Tips Lebih Produktif di Tengah Pekerjaan, Coba Praktikkan!

Tips lebih produktif di tengah pekerjaan
Batas manusia untuk fokus dalam sebuah pekerjaan berkisar pada durasi 45 menit dalam pekerjaan yang sama. Coba tips lebih produktif di tengah pekerjaan ini agar tetap fokus seharian dalam bekerja

GoDok-Tips lebih produktif di tengah pekerjaan- Nyeri kepala ketika berada di tempat kerja dapat menjadi hal yang menjengkelkan dan berakibat pada penurunan tingkat produktivitas Anda. Ketika sudah dikejar oleh tenggat waktu, mau tak mau Anda harus bekerja lebih keras dibandingkan sebelumnya. Hal tersebutlah yang menyebabkan saraf pusat memiliki tugas untuk menerjemahkan bahasa dan menyerap informasi lebih banyak.

Namun, sayang rasanya apabila meninggalkan pekerjaan di tengah tenggat waktu. Beberapa hal di bawah ini bisa dijadikan sebagai alternatif agar tetap produktif juga meredakan nyeri kepala.

Merasa tidak produktif di tengah pekerjaan? Praktikkan tips lebih produktif di tengah pekerjaan berikut:

1. Tempatkan beberapa tanaman di dalam ruang kerja

Tips lebih produktif di tengah pekerjaan yang pertama adalah menempatkan beberapa tanaman di ruang kerja Anda. Biologis asal Amerika, Edward O. Wilson pada 1984 mengemukakan tesisnya bahwa manusia memiliki kecenderungan untuk hidup berdampingan dengan alam. Meskipun saat ini bentuk kedekatan dengan alam memiliki bentuk sendiri, maka tak ada salahnya jika anda menempatkan sebuah pot kecil tanaman di sudut meja kerja. Tanaman yang dipiih bisa jenis rambat ataupun tanaman terarium. Tanaman yang berwarna hijau dapat menjadi alternatif diantara warna lain yang dominan. Semacam sarana refreshing ketika berada di dalam ruangan.

Spektrum warna hijau yang menempati posisi ke empat dalam spektrum warna pelangi yang dikategorikan oleh Sir Isaac Newton tersebut, termasuk dalam golongan warna yang sejuk yang dapat memberi dampak psikologis menenangkan pikiran. Selain itu, tanaman mini dapat digunakan untuk mempercantik ruangan.

2. Ambil jeda selama 10-15 menit di sela kegiatan

Tips lebih produktif di tengah pekerjaan ke dua yang dapat Anda praktikkan adalah ambil jeda atau istirahat sejenak di sela kegiatan Anda. Batas manusia untuk fokus dalam sebuah pekerjaan berkisar pada durasi 45 menit dalam pekerjaan yang sama. Setelah jangka waktu tersebut, fokus akan mengalami penurunan. Jeda atau waktu istirahat diperlukan untuk mengganti kegiatan baru dari kewajiban berkutat dengan pekerjaan. Waktu yang sedikit ini dapat digunakan untuk mengistirahatkan pikiran dengan cara mendengarkan musik instrumen maupun tidur sejenak. Maka dari itu, jam pelajaran yang berlaku di Indonesia berdurasi 45 menit untuk menghindari siswa/ mahasiswanya bosan.

(Baca: Cara mendongkrak Semangat Kerja Pasca-Lebaran)

3. Minum air putih

Selanjutnya, tips lebih produktif di tenga pekerjaan dengan rajin mengonsumsi air putih. Mengapa? Karena tubuh manusia terdiri dari 70% cairan, dan air memiliki fungsi untuk menyeimbangkan jumlah tersebut. Tubuh yang mengalami dehidrasi dapat mengakibatkan kelelahan dan nyeri di kepala, sebab otak kekurangan kadar oksigen. Nah, maka dari itu banyak ahli kesehatan yang menganjurkan pemenuhan cairan dalam tubuh dilakukan dengan minum air putih sebanyak 8-10 gelas per hari untuk membantu pasokan oksigen dalam darah dan otak.

4. Tinggalkan gadget sementara

Jangan terlalu lama menatap ke layar gadget adalah alah satu tips lebih produktif di tengah pekerjaan yang dapat Anda coba. Mungkin laptop, komputer dan smartphone Anda memang berhubungan dengan pekerjaan, namun lama-kelamaan dapat membuat mata Anda lelah. Mata yang lelah dapat membuat fokus Anda hilang dan tubuh ikut lelah. Tak jarang, terlelau lama menatap gadget juga berdampak pada keringnya mata Anda. Karenanya, ambil waktu sejenak, dan alihkan pandangan Anda dari layar gadget selama 10 – 15 menit.

(Baca: Sering Berselancar di Dunia Maya? Kenali Dulu Bahayanya)

5. Bersosialisasi

Terakhir, tips lebih produktif di tengah pekerjaan adalah dengan bersosialisasi bersama kawan sejawat. Jika jenuh di depan layar laptop, bangkitlah dari tempat duduk dan ciptakan obrolan singkat dengan teman sekantor Anda. Pada dasarnya manusia adalah makhluk sosial, dan bersosialisasi dapat membuat Anda merasa lebih hidup di tengah penatnya kantor.

Nah , itu tadi 5 cara sederhana untuk membuat Anda segar kembali di tengah pekerjaan. Semoga bermanfaat!