Tips Saat Telinga Kemasukan Serangga; Segera Praktikkan!

tips saat telinga kemasukan serangga

Go Dok- Tips saat telinga kemasukan serangga- Telinga merupakan satu dari lima panca indera yang dimiliki manusia yang berfungsi untuk mendengar. Kesehatan telinga perlu dijaga dengan baik agar fungsinya tidak berkurang. Menjaga kesehatan telinga bisa dibilang gampang-gampang susah. Sebab jika salah, bisa fatal akibatnya.

Telinga manusia terdiri atas tiga bagian, yakni telinga bagian luar, bagian tengah, dan bagian dalam. Telinga bagian luar terdiri atas daun telinga dan lubang telinga. Telinga luar terhubung dengan telinga tengah yang berakhir pada gendang telinga. Telinga dalam terdiri atas koklea, tulang-tulang pendengaran, dan saraf yang menghubungkan telinga ke otak.

Lubang telinga yang senantiasa terbuka seringkali bermasalah tatkala ada benda asing yang masuk dan terjebak, baik itu pembersih telinga, kacang-kacangan, manik-manik, air, kapas pembersih telinga, mainan kecil, bahkan serangga. Memang bukan hal yang mustahil serangga bisa masuk ke dalam saluran telinga kita atau anak-anak saat tertidur lelap. Kejadian seperti ini tentu saja sangat menakutkan karena dengungan dan gerakan serangga yang keras dan terkadang menyakitkan di dalam telinga. Lantas bagaimana jika kejadian ini menimpa Anda atau anak-anak Anda? Jangan khawatir, Go-Dok telah merangkum dari berbagai sumber tentang tindakan yang harus dilakukan ketika serangga memasuki telinga.

Berikut tips saat telinga kemasukan serangga Go Dok:

  1. Jangan panik. Tips saat telinga kemasukan serangga  paling pertama yang bisa Anda lakukan dengan jangan panik. Kepanikan akan membawa masalah yang lebih parah jika Anda menangani telinga yang kemasukan serangga. Tetaplah tenang untuk mengurangi gerakan dan sengatan dari serangga di dalam telinga. Jika hal ini terjadi pada bayi atau anak Anda, buatlah agar ia tetap tenang dan tidak banyak bergerak.
  2. Yakinkan apakah memang kesakitan yang timbul dalam telinga disebabkan oleh seranga. Cek dengan menggunakan senter.
  3. Jangan pernah mencoba mengeluarkan serangga dengan menggunakan cotton bud, batang korek api, atau benda lainnya. Tindakan seperti ini justru dapat menyebabkan serangga terdorong semakin ke dalam dan menjadi lebih sulit dikeluarkan.
  4. Tariklah daun telinga ke belakang untuk meluruskan saluran telinga. Arahkan lubang telinga pada cahaya. Serangga tertarik pada cahaya dan memungkinkan ia keluar dengan sendirinya. Jika tidak, lakukan langkah berikutnya.
  5. Tips saat telinga kemasukan serangga selanjutnya dengan memiringkan kepala orang yang telinganya kemasukan seranggasehingga bagian telinga yang sakit berada di atas.
  6. Teteskan beberapa tetes minyak zaitun atau baby oil hangatuntuk membunuh serangga. Perlu diingat bahwa tindakan ini tidak boleh dilakukan selain untuk mengeluarkan benda lain dari dalam telinga. Sebelumnya, pastikan terlebih dahulu bahwa gendang telinga tidak berlubang, karena akan sangat berbahaya jika minyak masuk ke saluran telinga bagian dalam. Untuk mengetahui gendang telinga berlubang, indikasinya adalah keluar darah dan cairan dari dalam telinga yang tak jarang berbau. Jika hal ini tidak pernah terjadi, maka gendang telinga baik-baik saja. Berarti, meneteskan minyak ke lubang telinga menjadi tindakan aman.
  7. Setelah beberapa saat, cobalah miringkan kepala ke arah lain agar telinga yang kemasukan serangga menghadap bawah. Dengan memanfaatkan gravitasi, jika beruntung, serangga akan keluar bersama tetesan minyak.
  8. Jika seluruh langkah di atas tidak berhasil, segera bawa orang yang telinganya kemasukan serangga ke dokter. Dokter memiliki banyak teknik dan metode untuk mengeluarkan serangga tersebut, bisa dengan cara sederhana hingga tindakan operasi.
  9. Setelah serangga dikeluarkan dan diizinkan pulang oleh dokter,tips saat telinga kemasukan serangga selanjutnya tingkatkan kewaspadaan Anda terhadap serangga yang mungkin masuk ke dalam telinga. Periksalah telinga Anda secara berkala untuk mengantisipasi adanya benda asing dalam telinga tanpa disadari.

Itulah paparan Go-Dok mengenaitips saat telinga kemasukan serangga yang bisa Anda lakukan. Semoga bermanfaat.

Baca juga:

Kini Anda bisa tanya dokter gratis lewat fitur ‘Tanya Dokter’. Download aplikasi Go Dok di sini.

 

NA/PJ/MA

Referensi