Tubuh Ideal dengan tips diet yang benar

Tubuh ideal degan tips diet yang benar
Tubuh ideal akan tercapai jika Anda sukses dalam menjalani diet. Namun, seringkali pemikiran Anda salah mengenai diet. Untuk itu, Miliki tubuh ideal dengan  perhatikan tips diet ini

GoDok Tubuh Ideal- Siapa sih yang tidak ingin memiliki tubuh ideal dan proposional? Tentunya semua orang, khususnya kaum wanita, ingin memiliki tubuh ideal. Demi hal ini, tak jarang mereka melakukan berbagai cara. Salah satunya adalah mencoba beragam tips diet yang telah teruji olah orang-orang sebelumnya.

Namun, bagi sebagian besar orang, ternyata diet bukanlah hal yang mudah dilakukan. Salah-salah, bukannya mencapai tubuh  ideal, diet justru membuat seseorang tampak terlalu kurus, terlalu gemuk, atau tidak sehat. Penyebabnya? Tak lain adalah pemikiran yang salah dari si pendiet sendiri, seperti :

1. Mengurangi asupan makanan

Diet bagi sebagian besar dari Anda sama dengan membatasi jumlah makanan yang berarti secara tidak sadar membiarkan diri merasa lapar. Hal ini merupakan pemikiran yang salah. Sejatinya, tubuh Anda memiliki sistem pertahanan sendiri dalam mengatasi rasa lapar, yaitu dengan cara memperlambat metabolisme tubuh. Hal inilah yang kemudian membuat proses penurunan berat badan menjadi lebih lama. So, don’t starve yourself!

2. Kalori

Diet yang sehat akan dikemas dalam suatu pola makan seimbang antara kalori yang masuk dan keluar. Akan menjadi percuma apabila Anda membatasi asupan kalori yang masuk ke dalam tubuh namun tidak melakukan olahraga guna membakar kalori yang masuk ke dalam tubuh. Jadi, lakukan pengurangan kalori dan olahraga dengan seimbang, ya!

3. Lemak

Anda tentu tahu bahwa lemak sering dituduh sebagai penyebab utama kenaikan berat badan. Namun, pada kenyataannya, bukan lemak yang menjadi penyebab Anda tidak memiliki tubuh ideal, melainkan konsumsi gula berlebihan. Karenanya, Anda tidak perlu sampai menolak makanan-makanan yang mengandung minyak. Sebab jika begitu, akan tersedia sangat sedikit pilihan makanan yang mengenyangkan bagi tubuh Anda, bukan?

Nah, demi mewujudkan tubuh ideal dengan diet yang benar dan seimbang, Anda dapat memperhatikan tips diet berikut ini saat sedang menjalankannya :

1. Menikmati makanan favorit Anda

Jangan salah, Anda tetap bisa menikmati makanan favorit meskipun sedang menjalai program diet, kok! Anda tetap bisa menikmati makanan favorit ketika menjalani program diet, tentu saja dalam porsi yang kecil dan tidak terlalu sering. Justru, hal ini penting untuk dilakukan agar nafsu makan Anda tidak menurun.

2. Sering makan dalam porsi kecil

Sebuah studi menunjukkan bahwa makan sebanyak 4-5 kali setiap harinya akan membuat Anda lebih mudah mengontrol nafsu makan dan berat badan. Karena itulah, diet yang baik adalah diet yang membagi kalori harian ke dalam porsi kecil-kecil. Jadi, sangat tidak dianjurkan untuk makan 1 atau 2 kali sehari dalam jumlah banyak untuk mengatasi rasa lapar. Justru, hal ini bisa memicu penyakit maag. Mengerikan!

3. Makanan yang mengandung protein

Mengapa protein? Sebab, kandungan ini akan membuat Anda senantiasa merasa kenyang dan merasa lapar dalam waktu yang lebih lama dibandingkan ketika Anda mengonsumsi karbohidrat atau lemak. Selain itu, protein membantu mempertahankan massa otot dan mendorong pembakaran lemak.

4. Sarapan

Studi lain menunjukkan bahwa tidak makan di pagi hari justru akan membuat Anda merasa lebih lapar di jam-jam menuju siang. Hal ini mengakibatkan nafsu makan Anda menjadi tidak terkontrol di waktu siang dan malam hari. Jadi, yuk rajin-rajin sarapan!

5. Serat dalam diet

Serat membantu pencernaan, mencegah sembelit, dan menurunkan kolesterol dan dapat membantu penurunan berat badan. Sumber serat terbaik berasal dari oatmeal, kacang-kacangan, makanan gandum, kacang-kacangan serta buah dan sayur.

6. Menurunkan berat badan secara perlahan

Jika Anda kehilangan berat badan namun tidak secepat yang diharapkan, jangan berkecil hati. Sebab, miliki tubuh ideal membutuhkan banyak waktu. Sejala dengan hal ini, dikatakan oleh para ahli bahwa penurunan berat badan yang sehat sebanyak 1-2 kg setiap minggunya.

7. Memahami porsi makan

Setiap orang memiliki porsi makan yang berbeda sehingga penting untuk mengetahui porsi makan Anda. Kekurangan asupan makanan akan mengakibatkan metabolisme tubuh melambat sehingga berat badan menjadi sulit turun dan tubuh ideal yang Anda dambakan tidak akan Anda miliki.

8. Makan lebih banyak buah dan sayuran

Makanan terbaik yang bisa dikonsumsi selama menjalankan program diet adalah sayuran dan buah. Sayuran dan buah kaya akan gizi dan serat sehingga akan memberikan rasa kenyang lebih lama. Jadi, jangan malas makan buah dan sayur ya!

9. Merayakan keberhasilan

Untuk merayakan keberhasilan dalam mengikuti program diet, Anda bisa memberikan hadiah kepada diri sendiri, namun jangan berupa makanan. Hadiahkan diri Anda hal lain yang sudah diinginkan sejak lama, seperti buku atau album musik favorit. Lebih menyenangkan, bukan?

Nah, itu dia tips diet yang benar guna mendapatkan tubuh ideal. Semoga bermanfaat!

Baca juga:

Ingin tips sehat seputar diet? Gunakan fitur ‘Tanya Dokter’ untuk chat dengan dokter seputar tipsnya. GRATIS! Download aplikasi Go Dok di sini.