Waspadai Gejala Kehamilan yang Bermasalah!

gejala kehamilan yang bermasalah

Go Dok- Gejala kehamilan yang bermasalah- Masa kehamilan adalah salah satu masa yang paling membahagiakan bagi setiap pasangan. Anda dan pasangan terus menjaga si kecil di dalam perut agar terus sehat. Ketika terjadi sebuah hal yang tidak biasa, wajar jika Anda dan pasangan merasa khawatir. Tenang saja! Anda bisa mendeteksi hal-hal yang wajar atau tidak jika mengetahui benar gejala-gejalanya agar segera bisa melakukan tindakan pencegahan atau penanggulangan.

Apa saja gejala kehamilan yang bermasalah tersebut? Yuk, simak penjelasannya! 

1. Rasa sakit di beberapa bagian tubuh

Rasa sakit pada beberapa bagian tubuh merupakan hal yang normal pada masa kehamilan. Hal tersebut dikarenakan adanya perkembangan dan pertumbuhan pada janin yang membuat otot dan ligamen Anda akan tertarik, sehingga menyebabkan rasa sakit dan tidak nyaman. Meski demikian, Anda juga harus mewaspadai jika rasa sakit tersebut semakin parah dan terjadi setelah janin berusia 6 bulan ke atas. Segeralah hubungi dokter kandungan Anda untuk konsultasi lebih lanjut.

2. Bengkak pada kaki dan tangan

Gejala kehamilan yang bermasalah selanjutnya ditandai dengan bengkak pada kaki dan tangan. Ketika kehamilan Anda sudah memasuki usia lanjut, pembengkakan adalah hal yang wajar. Namun, Anda harus mulai waspada ketika pembengkakan tersebut semakin parah dan disertai rasa lain, seperti pusing atau gangguan penglihatan. Bisa jadi, kondisi tersebut adalah gejala dari preeklampsia. Anda harus segera menghubungi dokter kandungan untuk memeriksakan diri.

3. Perdarahan

Perdarahan merupakan salah satu gejala kehamilan yang bermasalah paling ditakutkan oleh ibu hamil. Sebenarnya, beberapa perdarahan ringan atau bercak tanpa rasa sakit adalah hal yang wajar terjadi. Hanya saja, ketika perdarahan tersebut terjadi bersama rasa sakit, Anda perlu mewasapadai gejala keguguran atau kehamilan ektopik.

Jika darah berwarna merah segar atau merah gelap, bisa jadi Anda mengalami placental abruption, yaitu kondisi di mana sebagian atau seluruh plasenta terlepas dari uterus sebelum bayi lahir. Segera periksakan diri agar mendapatkan penanganan yang tepat.

4. Muntah berkali-kali

Muntah yang menandakan gejala kehamilan yang bermasalah tidak seperti mual-mual di pagi hari. Ketika Anda banyak mengeluarkan isi perut, Anda juga membuang cairan dan asupan makanan yang seharusnya menjadi sumber energi Anda. Tidak heran jika setelah muntah Anda merasa dehidrasi dan lemah. Hal ini tidak secara langsung mencederai bayi Anda, namun bisa jadi membuat Anda kekurangan nutrisi yang akan diserap bayi.

Jika muntah tersebut terjadi setelah usia kehamilan 6 bulan ke atas, dan disertai sakit pada bagian bawah tulang rusuk serta pembengkakan tangan dan kaki, maka kondisi tersebut adalah gejala preeklampsia. Sebaiknya, Anda segera memeriksakan diri jika terjadi demikian.

5. Pergerakan bayi yang melambat

Biasanya, si kecil aktif bergerak di dalam perut. Namun, akhir-akhir ini, Anda menyadari gerakannya semakin melambat. Anda perlu mewaspadai berkurangnya atau terhentinya gerakan bayi.  Jika hal tersebut terjadi setelah memasuki usia 24 minggu, itu bisa jadi pertanda bahwa ia dalam kesulitan. Anda bisa segera menghubungi dokter kandungan Anda untuk pemeriksaan dan penanganannya segera.

6. Rasa gatal

Anda merasa beberapa bagian tubuh Anda mengering dan gatal? Hal tersebut wajar karena kulit Anda sedang meregang karena kehadiran si kecil di perut Anda. Namun, jika gatal tersebut menyebar ke seluruh tubuh Anda dan sangat mengganggu, bisa jadi pertanda gejala kehamilan yang bermasalah. Bicaralah pada dokter kandungan Anda. Biasanya, dokter akan melakukan pemeriksaan untuk menentukan apakah hal tersebut merupakan gejala kolestasis kehamilan yang dapat menyebabkan kematian janin atau kelahiran dini.

Itu tadi beberapa gejala kehamilan yang bermasalah. Selalu mewaspadai masalah-masalah tersebut dengan menyadari perbedaan dan kondisi tubuh Anda. Segera hubungi dokter kandungan jika Anda merasa ada sesuatu yang tidak wajar agar bisa ditangani secara profesional. Semoga bermanfaat!

Baca juga:

Punya permasalahan seputar kandungan Anda? Gunakan fitur ‘tanya Dokter’ untuk chat dokter seputar penanganannya. GRATIS! Download aplikasi Go Dok di sini.

NA/PJ/MA

Referensi