Tips Mudik Sehat yang Harus Anda Tahu

tips mudik sehat

Go DokTips Mudik SehatMenjelang lebaran, tentu banyak dari Anda yang sudah merencanakan untuk pulang ke kampung halaman. Apalagi jika Anda pekerja rantau di Jakarta. Momen liburan dan mudik lebaran pastinya menjadi sesuatu yang sudah ditunggu-tunggu. Namun, terkadang Anda tidak memperhitungkan terlebih dahulu kondisi kesehatan saat mudik. Bahkan, banyak yang memaksakan untuk pergi mudik saat kondisi badan sedang tidak fit.

Akibatnya, setiap lebaran selalu saja ada berita mengenai kecelakaan tragis yang disebabkan kondisi badan supir kendaraan mengantuk atau tidak sehat. Tercatat, di tahun 2015 yang lalu, sebanyak 308 kecelakaan terjadi ketika mudik lebaran, dengan korban yang tidak sedikit. Tentu Anda tidak ingin menjadi salah satu dari mereka, bukan? Karenanya, persiapkan mudik lebaran Anda dengan detail, ya!

Berikut Go Dok paparkan tips mudik sehat agar Anda tetap fit dalam perjalanan :

1. Siapkan fisik sebelum perjalanan

Tips mudik sehat yang pertama adalah menyiapkan kondisi tubuh sebelum memulai perjalanan. Banyak dari Anda yang merupakan pekerja kantoran, terjebak rutinitas ibukota sehingga tak sempat memperhatikan kesehatan. Nah, harus Anda ingatkan pada diri sendiri, setidaknya 1 – 2 minggu sebelum mudik jagalah kesehatan badan dengan mengonsumsi suplemen peningkat sistem imun dan vitamin. Konsumsi pula makanan yang sehat, dan banyak konsumsi buah sebagai menu sahur dan berbuka.

2. Tidur cukup

Tips mudik sehat yang kedua adalah tidak sering begadang. Sebab, fisik yang sehat salah satunya dibentuk dengan waktu tidur yang cukup. Jangan begadang seminggu sebelum lebaran, agar fisik Anda tetap bugar ketika waktu mudik tiba. Hal ini harus diperhatikan, terutama bila posisi Anda adalah sebagai pengemudi kendaraan.

3. Periksa ke dokter

Tips mudik sehat yang ketiga adalah memeriksakan kesehatan Anda ke dokter sebelum berangkat mudik. Hal ini bertujuan untuk memastikan kondisi tubuh tetap fit saat mudik. Periksa pula keadaan pencernaan dan organ-organ tubuh lainnya, agar Anda dapat mempersiapkan pengobatan tersendiri saat mudik.

4. Bawa kotak P3K

Tips mudik sehat yang keempat, jangan lupa bawa kotak P3K beserta isinya saat mudik, ya! Isi dan lengkapi kotak P3K Anda dengan obat-obat umum, seperti obat flu, obat maag, obat sakit kepala, obat sakit perut, dan minyak kayu putih atau balsem guna mengatasi masuk angin. Tak hanya itu, jangan lupa untuk mendaftar penyakit kambuhan yang Anda dan anggota keluarga derita, dan kemas pula obat-obatan yang sesuai dengan penyakit mereka.

5. Bawalah bekal sehat

Tips mudik sehat yang kelima, siapkan bekal yang kaya akan nutrisi dan protein untuk bekal selama mudik, sebagai makan malam atau siang. Bawalah bekal penuh kalori dengan sayur dan buah-buahan sebagai pendampingnya.  Jika kebetulan tidak sedang berpuasa, bawalah pula camilan untuk dikonsumsi selama 3 – 4 jam sekali selama perjalanan. Hal ini bertujuan agar Anda tetap sehat selama perjalanan mudik hingga tiba di kampung halaman. Ingat, hindari membawa makanan yang berpengawet karena alasan lebih tahan lama. Akan lebih baik jika Anda membawa dendeng, rendang kering, atau biskuit yang juga tahan lama.

6. Beristirahatlah jika mengantuk

Tips mudik sehat yang terakhir adalah jangan mengemudi dalam keadaan mengantuk. Hal ini adalah yang paling sering digaungkan oleh polisi dan berbagai media menjelang lebaran. Pasalnya, sebagian besar kecelakaan saat mudik disebabkan oleh supir yang mengantuk. Karenanya, usahakan untuk bergantian mengemudi, dan istirahat saat mengantuk. Tidurlah minimal selama 2 jam saat beristirahat, dan banyak minum air putih untuk mencegah kantuk.

Nah, itu dia 6 tips mudik sehat yang harus Anda tahu. Hati-hati di perjalanan, dan semoga bermanfaat!

Baca juga:

Gunakan aplikasi Go Dok untuk dapatkan ragam layanan kesehatan gratis, langsung dari Smartphone. Download aplikasinya di sini.