Tips Kehamilan Trimester Pertama; Simak Daftar Lengkapnya di Sini!

tips kehamilan trimester pertama

GoDok- Tips kehamilan trimester pertama- Kehamilan sudah pasti menjadi momen yang ditunggu-tunggu olah Anda dan pasangan. Namun, tahukah Anda apa saja yang harus dilakukan ketika kandungan masih berusia 1-3 bulan?

Yuk, simak penjelasan Go Dok mengenai 6 tips kehamilan trimester pertama berikut ini!

1. Tentukan fasilitas kesehatan

Tips kehamilan trimester pertama nomor wahid adalah menentukan fasilitas kesehatan. Banyak pasangan suami-istri yang melalaikan tips ini; padahal, fasilitas kesehatan yang tepat (rumah sakit, tempat priktik bidan/dokter kandungan, dll) dapat meningkatkan kenyamanan dan kesehatan ibu serta janin. Karenanya, segeralah diskusikan fasilitas kesehatan yang Anda pilih dengan pasangan. Jangan lupa juga, ya, untuk melakukan investigasi kecil tentang fasilitas yang dituju, harga, serta kualitas tim medisnya!

2. Berhenti merokok dan mengonsumsi miras

Anda termasuk wanita yang sering merokok dan/atau minum miras? Maka, segeralah hentikan dua kebiasaan ini; terlebih ketika Anda terbukti sedang mengandung. Selain itu, Anda juga sangat dianjurkan untuk menghindari tempat yang banyak menghasilkan asap rokok. Sebab, asap rokok dapat mengganggu kesehatan serta perkembangan si jabang bayi.

3. Minum vitamin prenatal

Ingat, jangan mengulur waktu untuk memulai kebiasaan minum vitamin prenatal, ya! Sebab, semakin dini langkah ini dipraktikkan, maka semakin rendah juga risiko ibu hamil mengalami gangguan fungsi otak dan sumsum tulang belakang. Lantas, vitamin jenis apakah yang baik dikonsumsi? Selain vitamin D, ibu hamil juga dianjurkan untuk mengonsumsi suplemen yang mengandung asam folat. Tenang, kini banyak apotek dan toko obat yang menjual keduanya, kok!

4. Rajin berolahraga ringan

Tips kehamilan trimester pertama yang selanjutnya adalah membiasakan olahraga ringan, minimal 30 menit setiap harinya. Langkah ini perlu dilakukan untuk meminimalisir kekakuan otot, kram perut, mood swing, dan insomnia yang banyak menimpa ibu hamil. Tidak usah melakukan olahraga yang berat, cukup dengan berjalan di taman atau sekitar kompleks perumahan. Mudah, bukan?

5. Istirahat yang cukup

Bunda, selama kehamilan Anda dilarang untuk begadang dan bekerja terlalu berat, lho! Mengapa? Sebab, di trimester pertama tubuh masih dalam proses penyesuaian terhadap perubahan hormon. Akibatnya, tubuh akan sering terasa lemah dan lesu. Karenanya, perbanyak istirahat, ya! Selain dengan memperhatikan jam dan lama tidur, Anda juga dianjurkan untuk banyak rehat dan duduk santai. Terdengar menyenangkan, bukan?

6. Sesuaikan pola makan

Tips kehamilan trimester pertama yang terakhir adalah dengan menyusung ulang pola makan Anda, Selain dianjurkan untuk mengubah porsi makan menjadi lebih kecil -namun sering-, ibu hamil juga disarankan untuk memperbanyak konsumsi bahan pangan tertentu, seperti:

  • Sayuran hijau, seperti sawi, brokoli, dan bayam. Mengapa? Karena sayuran tadi mengandung asam folat yang baik bagi perkembangan otak janin.
  • Buah-buahan, seperti alpukat, anggur, dan tomat. Selain kaya akan vitamin C dan antioksidan, serat yang terkandung di dalam buah-buahan pun dapat menghindarkan ibu hamil dari sembelit. Eits, tapi ibu hamil juga dianjurkan untuk menghindari konsumsi buah-buahan tertentu, lho! Sebut saja nanas, pepaya, durian, dll.
  • Susu, dan produk olahannya. Selain kaya akan protein, susu dan produk olahannya juga kaya akan kalsium. Nah, kombinasi keduanyalah yang terbukti secara medis dapat merangsang perkembangan janin dan membantu menguatkan tulang ibu.

Itu tadi 6 tips kehamilan semester pertama yang harus Anda ketahui. Semoga bermanfaat!

Baca juga:

Punya permasalahan seputar kandungan Anda? Gunakan fitur ‘tanya Dokter’ untuk chat dokter seputar penanganannya. GRATIS! Download aplikasi Go Dok di sini.