4 Minuman alami Pelega Tenggorokan saat Batuk

pelega tenggorokan saat batuk

Minuman pelega tenggorokan saat batuk melanda yang bisa Anda coba adalah teh madu. Madu dapat menyembuhkan batuk pada anak-anak lebih efektif dibandingkan dengan obat resep dokter atau tanpa pengobatan. Selain itu, Anda bisa mencoba minuman jahe dan air garam.

Go Dok Musim hujan dan cuaca yang tak menentu menjadi salah satu faktor mengapa batuk dan flu mulai mewabah di Indonesia. Entah memang sudah musimnya atau karena faktor polusi, batuk tetaplah menjadi salah satu penyakit yang sering dialami dan menghambat aktifitas sehari-hari.

Pengobatan dengan obat resep dokter mungkin bisa menjadi salah satu alternatif terbaik untuk menyembuhkan penyakit ini, tetapi dengan berbagai efek samping berbahaya, pilihan minuman alami mungkin akan lebih pas untuk mengobati tenggorokan Anda.

Berikut daftar beberapa minuman alami pelega tenggorokan saat batuk!

1. Teh madu

Minuman pelega tenggorokan saat batuk yang pertama adalah teh madu. Satu sendok madu dalam cangkir teh dengan irisan lemon dapat membantu tenggorokan Anda merasa lebih baik. Obat rumahan yang populer untuk batuk adalah mencampur madu dengan air hangat. Menurut beberapa penelitian, madu dapat meredakan batuk.

Sebuah studi tentang pengobatan untuk batuk menyatakan bahwa madu dapat menyembuhkan batuk pada anak-anak lebih efektif dibandingkan dengan obat resep dokter atau tanpa pengobatan.

Para peneliti melaporkan bahwa madu mengurang gejala batuk yang paling signifikan dari batuk, sedikit lebih baik dari efek dextromethorphan (bahan yang terdapat dalam obat batuk). Campurkan 2 sendok teh dengan air hangat atau teh herbal. Minum campuran ini sekali atau dua kali sehari. Jangan berikan madu pada  anak di bawah usia 1 tahun.

2. Jahe

Teh Jahe dapat meredakan batuk kering, karena memiliki sifat anti-inflamasi. Teh juga dapat meredakan mual dan nyeri. Satu studi menunjukkan bahwa beberapa senyawa anti-inflamasi pada jahe dapat merelaksasi membran di saluran udara, yang dapat mengurangi batuk.

Seduh teh jahe dengan menambahkan 20–40 gram irisan jahe segar ke dalam secangkir air panas. Diamkan selama beberapa menit sebelum di minum. Tambahkan madu atau air perasan lemon untuk menambah rasa dan mengurangi batuk.

3. Air garam

Minuman alami pelega tenggorokan saat batuk ini adalah salah satu yang paling efektif untuk mengobati sakit tenggorokan dan batuk berdahak. Air garam mengurangi lendir di bagian belakang tenggorokan yang dapat mengurangi gejala batuk.

Aduk setengah sendok teh garam ke dalam secangkir air hangat sampai larut. Biarkan larutan mendingin sedikit sebelum menggunakannya untuk berkumur. Diamkan campuran tersebut di belakang tenggorokan selama beberapa saat sebelum mengeluarkannya. Berkumurlah dengan air garam beberapa kali setiap hari sampai batuk membaik.

Hindari memberikan air garam kepada anak dibawah umur atau balita karena mereka mungkin belum bisa berkumur dengan benar.

4. Bromelain

Miuman alami pelega tenggorokan saat batuk yang terakhir adalah bromelain, apakah itu? Bromelain adalah enzim yang berasal dari nanas. Bromelain memiliki sifat anti-inflamasi dan mungkin juga memiliki sifat mukolitik, yang berarti dapat memecah lendir dan mengeluarkannya dari tubuh. Beberapa orang minum jus nanas atau satu potong nanas setiap hari untuk mengurangi lendir di tenggorokan dan menekan batuk.

Nah, itu dia 4 minuman alami pelega tenggorokan saat batuk. Tapi apabila rasa sakit tidak membaik, segeralah berkonsultasi dengan dokter Anda ya!

 

Baca juga:

Konsultasi kesehatan kini bisa langsung lewat gadget Anda. Download aplikasi Go Dok di sini.