Trimester Kedua Kehamilan; Tetap Sehat dengan Praktikan Tips Ini!

Trimester kedua kehamilan

Go Dok- Trimester Kedua Kehamilan- Bunda, saat sedang mengalami masa kehamilan, tentu banyak hal yang harus Anda waspadai. Kebanyakan ibu hamil sangat menjaga kondisi kandungan di trimester pertama kehamilannya. Namun, di trimester kedua kehamilan biasanya Bunda kembali santai dan sedikit longgar dalam disiplin, lalu baru kembali ketat di trimester terakhir kehamilan. Awas! Sebenarnya, trimester kedua juga merupakan masa yang harus diisi dengan hidup sehat. Ingat, sakit punggung, kaki bengkak, dan pusing akan terjadi pada trimester ini. Tak hanya itu, trimester kedua potensi gugurnya kandungan juga masih mengintai Bunda.

Karenanya, Bunda harus tetap menjaga kesehatan dan memulai persiapan di trimester kedua ini. Apa saja sih hal yang harus Bunda lakukan di masa tersebut?

Simak tips tetap sehat di trimester kedua kehamilan berikut ini :

1. Memantau tensi darah

Pada trimester kedua kehamilan, Bunda harus mewaspadai terjadinya tekanan darah tinggi. Karenanya, akan lebih baik jika Anda rutin memeriksakan tekanan darah, guna menjaga kesehatan tubuh. Jika terpantau, tentu dokter kandungan dapat memberikan resep dan saran yang sesuai untuk kondisi Anda.

2. Rutin ke dokter gigi

Tahukah Anda, bahwa ibu hamil lebih rentan mengalami masalah gigi dan mulut, seperti gusi berdarah, infeksi gusi, serta kerusakan gigi? Tak hanya itu, Anda juga akan menjadi rentan akan penumpukan plak dan bakteri di sela-sela gigi. Faktanya, sekitar 40% ibu hamil mengalami peradangan gusi di masa kehamilannya, lho! Penyebabnya tak lain adalah fluktuasi kadar hormon kehamilan pada tubuh ibu hamil. Nah, buruknya kesehatan gigi dan mulut ternyata dapat mempengaruhi kesehatan si jabang bayi. Penelitian terbaru bahkan menunjukkan bahwa ada hubngan antara kelahiran bayi prematur dengan penyakit gusi. Karenanya, di trimester kedua, Bunda disarankan untuk rutin memeriksakan kesehatan gigi dan mulut, agar Anda dan janin tetap sehat.

3. Mengontrol pola makan

Siapa bilang mengonsumsi makanan sehat hanya penting di trimester pertama dan terakhir? Faktanya, Bunda harus tetap rajin mengonsumsi buah, sayuran, daging, telur, dan ikan yang kaya akan protein dan asam folat yang penting bagi kesehatan si calon bayi. Tak hanya itu, Bunda juga lebih baik menghindari makanan cepat saji (junk food), minuman bersoda dan beralkohol, serta makanan yang mengandung gula serta minyak berlebih.

4. Pantau keluhan yang dirasakan

Tentu ragam keluhan ibu hamil berbeda-beda di tiap trimester kehamilan. Memasuki trimester kedua kehamilan, pantaulah keluhan Anda, seperti misalnya rasa pusing atau rasa pegal di area punggung dan pinggang. Bisa saja hal ini dikarenakan tensi darah yang tinggi, atau rendah. Karena akan berbahaya bagi ibu hamil jika sembarangan meminum obat warung, maka konsultasikan keluhan Anda secara rutin pada dokter kandungan, yang tentu akan memberikan saran valid mengenai apa yang harus dilakukan.

5. Mulai persiapkan kelahiran si buah hati

Terakhir, Anda dapat mengisi trimester kedua kehamilan dengan mulai mempersiapkan diri dalam menghadapi trimester selanjutnya dan persalinan. Mulailah berlatih tidur dengan posisi menyamping sebagai bekal saat perut membulat besar. Selain itu, ikuti pula kelas pre-natal yang biasanya berisi latihan dan olahraga yang dapat membantu kelancaran kehamilan Anda.

Nah, itu dia 5 hal yang dapat Anda lakukan guna membuat tubuh dan janin di masa trimester kedua kehamilan. Selamat mencoba, dan semoga bermanfaat!

Baca juga:

Punya permasalahan seputar kandungan Anda? Gunakan fitur ‘tanya Dokter’ untuk chat dokter seputar penanganannya. GRATIS! Download aplikasi Go Dok di sini.