Tips Alami Memiliki Kuku Cantik dan Indah

www.go-dok.com

Kuku merupakan sel yang mengeras dan terbentuk di ujung jari. Meskipun terlihat sepele, kuku memilki fungsi penting yaitu untuk melindungi pembuluh kapiler dalam menerima suplai darah. Kuku yang terlihat berwarna kuning agak kecoklatan, mengelupas, dan tekstrurnya tidak rata seringkali mengindikasikan penyakit yang diderita tubuh. Tak heran jika sebagian wanita sering melakukan perawatan kuku ke salon kecantikan. Namun, tahukah Anda kalau bahan kimia yang digunakan pada kuku dapat membuat kuku menjadi rapuh, rawan infeksi, dan bengkak. Untuk menghindari hal tersebut, tidak ada salahnya mencoba perawatan kuku secara alami, seperti:

1. Belimbing wuluh

Kandungan zatnya mampu membuat kuku menjadi kuat dan tidak mudah patah. Buah ini juga sering digunakan untuk membersihkan permukaan kuku agar terlihat mengkilap. Cukup oleskan potongan belimbing wuluh ke kuku selama beberapa menit. Kemudian bersihkan dengan air.

2. Bawang putih

Tidak hanya digunakan sebagai bahan masakan, bawang putih juga sering digunakan dalam bidang kecantikan. Zat yang terkandung di dalamnya mampu membuat kuku menjadi mengkilap dan kuat. Cukup dengan menggunakan satu buah bawang putih dan belah menjadi dua bagian. Gosokkan potongan bawang ke kuku selama beberapa menit. Anda juga dapat menghaluskan bawang putih terlebih dahulu untuk kemudian ditempelkan di kuku selama 5 – 10 menit.

3. Lemon/jeruk nipis

Siapa yang tidak tahu khasiat dihasilkan lemon dan jeruk nipis? Kandungan vitamin C yang terdapat pada lemon/jeruk nipis mampu membuat kuku menjadi mengkilap dan menyembuhkan kuku yang berwarna kuning. Caranya, peras air lemon/jeruk nipis terlebih dahulu. Lalu, campurkan air perasan tadi dengan pasta gigi. Aduk hingga merata dan oleskan ke kuku. Diamkan selama beberapa menit hingga kering. Setelah itu bilas dengan air hangat. Lakukanlah sebanyak 1 kali dalam seminggu.

4. Getah papaya

Getah papaya dapat mengobati kuku yang mengelupas dan pecah. Cara pengaplikasiannya sangat mudah, yaitu cukup oleskan getah papaya ke kuku dan diamkan selama beberapa menit.

5. Lidah buaya

Kandungan zat yang terkandung pada lidah buaya tidak hanya berfungsi untuk mengatasi masalah kulit kepala, rambut, dan jerawat, tetapi juga dapat membuat kuku menjadi lebih mengkilap. Cukup dengan mengoleskan gel lidah buaya ke kuku dan diamkan selama beberapa menit. Lakukan sebanyak 2 kali seminggu untuk mendapatkan hasil yang optimal.

Selain dengan perawatan dari luar, merawat kuku dari dalam tubuh juga tidak kalah penting. Banyak cara yang dapat dilakukan, seeprti rajin meminum air putih, rutin mengonsumsi makanan yang tinggi kalsium dan biotin, seperti telur, susu, dan kacang-kacangan. Penelitian menunjukkan bahwa kalsium dan biotin dapat membuat kuku menjadi lebih kuat dan tebal. Jadi, jaga terus kesehatan kuku Anda ya!