Yuk, Kenali 8 Makanan yang Baik untuk Gigi!

makanan yang baik untuk gigi

GoDok- Makanan yang baik untuk gigi- Senyum Anda akan terlihat kurang indah jika gigi yang berderet tampak tidak sehat, bukan begitu? Lantas, apa yang harus dilakukan demi menjaga kesehatan gigi?

Yuk, simak penjelasan mengenai 8 makanan yang baik untuk gigi berikut ini!

1. Bawang putih

Makanan yang baik untuk gigi yang pertama adalah bawang putih. Mungkin, selama ini Anda hanya mengenal manfaat bawang putih untuk menstabilkan tekanan darah saja. Padahal, dalam bahan alami yang satu ini terkandung senyawa anti-bakteri yang dapat dimanfaatkan untuk menjaga kesehatan gigi dan gusi.

2. Teh hijau

Jarang yang mengetahui bahwa selain baik untuk kecantikan kulit, teh hijau juga berkhasiat untuk menjaga kesehatan gigi. Hal ini tidak terlepas dari fakta bahwa dalam teh hijau terkandung senyawa catechin yang terbukti ampuh melindungi organ mulut Anda dari infeksi periodontal.

3. Strawberry

Apakah Anda termasuk orang yang gemar mengonsumsi strawberry? Jika ya, maka selamat! Karena buah nikmat yang satu ini sudah terbukti secara medis baik untuk kesehatan gigi dan gusi. Penyebabnya tidak lain karena dalam strawberry terkandung vitamin C yang berkhasiat untuk merangsang produksi kolagen pada gusi. Semakin banyak kolagen yang diproduksi, maka semakin kuat pula gusi. Akibatnya, Anda akan terhindar dari risiko gigi copot di usia muda. Hebat, bukan?

4. Kacang-kacangan

Makanan yang baik untuk gigi selanjutnya adalah kacang-kacangan. Lho, kok bisa? Karena dalam bahan alami ini terkandung beragam senyawa yang baik untuk kesehatan gigi, gusi, dan organ mulut -seperti kalium, kalsium, seng, fosfor, dan magnesium. Jadi, jangan ragu lagi untuk mengganti menu camilan Anda dengan kacang almond atau walnut, ya!

5. Jambu biji

Sama seperti halnya strawberry, jambu biji juga baik dikonsumsi karena vitamin C di dalamnya terbukti dapat meningkatkan kesehatan gusi. Selain bisa dikonsumsi langsung, Anda juga bisa menyajikan jambu biji dalam bentuk jus atau sebagai bahan pelengkap rujak, lho! Hmmm, sedap!

6. Apel

Sering merasa tidak percaya diri karena memiliki karang gigi? Tidak usah khawatir! Anda dapat mencegah hal ini dengan rajin mengonsumsi apel secara langsung. Nyatanya, tekstur apel yang renyah dapat merangsang produksi air liur sekaligus menurunkan risiko berkembangnya bakteri di organ mulut. Selain itu, vitamin A yang terkandung di dalamnya juga dapat membuat gigi terlihat lebih sehat dan putih alami. Mau?

7. Susu dan produk olahannya

Susu; bahan alami yang sudah dikenal sejak dulu kaya akan kalsium. Karenanya, tidak mengherankan jika kemudian para ahli menyarankan Anda untuk banyak mengonsumsi susu dan/atau bahan olahannya (seperti keju, yoghurt, dll) untuk menjaga kesehatan gigi.

8. Permen karet

Makanan yang baik untuk gigi yang terakhir adalah permen karet. Terdengar aneh? Eits, jangan salah; kebiasaan mengunyah permen karet tanpa gula (sugar free) sudah terbukti secara medis dapat merangsang produksi air liur yang baik untuk membunuh kuman pemicu timbulnya karang gigi, lho!

Itu tadi 8 makanan yang baik untuk gigi. Jadi, tunggu apa lagi? Yuk, jaga kesehatan gigi Anda sejak dini!

Baca juga:

Punya permasalah seputar kesehatan gigi? Gunakan fitur ‘Tanya Dokter’ untuk chat dengan dokter spesialis gigi. GRATIS! Download aplikasi Go Dok di sini.