Trik Wajah Sehat Bebas Jerawat

www.go-dok.com

Siapa yang tidak terganggu oleh kehadiran jerawat yang dapat mengganggu penampilan. Sebelum memutuskan untuk mengobatinya, lebih baik kita mencari tahu terlebih dahulu penyebab timbulnya jerawat.

Jerawat muncul karena beberapa alasan, seperti adanya penyumbatan pori-pori di wajah, menumpuknya sel-sel kulit mati, infeksi bakteri, penggunaan kosmetik berlebihan, stres berkelanjutan, efek obat-obatan, serta konsumsi makanan yang tidak sehat. Selain dapat menurunkan rasa percaya diri, jerawat juga seringkali menganggu keseharian karena dapat menyebabkan beberapa bagian wajah terasa bengkak dan perih. Oleh karena itu, ada baiknya mencegah timbulnya jerawat sejak dini. Hindari hal-hal berikut ini agar wajah terhindar dari ‘si kecil’ menyebalkan:

1. Malas membersihkan kulit wajah

Melakukan kegiatan di luar ruangan dapat menyebabkan kulit berminyak dan kusam. Kotoran, debu, dan polusi yang menempel di kulit wajah dapat menyumbat pori-pori jika tidak segera dibersihkan. Hasilnya, jerawat kemungkinan besar akan muncul di sekitar wajah.

2. Membersihkan wajah secara berlebihan

Malas membersihkan wajah memang dapat menimbulkan jerawat. Akan tetapi, terlalu sering mencuci wajah juga dapat meningkatkan kelenjar minyak pada kulit wajah sehingga menyebabkan timbulnya jerawat. Solusinya, cukup mencuci wajah 2 atau 3 kali dalam sehari.

3. Hindari produk kecantikan yang mengandung minyak

Perubahan hormon dalam tubuh memacu produksi kelenjar minyak berlebih yang dapat menyumbat pori-pori. Karenanya, hindari penggunaan produk kecantikan yang mengandung minyak dan menggantinya dengan yang berbahan dasar mineral agar wajah terhindar dari jerawat.

4. Menyentuh kulit wajateralu sering

Sebagian wanita sering menyentuh kulit wajah ketika sedang berpikir atau menghapus keringat di sekitar wajah menggunakan tangan. Tanpa disadari, hal tersebut dapat menjadi sarana menempelnya bakteri yang ada pada tangan di kulit wajah dan menyebabkan pori-pori tersumbat. Hal inilah yang kemudian menyebabkan si jerawat nakal muncul di kulit wajah.

5. Merokok

Efek negatif dari merokok sudah tidak diragukan lagi. Merokok dapat menyebabkan beberapa penyakit berbahaya, seperti jantung dan kanker paru-paru. Namun, tahukah Anda kalau kebiasaan merokok juga dapat memicu timbulnya jerawat? Ini dikarenakan zat yang terkandung pada rokok dapat merusak sistem kerja kulit. Jadi, hindari merokok jika ingin kulit wajah bersih dan sehat!

6. Stres & Begadang

Stres tidak hanya mengganggu kondisi psikologis, tetapi juga berakibat buruk pada kulit. Ini produksi hormon akan meningkat saat stres mendera. Hasilnya, kulit menjadi kusam dan berminyak sehingga menimbulkan jerawat. Lain halnya dengan begadang. Tidur terlalu larut ternyata dapat merusak dan mengganggu regenerasi sel kulit. Kulit akhirnya akan menjadi kering, kusam, keriput serta berjerawat.

7. Menggunakan kosmetik berlebihan

Paparan bahan kimia yang terlalu banyak tidak baik bagi kulit. Karenanya, berhati-hatilah dalam memilih kosmetik karena dapat membuat kulit iritasi dan menimbulkan jerawat. Jangan lupa untuk membasuh wajah ketika sudah selesai memakai kosmetik karena bahan kimia yang ada didalamnya dapat meresap ke kulit wajah.

Mudah bukan mencegah timbulnya ‘si kecil’ menyebalkan di kulit wajah? Selamat mencoba!

Tinggalkan Balasan