Tips Mencegah Lapar dan Haus Ketika Berpuasa

tips mencegah lapar dan haus ketika berpuasa

Go DokTips Mencegah Lapar dan Haus Ketika Berpuasa- Di bulan Ramadhan ini, Anda yang menjalankan puasa tentu harus terbiasa dengan pola hidup dan pola makan yang berubah drastis. Jadwal makan yang biasanya adalah sarapan, makan siang, dan makan malam, berubah menjadi sahur, buka puasa, dan makan malam. Tak ayal, perubahan ini membawa dampak tersendiri bagi tubuh Anda, seperti lemas, letih, dan lesu di siang hari ketika jadwal makan siang. Tak hanya itu, tentu rasa lapar dan haus pun mulai menyerang di waktu ini, dan terus hingga detik-detik berbuka kemudian.

Jika hal itu terjadi, apa yang kemudian Anda lakukan? Tidur siang? Eits, nanti dulu! Ada tips mencegah lapar dan haus ketika berpuasa di jam-jam tersebut, lho! Penasaran apa saja caranya?

Yuk, simak penjabaran tips encegah lapar dan haus ketika berpuasa lengkapnya berikut ini!

 1. Perhatikan makanan ketika sahur

Tips mencegah lapar dan haus ketika berpuasa yang pertama adalah dengan mengonsumsi makanan yang dapat menjadi bekal sempurna Anda sepanjang hari. Pastikan makanan sahur Anda rendah lemak dan tinggi protein. Artinya, hindari makanan yang mengandung terlalu banyak minyak atau santan, atau hidarilah menggoreng lauk dengan terlalu banyak minyak. Selain itu, makan pula panganan yang mengandung karbohidrat kompleks, seperti roti gandum, oatmeal, dan nasi merah. Untuk lauk yang kaya akan protein, Anda bisa menambahkan daging ayam, ikan, sapi, telur, tahu, serta tempe

Nah, jika kesemua asupan tersebut dipenuhi, dijamin deh, tenaga Anda akan cukup untuk aktivitas seharian hingga adzan Maghrib menjelang. Tak hanya itu, Anda juga tidak akan terlalu terganggu dengan rasa lapar di tengah hari.

2. Minum air lebih banyak

Kedua, tips mencegah lapar dan haus ketika berpuasa adalah dengan meminum air lebih banyak dari biasanya saat sahur. Jika biasanya saat makan Anda hanya meminum 1 atau 2 gelas, tambahlah menjadi 3 gelas di waktu sahur. Hal ini akan membuat Anda cukup terhidrasi hingga sore hari dan membuat tubuh Anda tidak cepat merasa haus di siang harinya.

3. Makan dengan perlahan

Saat sahur, Anda tidak boleh makan dengan terburu-buru. Karenanya, Anda jangan sampai terlambat untuk bangun sahur agar tidak perlu terburu-buru. Pasalnya, makan terlalu cepat dapat membuat makanan tidak tercerna secara optimal. Sebaliknya, makan dengan perlahan dapat membuat nutrisi makanan bertahan dalam tubuh hingga waktu berbuka.

4. Konsumsi banyak buah-buahan

Salah satu tips mencegah lapar dan haus ketika berpuasa adalah dengan mengonsumsi buah yang mengandung banyak air saat sahur. Dengan cara ini, tubuh akan mendapat asupan cairan tambahan melalui buah. Untuk itu, jangan lupa untuk mengonsumsi salah satu dari buah semangka, melon, stroberi, ataun anggur yang notabene mengandung 90 – 92 % kadar air saat sahur. Mudah, bukan?

5. Hindari aktivitas berlebihan

Terakhir, tips mencegah lapar dan haus ketika berpuasa di siang hari, hindarilah beraktivitas terlalu berlebihan sepanjang hari. Jangan pula terlalu banyak beraktivitas di bawah terik sinar matahari. Pasalnya, kedua hal ini dapat membuat Anda lebih banyak berkeringat, yang artinya lebih banyak pula cairan tubuh yang dikeluarkan. Hal ini akan membuat Anda lebih cepat merasa haus. Jadi, jangan terlalu aktif dan tetaplah tinggal di temoat sejuk, ya!

Nah, itulah 5 tips mencegah rasa lapar dan haus ketika berpuasa yang harus Anda ketahui. Selamat berpuasa, ya! Semoga bermanfaat!

Baca juga:

Gunakan aplikasi Go Dok untuk dapatkan ragam layanan kesehatan gratis, langsung dari SmartphoneDownload aplikasinya di sini.