5 Alasan Kenapa Anda Butuh Liburan

liburan

Liburan menjadi hal yang paling tepat untuk menghilangkan penat dan stres dari beban kerja atau aktivitas rutin yang biasa Anda jalani. Selain itu, liburan mampu menghilangkan depresi dan menjaga kesehatan jantung. Dengan begitu suasana hati bisa lebih baik dan produktivitas kerja akan meningkat setelahnya.

Go DokSebagai pekerja ibukota, tentunya Anda tak ingin terus menerus terjebak dalam rutinitas yang sama : berangkat pagi, bekerja sampai sore, pulang malam. Selain karena rasa jemu yang lama kelamaan akan muncul, rutinitas seperti ini, ditambah beban kerja yang semakin bertambah, bisa membuat Anda stres.

Untuk menghindarinya, tentu Anda butuh waktu khusus tanpa kerja. Namun, tidak sedikit kantor yang hanya menyediakan sedikit waktu bagi pekerjanya untuk liburan. Sayang sekali, padahal liburan memiliki beragam manfaat lho! Apa saja alasan Anda butuh liburan?

Yuk, simak daftar lengkap alasan kenapa Anda butuh liburan berikut ini!

1. Untuk melepas stres

Ya, alasan pertama kenapa Anda butuh liburan adalah untuk melepas stres. Seperti yang telah dikatakan sebelumnya, rutinitas bisa menjemukan dan menimbulkan rasa stres. Beban pekerjaan yang terus menumpuk akan memperparah hal ini.

Jika Anda merasa stres, maka Anda membutuhkan waktu untuk mundur sejenak dari pekerjaan, atau rutinitas apapun yang membebani Anda. Cara terbaik untuk mencapai hal ini adalah dengan mengambil liburan selama 1 -2 hari. Kegiatan ini bisa membuat otak dan tubuh Anda lebih relaks dan melepas stres.

2. Untuk menghilangkan depresi

Depresi merupakan salah satu masalah mental yang membutuhkan waktu lama untuk sembuh. Kadang, hal ini dipicu oleh berbagai macam hal, seperti beban kerja, masalah percintaan, masalah keluarga, atau merasa kegagalan dalam hidup.

Salah satu cara untuk membuat Anda merasa lebih baik adalah dengan liburan, pergi dari tempat yang mengingatkan Anda akan pemicu depresi. Tak harus ke Eropa, Anda bisa pergi ke rumah nenek di desa, atau ke suatu tempat yang benar-benar baru.

Karenanya, jika merasa depresi, ada baiknya Anda mengambil waktu libur sementara untuk menyembuhkan diri.

3. Untuk menjaga kesehatan jantung

Percaya atau tidak, terus menerus bekerja tanpa hari libur atau berlibur bisa membuat kesehatan jantung Anda menurun. Sebuah penelitian di tahun 1992 menunjukkan bahwa pekerja yang tidak pernah mengambil cuti liburan selama 20 tahun bekerja memiliki risiko 30% lebih tinggi untuk terkena serangan jantung. Jadi, jangan ragu untuk berlibur demi kesehatan jantung jangka panjang.

4. Untuk meningkatkan produktivitas

Jika Anda merasa produktivitas Anda di kantor atau dalam berbagai kegiatan menurun drastis, mungkin Anda butuh liburan. Pasalnya, rasa jemu dari bekerja terus menerus dapat membuat Anda menjadi lebih malas, terhambat, kurang ide, dan kurang semangat.

Selain itu, peneliti juga menemukan bahwa berlibur dapat membantu para pekerja untuk lebih fokus saat mereka kembali ke kantor. Sebuah studi lain oleh Ernst & Young pun menyimpulkan bahwa dalam setiap 10 jam berlibur, performa pekerja meningkat hingga 8% di akhir tahun.

5. Untuk suasana hati yang lebih baik

Rasa suntuk dapat datang saat Anda terus terjebak dalam rutinitas yang sama. Siapapun Anda, baik pekerja kantoran, anak kuliah, ibu rumah tangga, maupun penganut profesi lain, rasa suntuk dapat mengecilkan mood dan membuat hidup kacau.

Belum lagi Anda juga kerap mengabaikan kesehatan, pola makan sehat, dan begadang saking sibuknya. Nah, jika ini yang terjadi, jelas Anda butuh liburan. Liburan selama long weekend atau bahkan satu minggu penuh dapat memperbaiki pola hidup dan suasana hati Anda. Pasalnya, kegiatan ini membuat Anda makan dan tidur lebih teratur daripada saat bekerja.

Nah, itu dia 5 alasan kenapa Anda butuh liburan. Anda tengah mengalami salah satu di antaranya? Maka jangan ragu untuk mengambil cuti liburan sesegera mungkin, ya! Semoga bermanfaat!

 

Baca juga:

Kini Anda bisa tanya dokter gratis lewat fitur ‘Tanya Dokter’. Download aplikasi Go Dok di sini.

SF/JJ/MA

Referensi