Tips Memilih Tas yang Baik bagi Kesehatan Anda

Tips memilih tas yang baik

GoDok- Tips memilih tas yang baik- Para wanita seringkali bingung memilih tas yang cocok untuk memuat semua barang yang ia bawa. Modelnya cocok tapi kurang besar, atau warnanya cocok tapi tidak nyaman untuk dipakai. Psst, ternyata ada pertimbangan soal kesehatan, lho, dalam memilih tas untuk wanita! Anda tentu pernah merasakan sakit di bagian pundak atau punggung jika membawa jenis tas tertentu. Apa saja jenis tas yang cocok dan baik untuk kesehatan?

Simak panduan tips memilih tas yang baik bagi kesehatan berikut ini! 

1. Tas selempang

Tips memilih tas yang baik pertama mengenai tas selempang. Ada nilai tambahan bagi tas dengan tali panjang yang bisa diselempangkan, atau dikenal dengan sling bag. Kristy Root, seorang praktisi chiropraktik di Performance Spine & Sports Medicine, Amerika Serikat, mengatakan bahwa membawa tas yang Anda selempangkan di dada dapat meminimalisir rasa sakit ketika membawa tas. Hal tersebut dikarenakan berat tas terdistribusikan ke seluruh bagian badan, sehingga tidak hanya satu pundak saja yang menopang berat tas. Pilih tas dengan tali yang besar agar tekanan tidak terlalu besar.

Dengan tali panjang tersebut, Root menyarankan untuk mengganti bahu yang menopang agar tidak terus-terusan terbebani tas. Root juga mengimbau agar wanita tidak membawa tas yang lebih berat dari 10 persen badannya.

2. Tas ransel

Tips memilih tas yang baik selanjutnya yaitu tips memilih tas ransel. Sama seperti tas dengan tali panjang, tas ransel dapat menjadi pilihan tepat untuk membawa barang-barang yang agak berat. Meski demikian, tidak disarankan untuk membawa ransel dengan berat lebih dari 20% berat badan. Tas ransel yang terlalu berat buruk bagi postur tubuh Anda. Anda tentu ingin terlihat tegak dan proporsional bukan?

Selain itu, pilih ransel atau backpack yang bertali empuk dan besar agar nyaman untuk digendong di bahu. Anda juga dapat menyesuaikan panjang pendeknya tali. Pastikan ujung tas menyentuh bagian torso Anda agar bobot tas dapat terdistribusikan secara maksimal.

3. Tas jinjing

Tips memilih tas yang baik terakhir seputar memilih tas  jinjing. Terkadang Anda terpaksa menggunakan tas jinjing untuk urusan kantor yang formal. Sebenarnya, tas jinjing ini dapat menyebabkan sakit pada leher dan pundak. Oleh karena itu, hindari membawa tas jinjing dengan banyak bawaan.

Jangan bawa tas tangan yang berbobot lebih dari 5% berat Anda. Anda harus meminimalisir barang bawaan. Agar Anda tidak terbiasa memasukkan berbagai macam barang ke dalam tas, belilah tas dengan ukuran yang tidak terlalu besar agar Anda terbiasa menjadi selektif dalam membawa barang.

Selain itu, tukar sisi pundak ketika Anda membawanya agar tidak memberatkan satu pundak saja. Misalnya, ketika berangkat Anda membawa di pundak kanan, dan perjalanan pulang Anda menukarnya ke sisi kiri. Tapi, Anda bebas menukarnya kapanpun ketika Anda merasa pegal.

Tas tangan sebaiknya juga tidak berbahan dasar kulit karena berbobot lebih. Anda bisa memilih tas dengan bahan nylon atau kanvas karena berbobot jauh lebih ringan, sehingga Anda bisa menambah barang bawaan Anda.

Bagaimana setelah mengetahui informasi seputar tips memilih tas yang baik, apa Anda sudah dapat menentukan tas mana yang sesuai dengan keperluan Anda? Selamat memilih!

Baca juga:

Gunakan fitur ‘Tanya Dokter’ untuk tanya dokter online yang siap 7×24 jam. Download aplikasi Go Dok di sini.