Tips Menggunakan Lensa Kontak: Ini Hal yang Harus Dihindari!

Tips menggunakan lensa kontak

GoDok- Tips menggunakan lensa kontak- Memiliki berbagai keuntungan. Selain membantu pengelihatan tanpa harus terganggu dengan adanya kacamata, penggunaan lensa kontak dengan berbagai warna dapat membuat penampilan menjadi lebih menarik. Mata pun tampak lebih berbinar.

Eits! Meski demikian, ada hal-hal yang harus diperhatikan ketika Anda menggunakan lensa kontak, lho! Apa saja hal-hal tersebut? Mari simak penjelasan hal-hal yang harus dihindari ketika menggunakan lensa kontak dari Go Dok!

Lensa kontak merupakan salah satu alat bantu lihat yang dapat digunakan pula untuk estetika. Bentuknya yang lentur namun rapuh harus diperlakukan dengan sangat hati-hati. Tidak hanya lensa kontaknya, namun mata Anda juga sama rentannya terhadap benda-benda asing yang masuk.

Tips menggunakan lensa kontak Menurut Everydayhealth.com, ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan sebelum menggunakan lensa kontak, seperti:

1. Jangan Menggunakan Lensa Kontak tanpa Resep Dokter

Tips menggunakan lensa kontak pertama jangan gunakan tanpa resep dokter. Setiap mata manusia memiliki kondisi yang berbeda. Jika teman Anda tampak baik-baik saja saat menggunakan lensa kontak, belum tentu hal tersebut juga berlaku pada mata Anda. Pamela Lowe, OD, salah satu anggota dari American Optometric Association mengatakan bahwa Anda tetap harus konsultasi kepada dokter mata terlebih dahulu untuk mendapatkan resep lensa kontak yang cocok bagi mata Anda.

2. Jangan Lupa Mencuci Tangan

Jika lensa kontak berdasarkan resep dokter sudah di tangan Anda, maka Anda tidak boleh melupakan satu hal ini: jangan lupa mencuci tangan setiap akan menyentuh lensa kontak. Tangan Anda menyimpan banyak bakteri yang dapat menyebabkan infeksi pada mata Anda. Tentunya tidak ingin hal tersebut terjadi bukan?

3. Jangan Gunakan Air Keran

Selain tangan Anda yang harus steril, Anda juga harus memerhatikan kebersihan lensa kontak. Saat membeli lensa kontak, pastikan Anda memiliki tempat penyimpanan khususnya beserta cairan pembersih. Ingat, cairan pembersih ini tidak sama dengan cairan obat tetes mata. Jadi, Anda hanya boleh membersihkan lensa kontak dengan cairan pembersih khusus yang dijual secara resmi.

Jangan pernah sekali-kali membersihkan lensa kontak dengan air keran. Air keran mengandung organisme kecil –Acanthamoeba keratitis yang dapat menyebabkan infeksi mata parah.

4. Jangan Gunakan Obat Tetes Mata

Selanjutnya, tips menggunakan lensa kontak dengan jangan gunakan obat tetes mata meskipun mata Anda merah. Cucilah tangan, lalu lepaskan lensa kontak apabila mata mengalami iritasi.

5. Jangan Gunakan Saat Tidur

Menggunakan lensa kontak pada saat tidur diketahui dapat meningkatkan risiko infeksi mata 10 kali lebih banyak. Biasakan untuk melepas lensa kontak setelah 8 jam pemakaian agar mata tidak mengalami iritasi.

6. Jangan Gunakan Ketika Berenang

Anda juga tidak disarankan menggunakan lensa kontak pada saat berenang. Jika memang benar-benar butuh, Anda harus menggunakan kacamata renang tambahan untuk mencegah air kolam renang yang kotor masuk dan mengenai lensa kontak.

7. Jangan Mengucek Mata

Lensa kontak memang berbahan lentur, namun bukan berarti Anda tidak menjaganya hati-hati. Jangan mengucek mata ketika sedang menggunakan lensa kontak. Lensa kontak dapat tersobek dan melukai mata Anda. Jika merasa gatal, Anda bisa mengedip-kedipkan mata beberapa kali. Selain untuk menghilangkan rasa gatal, mengedip secara rutin pada saat menggunakan lensa kontak dapat menambah kelembapan, sehingga tidak terasa perih dan kering.

8. Jangan Gunakan Riasan Mata Berlebihan

Tips menggunakan lensa kontak yang terakhir. Ketika Anda berias, pastikan riasan Anda tidak membahayakan mata Anda. Misalnya, mascara, pemanjang atau penebal bulu mata, bulu mata palsu, atau eyeliner. Biasanya, kandungan dalam riasan memiliki sifat abrasif terhadap lensa dan dapat mengontaminasi lensa kontak.

Nah, itu tadi tips menggunakan lensa kontak. Akan tetapi, jika Anda memiliki mata sensitif, sebaiknya Anda pikirkan terlebih dahulu. Menggunakan kacamata memang tidak senyaman menggunakan lensa kontak, namun Anda harus mempertimbangkan kesehatan dan keselamatan mata Anda. Semoga bermanfaat!

Baca juga:

Gunakan fitur ‘Tanya Dokter’ untuk tanya dokter online yang siap 7×24 jam. Download aplikasi Go Dok di sini.