Wajah Mirip Kilang Minyak? Ini Dia Cara Menanganinya

www.go-dok.com

Siapa sih yang tidak akan kesal dengan wajah berminyak? Selain merusak penampilan,tipe wajah berminyak juga rentan terhadap munculnya jerawat. Sebenarnya, minyak pada wajah mempunyai peran yang penting, yaitu untuk melembabkan wajah secara alami dan mencegah penuaan dini. Akan tetapi, jika kadar minyak wajah terlampau tinggi, maka akan muncul beberapa masalah wajah seperti lapisan kulit tanduk yang terkelupas, make-up yang tidak bertahan lama, kulit tampak kasar, munculnya komedo dan jerawat, serta pori-pori kulit wajah yang membesar.

Banyak hal yang dapat menyebabkan kulit berminyak, mulai dari pola makan yang tidak sehat, ketidakseimbangan hormon dalam tubuh, penggunaan kosmetik yang tidak cocok, hingga pergantian musim. Tapi, Anda tidak perlu khawatir. Dewasa kini, banyak cara yang dapat ditempuh untuk meminimalisir produksi minyak wajah. Jika tidak ingin mengeluarkan biaya lebih untuk melakukan perwatan di salon atau klinik kecantikan, berikut beberapa bahan alami yang dapat Anda gunakan untuk menangani si wajah berminyak:

1. Tomat

Buah tomat memiliki seribu manfaat, salah satunya untuk mengurangi produksi minyak wajah yang berlebih. Kandungan antioksidan yang ada di dalamnya dapat menangkal radikal bebas, sedangkan senyawa astringent pada tomat berkhasiat untuk menangani wajah berminyak. Mudah saja cara penggunaannya, cukup campurkan tomat yang sudah dilumatkan dengan madu secukupnya. Lalu, oleskan campuran tersebut ke area wajah hingga mengering. Lakukan dengan teratur untuk mendapatkan hasil maksimal.

2. Pisang

Selain bermanfaat untuk mencegah penuaan dini, kandungan vitamin A, C, dan E pada pisang juga terbukti mampu mengontrol produksi sebum wajah. Tertarik? Aplikasikan buah pisang yang sebelumnya sudah dihaluskan ke bagian muka, kemudian tunggu hingga mengering. Setelah dibilas dengan air hingga bersih, Anda akan langsung melihat perubahan positif pada wajah.

3. Jeruk nipis

Tingginya kandungan vitamin C pada jeruk nipis terbukti dapat mencerahkan kulit wajah serta mengurangi produksi minyak. Untuk pengaplikasian, cukup oleskan perasan air jeruk nipis pada wajah dan tunggu sekitar 30 menit hingga mengering. Setelah itu, segera bilas dengan air karena paparan vitamin C yang terlalu lama pada wajah dapat menyebabkan iritasi.

4. Lidah buaya

Tahukah Anda, bahwa daging pada lidah buaya yang berbentuk gel dapat meremajakan sekaligus menyerap kelebihan minyak pada kulit wajah? Jika tertarik, cukup ambil satu batang lidah buaya lalu ambil gel-nya. Oleskan pada area sekitar wajah dan tunggu hingga mengering. Gunakan secara teratur untuk mendapatkan hasil yang optimal, ya!

5. Semangka

Produksi minyak yang berlebih tidak hanya dapat membuat wajah terlihat oily, tapi juga dapat memperbesar pori-pori. Hasilnya, Anda akan lebih rentan terkena jerawat. Untuk menanggulanginya, cobalah perawatan wajah menggunakan semangka. Kandungan vitamin E dan C  dalam buah ini terbukti mampu mengontrol minyak serta mengecilkan pori-pori wajah. Caranya, cukup campurkan daging semangka yang telah dihaluskan dengan susu murni atau jeruk nipis secukupnya. Setelah itu, oleskan campuran tadi ke muka dan tunggu 30 menit sampai mengering. Mudah, bukan?

6. Air garam

Cara ini bisa jadi treatment yang paling mudah, karena Anda cukup mencampurkan garam dengan air hangat. Meskipun terlihat sederhana, jangan salah, karena air garam sudah dikenal luas dapat menghilangkan minyak berlebih pada wajah. Hebat, bukan?

Jadi, sekarang saatnya katakan selamat tinggal pada wajah berminyak!

Tinggalkan Balasan