Waspada! 6 Makanan Penyebab Maag Kambuh

makanan penyebab maag
Makanan penyebab maag -Ternyata, terdapat 6 jenis makanan penyebab maag yang harus Anda hindari jika tidak ingin maag kambuh lagi dan lagi.

GoDokMakanan Penyebab Maag – Seperti yang telah kita ketahui, maag merupakan kondisi kesehatan yang umumnya ditandai oleh nyeri  pada lambung atau usus halus. Penyebab dari penyakit inipun sangat beragam, mulai dari adanya luka pada tukak lambung, infeksi bakteri, stres, bahkan karena efek samping penggunaan obat-obatan jenis tertentu. Lalu, adalah makanan penyebab maag?

Agar maag tidak kembali kambuh dan menganggu kegiatan sehari-hari Anda, berikut Go Dok paparkan 6 makanan penyebab maag yang sebaiknya dihindari. Berikut poin lengkapnya

1. Kopi & Teh

Anda penggemar kopi dan teh? Jika iya, maka ada baiknya kurangi; atau lebih baik hindari dua jenis minuman tadi jika tidak ingin maag kambuh. Alasannya? Tidak lain karena kopi dan teh kaya akan kandungan kafein yang terbukti dapat meningkatkan produksi asam lambung. Jika sudah begitu, Anda akan mudah merasakan mual serta nyeri.

Baca juga:

Mari Berbicara Tentang Kopi

Mengenal Jenis Teh dan Khasiatnya

2. Buah-buahan masam

Selanjutnya, hindari konsumsi beberapa jenis buah-buahan dengan rasa masam; seperti kedondong, nanas, dan mangga. Pasalnya, sama seperti kandungan kafein pada kopi dan teh, senyawa asam yang ada dalam buah-buahan tersebut terbukti meningkatkan jumlah asam lambung. Eits, jangan salah! Selain kedondong dan kawan-kawan, semangka yang memiliki rasa manis juga sebaiknya dihindari oleh Anda yang menderita penyakit maag. Mengapa? Sebab, meskipun terasa manis, namun senyawa asam dalam semangka hampir setara jumlahnya dengan mangga. Karenanya, tidak heran jika semangka dapat memicu bahkan memperparah maag Anda.

(Baca: Daftar Buah yang Kaya akan Vitamin C)

3. Minuman bersoda

Tahukah Anda, bahwa minuman bersoda dapat meningkatkan risiko kambuhnya penyakit maag, karena kandungan senyawa asamnya yang tinggi? Tak hanya itu, efek karbonasi pada minuman jenis ini juga dapat memicu penumpukan gas di dalam lambung. Hasilnya, perut pun akan terasa begah dan tidak nyaman. Tentunya Anda tidak mau ini terjadi, kan?

(Baca: Bahaya! Jangan Asal Minum Soda!)

4. Panganan tinggi gas

Ternyata, selain minuman dan buah-buahan yang telah disebutkan, terdapat beberapa panganan yang jika dikonsumsi juga dapat meningkatkan jumlah gas di dalam lambung. Sebut saja ubi jalar, singkong, jengkol, dan petai. Nah, serupa dengan efek karbonasi, konsumsi makanan tadi juga dapat membuat lambung terasa penuh atau kembung. Hasilnya, Anda akan rentan merasa mual.

(Baca: Enggan Makan Petai? Kenali Dulu Manfaatnya)

5. Coklat

Tenang, Anda tidak salah baca, kok! Faktanya, banyak ahli yang percaya bahwa mengonsumsi coklat secara berlebih tidak dianjurkan bagi mereka yang memiliki riwayat sakit maag. Mengapa? Sebab kandungan lemak serta kakao di dalamnya terbukti mampu merangsang produksi asam lambung secara signifikan. Mengejutkan, bukan?

6. Makanan pedas

Terakhir, pangananan yang seharusnya dihindari oleh para penderita maag adalah pangananan bercita rasa pedas. Hal ini sedikit-banyak sudah diketahui oleh orang banayak. Hanya saja, sedikit yang benar-benar memedulikannya. Nyatanya, makanan pedas dapat memicu datangnya maag lantaran senyawa capsaicin yang terkandung di dalamnya mampu meningkatkan sekresi asam lambung secara berlebih.

Nah, itu tadi 6 jenis makanan pemicu maag kambuh yang harus Anda hindari. Semoga bermanfaat!

Comments are closed.