Waspadai Kontaminasi Bakteri pada Susu Formula!

Kontaminasi Bakteri pada Susu Formula
Bagaimana bila susu formula ternyata mengandung bakteri yang justru berdampak buruk bagi kesehatan Anda dan keluarga? Simak penjelasannya di bawah ini!

GoDok – Kontaminasi Bakteri pada Susu Formula- Siapa yang tak kenal susu formula. Sejak masih balita, kebanyakan dari kita tentu sudah akrab dengan cairan sehat yang satu ini. Sebab, manfaatnya yang digadang-gadang baik untuk kesehatan tubuh juga dikatakan bagus untuk pertumbuhan badan. Namun, bagaimana bila susu formula ternyata mengandung bakteri yang justru berdampak buruk bagi kesehatan Anda dan keluarga? Simak penjelasannya di bawah ini!

Penyebab susu formula terkontaminasi bakteri

Susu formula yang terkontaminasi oleh bakteri dan kuman pada umumnya tidak memberikan dampak besar bagi kesehatan jika Anda memiliki daya tahan tubuh yang baik. Namun sebaliknya, jika dikonsumsi oleh Anda yang memiliki sistem kekebalan tubuh yang kurang baik atau dikonsumsi oleh bayi akan mengakibatkan dampak serius bagi kesehatan mulai dari diare dan bisa berujung dengan kematian. Terdapat banyak hal yang dapat menyebabkan susu terkontaminasi oleh kuman dan bakteri, seperti :

  1. Sumber susu diambil dari hewan yang telah terkontaminasi oleh kuman dan bakteri
  2. Produsen susu yang tidak menjaga kebersihan alat dan kemasan selama produksi susu dilakukan sehingga susu menjadi terkontaminasi oleh bakteri yang menempel pada alat yang digunakan untuk memproduksi susu,
  3. Anda membiarkan susu formula terbuka dalam waktu yang lama,
  4. Proses pembuatan susu formula dalam wadah yang tidak dibersihkan sebelumnya sehingga bakteri yang terdapat dalam wadah masuk kedalam tubuh ketika susu diminum,
  5. Suhu air yang digunakan untuk membuat susu kurang dari 70ºC. Salah satu ciri suhu air telah mencapai 70ºC adalah munculnya gelembung besar diseluruh permukaan air.

(Baca: Serba Serbi Intoleransi Laktosa)

Jenis bakteri yang mengkontaminasi susu formula

Sejatinya, banyak jenis bakteri dan kuman yang dapat mengontaminasi susu formula, berikut adalah dua jenis kuman dan bakteri yang paling sering ditemukan pada susu yang terkontaminasi.

Enterobacter sakazakii

Enterobacter sakazakii atau cronobacter adalah kuman yang dapat bertahan pada kondisi yang sangat kering yang biasa ditemukan dalam makanan kering, seperti susu formula bubuk bayi, susu bubuk, teh herbal, dan pati. Pada orang dewasa, Enterobacter sakazakii dapat menyebabkan diare sedangkan efek Enterobacter sakazakii yang masuk ke dalam tubuh bayi terutama bayi yang lahir secara prematur memiliki dampak yang lebih buruk. Contohnya adalah bayi tanpa henti menangis dan menjadi lemas. Tak hanya itu, bayi yang lahir secara prematur ketika terinfeksi Enterobacter sakazakii dapat menyebabkan sepsis, meningitis, atau necrotizing enterocolitis. Perlu diketahui 40% kasus kematian bayi yang baru lahir disebabkan karena bayi terinfeksi oleh Enterobacter sakazakii.

Brucellosis

Brucella adalah jenis bakteri yang ditularkan dari kambing kepada manusia baik melalui kontak langsung atau melalui susu hewan yang terinfeksi. Bakteri brucella yang masuk ke dalam tubuh akan menyebabkan demam dan bertanggung jawab terhadap penyakit hepatitis granulomatosa yang apabila tidak segera ditangani akan menyebabkan masalah kesehatan serius.

(Baca: Bunda, Perhatikan Hal Ini Ketika Membekukan ASI!)

Bagaimana mencegahnya terinfeksi?

Susu formula yang telah terkontaminasi oleh bakteri dan kuman tidak akan mengalami perubahan warna atau rasa sehingga sulit sekali bagi Anda untuk membedakannya. Karena itu, hal yang dapat dilakukan hanyalah mencegah bakteri dan kuman tidak masuk dalam tubuh dengan cara :

  1. Membersihkan atau mensterilisasi semua peralatan dan wadah terlebih dahulu sebelum digunakan untuk membuat susu.
  2. Memasak air yang digunakan untuk membuat susu dengan suhu 70 º C. Suhu 70 º C dapat membunuh bakteri Enterobacter sakazakii.
  3. Segera habiskan susu setelah dibuat untuk mencegah masuknya bakteri atau kuman yang berasal dari udara.

(Baca: Manfaat Minum Susu Sebelum Tidur)

Itu tadi penjelasan mengenai kontaminasi bakteri pada susu formula yang harus Anda ketahui. Semoga bermanfaat!