Yuk, Kenali Cara-Cara Penanganan Tumor Payudara

penanganan tumor payudara

Go Dok- Penanganan tumor payudara- Bagi kaum Adam maupun Hawa, mendapati adanya sebentuk tumor di area payudara tentu menjadi satu hal yang amat mengkhawatirkan. Sebab, biasanya tumor memiliki asosiasi kuat dengan penyakit mematikan : kanker. Namun, jangan salah. Tidak semua bentuk tumor menandakan Anda menderita kanker, lho. Ada jenis-jenis tumor yang masih terbilang jinak dan tidak menimbulkan bahaya berarti. Meski begitu, tetap saja Anda harus paham bagaimana cara penanganan tumor payudara.

Simak penjelasan lengkap tentang penanganan tumor payudara berikut ini!

1. Fibroadenoma

Tumor payudara yang satu ini bersifat jinak dan sama sekali belum diketahui apa penyebab pastinya, meskipun para ahli sudah menduga-duga kaitannya dengan hormon yang berperan dalam perkembangan fibroadenoma. Penanganan tumor payudara yang satu ini akan tergantung pada gejala-geala fisik yang Anda tunjukkan, riwayat penyakit keluarga Anda, serta hal-hal khusus lainnya. Setelah diagnosis, barulah dokter akan memutuskan penanganan yang diperlukan, apakah diperlukan operasi pengangkatan tumor atau tidak. Sel tumor fibroadenoma bisa diamati melalui ultrasounds ,maupun mammogram, dan pengangkatan perlu dilakukan jika :

  • Merubah bentuk alami payudara Anda
  • Menimbulkan rasa sakit
  • Anda memiliki riwayat penyakit kanker dalam keluarga.

Biasanya, penanganan tumor payudara jenis ini pada anak akan serupa dengan penanganannya pada orang dewasa.

2. Phyllodes tumor

Tumor payudara yang satu ini bisa bersifat jinak maupun ganas, dan penanganan untuk keduanya sama, yaitu pengangkatan sel-sel tumor. Bahkan, beberapa ahli berpendapat bahwa pengangkatan juga harus diperluas pada jaringan di sekitar sel-sel kanker tersebut, agar tumor ini tidak kembali tumbuh nantinya. Berikut adalah cara-cara penanganan tumor payudara phyllodes yang mungkin dilakukan :

  • Lumpectomy, yaitu operasi untuk menangkat sel-sel tumor dan setidaknya 1 cm jaringan normal yang mengelilingi jaringan tumor tersebut.
  • Partialatau segmental masectomy, di mana jika jaringan tumor yang ada cukup besar, sedangkan ukuran payudara Anda relatif kecil untuk menambah pengangkatan jaringan normal, maka beralihlah ke masectomy. Salah satunya partial atau segmental masectomy, yang artinya mengangkat satu bagian payudara yang mengandung phyllodes tumor.
  • Total atau simple masectomy,merupakan penanganan tumor payudara phyllades dengan operasi pengangkatan seluruh bagian dan jaringan payudara Anda. Namun, bagian lain seperti otot-otot jaringan, ataupun nodus limfa.
  • Radiasi, merupakan penanganan tumor payudara phyllades yang bersifat ganas, di mana jenis ini sangat langka. Tumor phyllades ganas memiliki kesempatan yang besar untuk timbulnya kanker payudara. Pemberian radiasi dilakukan jika tumor ini belum atau tidak menyebar keluar dari  jaringan payudara Anda.
  • Kemoterapi, merupakan penanganan tumor payudara phyllades yang juga bersifat ganas. Hanya saja, kemoterapi perlu dilakukan untuk tumor yang telah menyebar ke bagian tubuh lainnya (keluar dari payudara).  

Nah, itu dia cara-cara yang dapat dilakukan dalam penanganan tumor payudara, yang juga wajib Anda ketahui serba-serbinya. Jangan lengah saat Anda merasakan sedikit saja adanya benjolan di area payudara. Segeralah periksakan ke dokter, agar segera terdiagnosis dan dapat ditentukan penanganan yang paling tepat. Semoga bermanfaat!

Baca juga:

Nikmati ragam layanan kesehatan gratis, langsung dari SmartphoneDownload aplikasi Go Dok  di sini.

SF/PJ/MA

Referensi