan juga wajib digunakan untuk menjaga kulit Anda agar tetap lembap dan terhindar dari sinar matahari. Penting bagi kaum adam dan hawa untuk menggunakan krim botolan jika harus pergi ke daerah yang terpapar sinar matahari secara langsung.

Bagi Anda yang sering meminjamkan krim yang berada dalam botol atau tempat, setiap kali menyolek krim, kuman baru akan mengontaminasi jari sehingga kuman tersebut dapat pergi ke siapapun yang akan menggunakan krim. Hal ini dapat menyebar bakteri seperti streptococcus atau staphylococcus dan dapat menyebabkan folliculitis (radang folikel rambut) dan jerawat.

 4. Pisau Cukur

Benda yang pantang dipakai bersama orang lain selanjuntnya adalah pisau cukur. Pastinya Anda tidak mau ketinggalan momen selfie saat mengunjungi objek-objek wisata baru, dong! Maka dari itu, bagi kaum lelaki penting untuk menjaga kerapihan muka dari bulu-bulu liar yang tumbuh dari jenggot. Namun, para lelaki cenderung cuek untuk saling meminjamkan pisau cukur masing-masing.

Mereka cenderung tidak peduli terhadap faktor kesehatan yang terganggu jika saling bertukar pisau cukur. Padahal, saat digunakan pisau cukur akan mengumpulkan sel kulit mati yang sudah tercampur dengan bakteri. Semakin banyak orang yang menggunakannya akan semakin berisiko pula terkena infeksi. Bahkan, Pisau cukur juga bisa mengirimkan sejumlah penyakit yang terkandung dalam darah seperti hepatitis dan HIV.

 5. Gunting Kuku

Kuku menjadi bagian yang seringkali luput untuk dibersihkan sebelum pergi berwisata. Akibatnya Anda terpaksa menggunakan gunting kuku milik teman Anda. Padahal jika Anda memilih tempat-tempat outdoor yang penuh tanah dan lumpur sebagai tujuan destinasi Anda, kuku sebaiknya dalam kondisi terpotong agar dapat terhindar dari kuku patah dan tetap bersih jika akan makan menggunakan tangan.

Walaupun terlihat bersih, gunting kuku masih menimbulkan risiko karena digunakan di mana kutil dan jamur bersembunyi di jari tangan, jari kaki, dan telapak kaki. Akibatnya, bisa saja terkena penyakit jamur kuku atau bahkan terkena virus HPV yang dapat menyebabkan kutil.

Pasti banyak di antara Anda yang baru tahu kalau terdapat 5 benda yang pantang dipakai bersama orang lain. Makanya, mulai dari sekarang hentikan berbagi benda tersebut dengan keluarga, sahabat, maupun teman Anda demi kesehatan tubuh masing-masing. Lebih baik sisakan uang dan waktu untuk membeli benda-benda tersebut untuk pemakaian diri sendiri. Semoga bermanfaat!

Baca juga:

Konsultasi dokter kini bisa lewat fitur ‘Tanya Dokter’. Download aplikasinya Go Dok di sini.