Waktu yang Tepat untuk Sarapan

GoDok – Sarapan merupakan kegiatan terpenting bagi tubuh yang baik dilakukan sebelum Anda beraktivitas seharian. Tapi, mungkin Anda bertanya-tanya, kapan waktu sarapan yang paling tepat agar dapat memberikan manfaat optimal bagi tubuh.

Sebenarnya, sepanjang waktu di pagi hari dapat digunakan untuk sarapan. Namun, jika Anda ingin mendapatkan manfaatnya yang optimal, ini dia beberapa waktu sarapan yang tepat :

1. Sebelum olahraga

Menurut Katherine Zeratsky, pakar pola makan dari Mayo Clinic, sarapan sebaiknya dilakukan 1 atau 2 jam sebelum berolahraga. Ini dikarenakan pada malam hari, tubuh akan mengalami penurunan glikogen dan kadar gula darah. Karena itu, sangat disarankan untuk mengonsumsi makanan rendah karbohidrat, seperti buah-buahan, agar Anda kembali bugar dan dapat berolahraga secara maksimal.

2. Setelah olahraga

Sarapan setelah berolahraga dianjurkan bagi Anda yang ingin menurunkan berat badan. Ini dibuktikan oleh penelitian yang dipublikasikan di The Journal of Physiology. Penelitian ini membagi subjek menjadi 3 kelompok, yaitu kelompok yang sarapan sebelum berolahraga, setelah berolahraga, dan kelompok yang sarapan tanpa berolahraga sama sekali. Hasilnya, hanya kelompok yang sarapan setelah berolahraga yang tidak mengalami kenaikan berat badan. Jadi, jika Anda ingin menurunkan berat badan dengan cepat, luangkanlah waktu untuk menyantap roti atau buah-buahan setelah berolahraga

3. Satu jam setelah bangun tidur

Bagi Anda yang tidak berolahraga di pagi hari, sarapan 1 jam setelah bangun tidur dapat memberikan manfaat yang baik bagi tubuh. Apakah tidak terlalu dini? Tidak. Menurut Cynthia Sass, seorang pakar pola makan, sarapan lebih awal mampu mempertahankan tingkat insulin dan gula darah yang diperlukan untuk memulai metabolisme tubuh. Hindari menunda sarapan karena dapat meningkatkan rasa lapar dan membuat Anda cenderung memilih makanan tidak sehat sebagai asupan awal.

Dari poin-poin di atas, dapat disimpulkan bahwa melewatkan sarapan bukanlah pilihan yang tepat dan bijak. Banyak sekali manfaat yang dapat kita ambil dari jam makan ini. Karena itu, usahakan untuk sarapan sebelum jam 10 pagi agar Anda dapat beraktivitas dan bekerja dengan tenaga yang penuh dan badan yang bugar. Jadi, jangan malas untuk sarapan ya !

Comments are closed.