Tips Merawat Vagina Agar Tetap Sehat

tips merawat vagina
Banyak yang kurang memahami cara apa saja yang harus dilakukan demi mendapatkan vagina yang sehat. Tidak usah khawatir! Berikut Go Dok paparkan 7 Tipsnya yang bisa Anda praktikan

GoDok Tips Merawat VaginaSebagai wanita, Anda pasti paham tentang betapa pentingnya menjaga kebersihan serta kesehatan organ kewanitaan. Namun, banyak yang kurang memahami cara apa saja yang harus dilakukan demi mendapatkan vagina yang sehat. Tidak usah khawatir! Berikut Go Dok paparkan 7 Tips merawat vagina agar tetap sehat yang harus Anda ketahui:

Tips Merawat Vagina

1. Gunakan air hangat

Tips Merawat Vagina yang pertama adalah rutin membersihkannya dengan menggunakan air hangat. Ingat! Hindari penggunaan sabun atau cairan pembersih, ya! Karena paparan bahan kimia berlebih justru dapat mengubah kadar pH alami dalam vagina serta meningkatkan risiko pertumbuhan bakteri jahat pemicu timbulnya bau tidak sedap.

2. Bersihkan vagina setelah berhubungan intim

Bagi Anda yang telah memiliki pasangan; jangan lupa untuk selalu membersihkan vagina dengan teliti dan cermat setiap kali habis berhubungan badan! Alasannya tidak lain karena paparan sperma dan keluarnya cairan saat berhubungan seks dapat memengaruhi aroma pada vagina. Inilah mengapa Anda diharuskan untuk membilas vagina menggunakan air bersih. Karena jika sampai lalai, vagina akan lebih rentan terkena infeksi mikroba asing.

3. Perhatikan cara bilas

Tips merawat vagina agar tetap sehat lainnya adalah dengan memperhatikan cara membilasnya. Jarang yang mengetahui bahwa cara membilas vagina ternyata turut memengaruhi kebersihan serta kesehatannya. Ternyata, cara membilas dari belakang ke depan justru dapat membuat bakteri dan mikroba dari anus masuk ke vagina. Jika dibiarkan berlarut-larut, hal ini dapat memicu berbagai macal keluhan, seperti keputihan dan vagina gatal. Karenanya, mulai dari sekarang, biasakan untuk membilas dari arah depan ke belakang, ya!

(Baca: Dear Ladies, Kenali Penyakit yang Mengincar Vagina)

4. Merapikan ramput pubis

Tips merawat vagina yang satu ini  bisa jadi tidak terlalu akrab di telinga kebanyakan wanita. Namun, hal ini ternyata sangat memengaruhi tingkat kebersihan dan kesehatan vagina, lho! Bagaimana tidak! Rambut pubis yang terlampau lebat akan menyerap air dan keringat lebih banyak. Hal inilah yang dapat meningkatkan kelembapan vagina dan memicu pertumbuhan jamur penyebab infeksi.

Solusinya, rutinlah merapikan rambut pubis dengan menggunakan pisau cukur. Ingat, selalu perhatikan kebersihan pisau cukur yang digunakan, ya! Sebab, pisau cukur yang berkarat dan tidak terawat justru dapat menyebabkan luka dan iritasi.

5. Perhatikan asupan air putih

Tips merawat vagina yang selanjutnya adalah dengan memperhatikan asupan air putih. Ya, selain bermanfaat bagi tubuh, konsumsi minimal 8 gelas air putih sehari ternyata baik bagi tingkat hidrasi jaringan mukosa pada vagina.

  1. Pilih celana yang tepat

Jika ingin memiliki vagina yang sehat dan selalu terasa nyaman, maka perhatikanlah jenis dan bahan celana yang Anda gunakan. Kebiasaan menggunakan skinny jeans berlebih tidak disarankan karena membuat panas serta keringat pada area selangkangan dan vagina terperangkap.

Solusinya, pilihlah celana yang lebih longgar dan berbahan katun; karena kombinasi keduanya terbukti efektif dalam menjaga tingkat kelembapan ideal organ kewanitaan.

7. Jaga asupan makanan

Tips merawat vagina yang terakhir adalah dengan memperhatikan asupan makanan. Mengapa? Karena pola makan yang tidak seimbang serta memberatkan pada konsumsi bahan pangan tertentu –seperti daging merah, brokoli, dan susu-  terbukti dapat mempengaruhi kondisi serta tingkat keasaman vagina.

Karenanya, atasi hal ini dengan menerapkan pola makan yang berimbang. Selain itu, Anda juga disarankan untuk mengonsumi yoghurt yang terbukti dapat merangsang perkembangan bakteri baik dalam vagina.

(Baca: Vaginitis; Penyebab, Gejala dan Penanganan)

Itu tadi tips menjaga vagina agar tetap sehat yang harus Anda ketahui. Semoga bermanfaat!