Tips Menjaga serta Memelihara Kesehatan Rambut Kribo

tips memelihara rambut kribo

GoDok Rambut kribo; gaya rambut yang pertama kali populer di Indonesia pada tahun 1970an. Mungkin, dari beberapa publik figur yang Anda kenal memiliki rambut kribo, sosok rocker Achmad Albar-lah yang paling menempel di ingatan. Bagimana tidak! Di era itu, rambut mengembang khas Achmad Albar sering disangkutpautkan dengan musik beraliran cadas khas anak muda. Maka, tidak heran jika kemudian banyak pria yang turut mencoba gaya rambut khas sang rocker.

Sebenarnya, apa sih yang menyebabkan rambut seseorang bisa ikal dan mengembang hingga disebut kribo? Menurut penelitian yang dilakukan oleh Queensland Institute of Medical Research di Australia, rambut keriting dan kribo disebabkan oleh adanya variasi gen Trichohyalin di helaian rambut yang menyebabkan folikel rambut tumbuh secara asimetris sehingga menghasilkan kelenjar rambut yang berbentuk oval.

(Baca: Tips Rambut Sehat Walaupun Berhijab)

Nah, bagi Anda pemilik rambut kribo, ternyata terdapat beberapa tips menjaga serta memelihara rambut kribo agar dapat tumbuh dengan sehat dan indah. Apa saja tips yang dimaksud?

Ini dia Tips Memelihara Kesehatan Rambut Kribo
  1. Hindari penggunaan sampo yang tinggi kandungan sulfate atau sylicone-nya. Mengapa? Karena dua bahan kimia ini dapat membuat helaian rambut menjadi kering dan mudah rapuh.
  2. Gunakan kondisionersetiap habis keramas. Walaupun terkesan repot, namun penggunaan kondisioner sangatlah disarankan untuk pemilik rambut kribo. Hal ini tidak terlepas dari fakta bahwa rambut kribo tergolong lebih kering jika dibandingkan dengan jenis rambut lainnya. Karena itulah, Anda disarankan untuk selalu memperhatikan dan menjaga tingkat kelembapan rambut dengan rajin menggunakan kondisioner. Malahan, jika diperlukan, Anda dapat mengunjungi salon untuk mencoba  prosedur deep conditioner; minimal 2 kali dalam sebulan.
  3. Jangan asal mengeringkan rambut! Jika tidak ingin helaian rambut mudah patah, maka hindari kebiasaan mengeringkan rambut dengan handuk secara kasar. Kristen Steafano, seorang penata rambut, lebih lanjut mengimbuhkan bahwa menggosok rambut dengan handuk malah akan membuat rambut kribo Anda terlihat makin kusut. Ia menyarankan untuk membungkus kepala dengan handuk yang berbahan lembut sampai semua air terserap oleh bahan handuk.
  4. Hindari penggunaan hair dryer. Biarkan rambut kribo Anda kering dengan alami; yaitu dengan bantuan angin dan sinar matahari. Panas berlebih yang dihasilkan hair dryer justru akan membuat ujung rambut patah dan rapuh.
  5. Cobalah perawatan alami untuk menjaga kesehatan serta kelembapan rambut kribo dengan menggunakan beberapa bahan berikut ini:

Minyak Zaitun

Minyak zaitun telah dikenal lama sebagai salah satu bahan alami yang kaya akan manfaat. Karenanya, tidak heran jika kemudian banyak yang memanfaatkan minyak yang satu ini untuk merawat kesehatan rambut, termasuk rambut kribo.

Caranya, ambil minyak zaitun secukupnya, lalu aplikasikan pada rambut secara lembut. Tunggu selama beberapa menit sampai minyak meresap pada rambut sebelum dibilas bersih dengan menggunakan air hangat.

– Gel lidah buaya

Kandungan aloe vera yang tinggi pada gel lidah buaya dapat Anda manfaatkan untuk mencegah rambut agar tidak kering serta patah. Cara penggunaannya mudah sekali. Ambil gel dari beberapa batang lidah buaya, lalu aplikasikan pada rambut yang setengah basah. Tunggu selama 10-15 menit, lau bilas dengan air bersih.

Lakukan kebiasaan ini minimal seminggu sekali untuk mendapatkan rambut yang terlihat sehat, lembap, dan berkilau alami.

– Mayonais

Siapa bilang kondisioner untuk rambut kribo hanya dapat dibeli di pasaran? Buktinya, Anda dapat memanfaatkan mayonais sebagai kondisioner alami. Caranya, oleskan mayonais secara merata dari mulai bagain akar hingga ke ujung rambut. Tunggu selama 20-45 menit, lalu kemudian bilas hingga bersih menggunakan air dingin. Kandungan putih telur dan minyak di dalamnya dijamin dapat membuat rambut kribo Anda lembap dan mudah di atur.

– Pisang

Tertarik merawat rambut kribo dengan menggunakan pisang? Caranya, siapkan beberapa buah pisang dengan bubuk almond secukupnya. Lalu, campurkan kedua bahan tersebut dan aduk hingga merata. Setelah itu, baru aplikasikan pada rambut dan tunggu selama 20-25 menit. Mudah, bukan?

(Baca: Jangan Salah! Ini Dia Cara Pilih Pisang yang Benar)

– Putih telur dan yoghurt

Terakhir, jaga kesehatan rambut Anda dengan menggunakan campuran putih telur dan yoghurt. Pilihlah plain yoghurt karena tidak mengandung pemanis atau pewarana apapun. Lalu, campurkan dengan 2-3 butir putih telur, aduk hingga merata. Gunakan campuran ini pada rambut minimal sekali dalam seminggu untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

(Baca: Enggan Makan Yoghurt? Kenali Dulu 5 Manfaatnya!)

Itu tadi beberapa tips jitu dalam merawat dan menjaga kesehatan rambut kribo yang harus Anda ketahui. Semoga bermanfaat!