Tips Kehamilan; Lakukan Ini Saat Usia Kandungan 7 Bulan

tips kehamilan
Tips kehamilan untuk calon ibu dianjurkan  menghindari aktivitas yang terlalu berat; seperti mengangkat-angkat barang atau berjalan dengan jarak yang cukup jauh. 

GoDok – Tips kehamilan – Kehamilan kerap kali menjadi momen yang ditunggu-tunggu oleh pasangan suami istri. Karenanya, tidak heran jika kemudian calon ayah dan calon ibu saling bekerja sama untuk menjaga kesehatan janin agar dapat lahir dengan lancar. Terkait dengan hal tesebut.

Berikut Go Dok paparkan tips kehamilan seputar hal yang harus diperhatikan saat kandungan berusia 7 bulan:

1. Perhatikan gerakan janin

Pertama, tips kehamilan yang harus diperhatikan saat kandungan berusia 7 bulan adalah gerakan janin. Memang, calon ibu akan sering merasakan gerakan si jabang bayi sejak kandungan menginjak usia 4 bulan. Namun, ingat! Saat menginjak trimester terakhir, ibu harus lebih teliti dalam memperhatikan gerakan janin. Jika gerakannya terasa janggal atau lebih jarang terjadi, maka segera konsultasikan hal ini ke dokter kandungan sebab bisa saja menjadi pertanda adanya gangguan pada kehamilan.

2. Bijak dalam memilih aktivitas

Tips kehamilan saat kandungan menginjak usia 7 bulan, calon ibu dianjurkan untuk menghindari aktivitas yang terlalu berat; seperti mengangkat-angkat barang atau berjalan dengan jarak yang cukup jauh. Mengapa? Sebab kebiasaan tersebut dapat memicu terjadinya komplikasi kehamilan yang tidak diinginkan. Baiknya, calon ibu memperbanyak waktu untuk beristirahat dan mempersiapkan mental demi menyongsong proses persalinan.

3. Waspadai kondisi pre-eklampsia

Tahukah Anda, apa itu pre-eklampsia? Istilah ini mengacu pada kondisi di mana ibu hamil mengalami peningkatan tekanan darah, kadar protein, hingga volume air pada tungkai kaki. Nah, demi meminimalisir hingga menghindari risiko timbulnya kondisi ini, maka ibu hamil dianjurkan untuk memperbanyak waktu isitirahat serta menghindari konsumsi makanan tinggi lemak dan garam.

(Baca: Bunda, Kenali Makanan Terbaik Untuk Tiap Trimester Kehamilan)

4. Tangani kaki yang membengkak

Tips kehamilan selanjutnya, hal yang harus diperhatikan saat kandungan berusia 7 bulan adalah cara menangani peningkatan volume air di tungkai kaki. Seperti yang telah dijabarkan sebelumnya, kondisi ini disebut juga dengan sindrom pre-eklampsia. Lantas, adakah cara menanganinya? Mudah. Caranya, praktikkanlah gerakan memutar-mutar pergelangan kaki secara perlahan. Jika dilakukan dengan rutin, hal ini dapat mengurangi tingkat pembengkakan.

5. Rutin melalukan senam hamil

Jarang yang mengetahui bahwa salah satu manfaat rajin melalukan senam hamil -apalagi jika usia kandungan sudah berusia 7 bulan- adalah untuk meminimalisir risiko munculnya komplikasi serta rasa sakit berlebih saat proses persalinan nanti. Karenanya, bunda, jangan malas untuk rutin melakukan senam hamil; minimal 2 hari sekali, ya!

6. Perhatikan asupan gizi

Tips kehamilan lainnya perhatikan asupan gizi. Perkara memperhatikan asupan gizi pada ibu hamil memang sudah selayaknya dilakukan sejak kandungan masih berusia dini. Namun, hal ini akan memerlukan perhatian yang lebih ekstra ketika kandungan menginjak usia 7 bulan. Di usia kandungan ini, ibu hamil dianjurkan untuk memperbanyak asupan makanan yang kaya akan vitamin B, yodium, kalsium, kalori, dan serat sehat.

(Baca: Ibu Hamil Harus Mencoba Spa & Senam Hamil Karena Alasan Ini!)

7. Rajin periksakan keadaan janin

Terakhir mengenai tips kehamilan saat janin berusia 7 bulan adalah intensitas pasangan suami-istri dalam memeriksakan kesehatan ibu hamil dan janin ke dokter kandungan. Alasannya tidak lain karena di trimester terakhir, ibu hamil dan janin rentan mengalami komplikasi ringan hingga berat. Nah, demi menghindari kemungkinan terburuk, Anda disarankan untuk lebih rajin berkonsultasi dengan dokter kandungan.

Itu tadi 7 tips kehamilan seputar hal yang harus diperhatikan saat kandungan berusia 7 bulan. Semoga bermanfaat!