Yuk, Kenali 5 Jenis Panganan Rendah Kolesterol Ini!

jenis panganan rendah kolesterol
Masih bingung untuk menentukan makanan apa yang memiliki kolesterol rendah. Karenanya, yuk simak daftar jenis panganan rendah kolesterol berikut ini:

GoDok – Jenis Panganan Rendah Kolesterol-  Memiliki tubuh langsing layaknya para artis dari Negeri Ginseng saat ini tengah menjadi dambaan banyak orang, khususnya para kaum wanita. Nah, demi mendapatkan tubuh yang ideal, banyak dari mereka yang kemudian rela mencoba berbagai macam cara. Salah satunya adalah dengan merubah pola makan dan menjalankan program-program diet yang tergolong ketat. Tidak jarang, program-program diet tersebut juga mengharuskan Anda untuk hanya mengonsumsi makanan yang rendah lemak, rendah sodium, dan juga rendah kolestrol.

Jika Anda menuruti semua hal tersebut, manfaatnya tidak hanya berhenti pada menurunkan berat badan, melainkan juga mengurangi risiko timbulnya penyakit berbahaya seperti penyakit jantung dan diabetes. Namun, bagi sebagian dari Anda yang masih pemula, tentu masih bingung untuk menentukan makanan apa yang memiliki kolesterol rendah. Karenanya, yuk simak daftar jenis panganan rendah kolesterol berikut ini :

Jenis panganan rendah kolesterol

1. Kentang rebus

Jenis panganan rendah kolesterol yang pertama adalah kentang rebus. Umbi-umbian yang satu ini memang tidak diragukan lagi manfaatnya untuk kesehatan. Selain memiliki kandungan karbohidrat yang cukup tinggi, kentang ternyata juga mampu menyerap lemak di dalam tubuh dan mengeluarkannya melalui kotoran Anda.

Berbeda dengan nasi, kentang memiliki kandungan kalori rendah yang mampu mengurangi kadar kolesterol di dalam tubuh Anda jika dikonsumsi dalam batasan yang cukup. Untuk pengolahannya, Anda tidak disarankan untuk menggoreng, sebab minyak yang terserap ke dalam kentang hanya akan menambah kadar kolesterol. Sebaiknya, rebuslah kentang dan tumbuk atau hancurkan kentang dengan sendok sebelum memakannnya sebagai pengganti nasi.

(Baca: Anda Menderita Diabetes? Berikut Makanan yang Dapat Anda Konsumsi)

2. Buah dan sayuran

Menurut Mayo Clinic, secara umum Anda membutuhkan lima mangkok sayuran dan buah setiap harinya. Sebab pada dasarnya, sayuran hijau dan buah-buahan merupakan dua bahan pangan yang rendah kalori, sodium, dan juga kolesterol. Selain itu, keduanya juga kaya akan vitamin yang mampu menjaga badan agar tetap sehat. Beberapa jenis panganan rendah kolesterol salah satunya adalah buah dan sayuran. Buah dan sayuran rendah kolesterol yang dapat dikonsumsi adalah apel, berry, paprika, brokoli, kembang kol, anggur, kubis, buah pir, jeruk, labu, tomat, seledri, terong, dan sebagainya.

(Baca: Hanya Mengonsumi Sayur dan Buah, Sehatkah?)

3. Ikan

Jangan berpikir bahwa kadar kolesterol rendah hanya milik sayuran hijau dan umbi-umbian, ya! Faktanya, daging ikan juga memiliki kandungan kalori, dan kolestrol yang rendah. Namun, tentu saja cara penyajiannya harus diperhatikan. Cara yang paling baik untuk memasak daging ikan adalah dengan memanggang dan merebus, dan bukan dengan menggorengnya. Selain itu, Anda dianjurkan pula untuk mengonsumsi ikan setidaknya dua kali setiap minggunya.

(Baca: Ini Dia Manfaat Rajin Makan Ikan yang Perlu Anda Ketahui)

4. Tahu

Siapa yang tidak kenal dengan makanan dari kedelai putih ini? Sejak lama, tahu telah dikenal kaya akan protein, kalsium, serat, dan juga karbohidrat. Meskipun beberapa orang tidak terlalu suka dengan rasanya, namun kadar lemaknya yang rendah sangat cocok untuk menu diet Anda, lho.

5. Kacang-kacangan dan biji-bijian

Terakhir jenis panganan rendah kolesterol lainnya adalah makanan yang mengandung kacang-kacangan ataupun biji-bijian seperti gandum, jagung, dan haver dikenal memiliki kandungan kolesterol yang rendah. Lebih lanjut, menurut suatu penelitian, mengonsumsi kacang merah sebanyak 65 gram setiap harinya dapat menurunkan kolestrol sebanyak 8 persen. Cukup banyak, bukan?  Tidak hanya itu, kacang-kacangan juga berpotensi menurunkan kolestrol jahat karena kandungan proteinnya dapat berfungsi sebagai pengganti lemak jenuh dan kolesterol pada daging.

(Baca: 10 Manfaat Kacang Hijau untuk Kesehatan)

Itulah jenis panganan rendah kolesterol yang dapat Anda coba sisipkan dalam menu diet sehari-hari. Bagaimana? Tertarik untuk mencoba?

Comments are closed.