Tips Mengatasi Sakit Gigi Pada Ibu Hamil; Ini Dia Caranya!

Tips mengatasi sakit gigi pada ibu hamil
Sakit gigi pada ibu hamil dapat disebabkan oleh 3 hal, yaitu perubahan kondisi hormon, menurunnya jumlah kalsium dan muntah. Apa saja tips mengatasi sakit gigi pada ibu hamil? Ketahui caranya di sini!

GoDok – Tips mengatasi sakit gigi pada ibu hamilBagi Anda yang sedang menjalani masa-masa kehamilan, pasti pernah terbersit pertanyaan, “Apa yang harus dilakukan oleh ibu hamil jika sakit gigi?”. Pada kondisi normal, sakit gigi sudah pasti dapat disembuhkan dengan berbagai cara; mulai dari meminum obat pereda nyeri hingga mencabut gigi yang bermasalah agar sakit tidak kambuh lagi. Tapi, solusi tadi tidaklah serta-merta dapat dipraktikkan oleh ibu hamil, karena dokter dan ibu perlu mempertimbangkan akibat dari prosedur yang diambil terhadap kesehatan janin. Jadi, apa dong yang harus dilakukan?

Yuk, simak penjelasan lengkap penyebab dan tips mengatasi sakit gigi pada ibu hamil khas Go Dok berikut ini!

Penyebab sakit gigi pada ibu hamil 

Ternyata, sakit gigi pada ibu hamil dapat disebabkan oleh 3 hal, yaitu:

1. Perubahan kondisi hormon

Selama masa kehamilan, tubuh calon ibu akan mengalami banyak perubahan, baik yang bersifat fisik maupun hormonal. Khusus untuk perubahan yang terakhir, hal ini ternyata dapat memicu peradangan pada gusi (gingivitis) dan kerusakan pada jaringan pendukung gigi (periodontal).

2. Menurunnya jumlah kalsium

Karena tumbuh dan berkembang dalam raga yang sama, maka tidak mengherankan jika janin akan mengambil sari makanan dan zat esensial lainnya dari ibu; termasuk kalsium. Jadi, tidak usah heran jika selama masa kehamilan, ibu akan sering mengeluhkan gangguan pada gigi -termasuk gigi bolong atau retak-, karena kalsium yang seharusnya didistribusikan untuk menjaga kesehatan gigi dan tulangnya malah diserap oleh si jabang bayi.

3. Muntah

Normalnya, 14 minggu pertama kehamilan merupakan masa di mana ibu hamil akan sering merasakan mual dan muntah. Ketika muntah, ibu nyatanya tidak hanya mengeluarkan kembali makanan, tapi turut memicu kenaikan asam lambung yang dapat mengiritasi lapisan gigi.

Lantas, apa saja tips mengatasi sakit gigi pada ibu hamil ?

Untuk kasus sakit gigi yang tidak memerlukan prosedur cabut gigi, maka ibu dapat meredakan keluhannya dengan berbagai cara, seperti:

1. Penggunaan obat sakit gigi topikal

Pertama, tips mengatasi sakit gigi pada ibu hamil dengan obat sakit gigi topikal. Berbeda dengan obat minum (oral), obat sakit gigi tipikal umumnya digunakan dengan cara dioles di bagian yang bermasalah. Dengan cara begitu, senyawa benzocaine dan minyak cengkeh di dalamnya dapat meresap ke dalam gigi dan meredakan nyeri dengan seketika.

2. Berkumur dengan air garam

Kedua tips mengatasi sakit gigi pada ibu hamil, selain dapat meredakan nyeri, air garam juga dikenal sebagai larutan aintesptik yang dapat menghambat perkembangan bakteri pemicu kambuhnya sakit gigi. Tertarik mencoba? Anda cukup melarutkan 2-3 sdm garam ke dalam satu gelas air hangat. Gunakan larutan ini untuk berkumur minimal 3 kali sehari. Mudah sekali!

3. Kompres dengan air es

Ketiga tips mengatasi sakit gigi pada ibu hamil, Anda juga bisa meredakan sakit gigi dengan kompres air es, lho! Caranya, celupkan handuk bersih ke air dingin, lalu tempelkan ke bagian pipi yang terasa sakit. Dengan cara begitu, syaraf gigi akan terleksasi hingga tidak terasa nyeri lagi.

4. Menggunakan obat alami

Terakhir tips mengatasi sakit gigi pada ibu hamil, jarang yang mengetahui bahwa terdapat beberapa bahan alami yang dapat digunakan untuk mengobati sakit gigi pada ibu hamil. Apa saja bahan yang dimaksud? Berikut poin lengkapnya:

  • Daun jambu; digunakan dengan cara direbus
  • Bawang merah; ibu hamil dapat langsung mengunyah 1-2 siung bawang merah
  • Minyak cengkeh; dioleskan ke gigi yang bermasalah
  • Air campuran garam + merica; digunakan sebagai larutan kumur-kumur.

Itu tadi penjelasan lengkap mengenai tips mengatasi sakit gigi pada ibu hamil. Ingat, jika sakit gigi bertambah parah, segera hubungi dokter demi mendapatkan penanganan medis yang paling tepat. Semoga bermanfaat!

Baca juga:

Jaga kesehatan kandungan Anda dengan konsultasikan permasalahan kesehatan Anda dengan Tim Dokter Go Dok. GRATIS! Download aplikasinya di sini.