Waktu Paling Tepat Menikmati Secangkir Kopi

www.go-dok.com

GoDok – Termasuk dalam tipe manakah Anda,  gemar meminum kopi di pagi hari sebelum beraktivitas atau memilih menikmati secangkir kopi di malam hari agar tetap terjaga? Berkaca dari 2 kebiasaan di atas, sebenarnya kapankah waktu yang tepat untuk menikmati kopi agar tidak berdampak buruk bagi kesehatan.

Tapi tahukah Anda? Steven Miller Ph.D. dari Uniformed Services University Health Sciences di Bethesda mengatakan bahwa kebiasaaan meminum kopi antara pukul 8-9 pagi tidak akan meningkatkan semangat di pagi hari. Selain itu, meskipun meminum kopi di malam hari mampu membuat Anda terjaga, tapi hal ini justru mengganggu jam biologis tubuh. Loh, kok bisa? Ini dia penjelasannya!

Jam biologis merupakan aspek penting karena berfungsi untuk mengatur siklus tubuh. Faktanya, meminum kopi di malam hari akan mengganggu jam biologis tubuh karena kafein yang terkandung dalam kopi dapat membuat Anda terjaga lebih lama. Hasilnya? Jadwal produksi beberapa jenis hormon yang bermanfaat bagi tubuh akan terganggu karena waktu dan durasi tidur yang berubah.

Lalu, bagaimana dengan meminum kopi di pagi hari? Selain berfungsi untuk mengatur jadwal tubuh, jam biologis juga turut memicu pelepasan beberapa jenis hormon, salah satunya kortisol. Hormon ini dihasilkan paling banyak pada pukul 8-9 pagi, karena itulah pada rentang waktu tersebut perhatian dan kesigapan Anda sedang dalam puncaknya. Jadi, meminum kopi tidak akan memberikan manfaat besar dalam meningkatkan kewaspadaan dan kesigapan tubuh memang sudah diatur untuk lebih bertenaga pada jam tersebut.

Mengonsumsi kafein terlalu sering di pagi hari membuat tubuh belajar bahwa hormon kartisol akan muncul dari sumber lain, yaitu kafein. Hasilnya, ketika konsumsi kopi dikurangi di pagi hari, Anda akan merasa lelah dan tidak bersemangat lebih dari biasanya.

Solusinya, minum kopi di waktu yang tepat yaitu ketika produksi hormon kortisol menurun, yaitu pada pukul 9.30-11.30 siang dan pukul 13.30-17.00 sore. Hindari konsumsi kafein berlebih di luar waktu tersebut karena bukannya bermanfaat bagi tubuh, justru akan mengganggu jam biologis. Ngomong-ngomong apa jenis kopi favorit Anda?

Tinggalkan Balasan