Tetap Berpuasa Saat Hamil? Amankah?

tetap berpuasa saat hamil

GoDok – Berpuasa Saat Hamil – Bunda, di bulan Ramadhan ini, jika Anda seorang muslim, pastinya merasa wajib untuk menjalankan puasa selama 30 hari. Namun, bagaimana jika Anda sedang mengandung? Tentunya akan berat untuk tetap berpuasa selama lebih dari 12 jam, jika sedang hamil. Tak hanya itu, Anda mungkin juga akan was-was tentang pasokan nutrisi janin dalam kandungan jika tidak makan seharian. Nah, sebelum terlalu khawatir, yuk simak penjelasan lengkap mengenai tetap berpuasa saat hamil berikut ini!

Tetap Berpuasa Saat Hamil

Amankah berpuasa di masa kehamilan?

Jawabannya tergantung pada kondisi kesehatan tubuh Anda sebagai seorang ibu yang sedang mengandung. Sebab, tetap berpuasa saat hamil dapat berdampak positif maupun negatif bagi kesehatan tubuh sang ibu maupun janin. Bahkan, berdasarkan data sensus dari AS, Irak dan Uganda, suatu penelitian menemukan bahwa wanita hamil yang berpuasa dengan asupan dan pola makan yang buruk cenderung memiliki bayi yang lebih kecil dan lebih rentan terhadap ketidakmampuan belajar di masa dewasa.

Menurut dr. Febriansyah Darus, seorang spesialis kebidanan dan kandungan dari Kemang Medical Care Jakarta, berpuasa bisa jadi malah membantu sang ibu untuk mengurangi dan membakar lemak-lemak yang tidak dibutuhkan tubuh.  Karena biasanya, nafsu makan seorang ibu yang hamil akan sangat dinamis, dan tergantung pada mood-nya. Terkadang, Anda bisa saja memiliki nafsu makan luar biasa, lalu di saat berikutnya malah tidak berselera sama sekali. Nah, ketika Anda langsung mengonsumsi banyak makanan dalam satu waktu, terbentuklah lemak-lemak dalam tubuh yang jadi berbahaya. Di sinilah kemudian puasa berperan, untuk mengurangi lemak-lemak tersebut.

Adakah syarat tertentu?

Meskipun puasa dibolehkan bagi ibu hamil, namun saat menjalankannya, pastikan  kondisi tubuh Anda sehat dan kuat. Anda tidak boleh berada dalam kondisi lemah, lemas maupun sakit! Dan perlu diketahui pula, wajib bagi Anda untuk memerikasakan terlebih dahulu kondisi kesehatan tubuh Anda dan janin, untuk mengetahui apakah diperbolehkan atau tidak oleh dokter untuk berpuasa.

(Baca: Bunda, Berikut Tips Sehat Berpuasa Bagi Ibu Menyusui)

Apa saja yang harus diperhatikan?

Nah, sekarang Anda sudah mengetahui bahwa puasa boleh dilakukan bagi ibu hamil. Namun, Anda tentu juga tahu bahwa tetap berpuasa saat hamil tidak boleh dilakukan sembarangan. Untuk tetap menjaga kesehatan Bunda dan janin, ada 3 hal penting yang harus dilakukan dan perhatikan, seperti :

1. Konsumsi makanan yang sehat dan bergizi

Saat memutuskan tetap berpuasa saat hamil, penting sekali bagi Bunda untuk mengontrol  makanan yang masuk ke dalam tubuh. Perbanyaklah makanan bergizi yang mengandung protein, vitamin, serat dan mineral saat sahur dan berbuka puasa dua kali lipat dari biasanya. Contoh makanan yang baik untuk Bunda adalah daging, ikan, ayam, sayur-sayuran, kacang-kacangan, susu dan buah-buahan. Jangan lupa, konsumsi pula makanan yang mengandung karbohidrat untuk tenaga Anda, seperti nasi, kentang atau roti gandum. Hindarilah mengonsumsi gula saat sahur, karena dapat memicu terjadinya insulin shock. Terakhir, hindari pula kafein saat sahur dan buka puasa.

2.  Minum air putih yang banyak

Cara kedua untuk tetap berpuasa saat hamil adalah memperbanyak konsumsi air putih. Minumlah air sebanyak 1,5 – 2 liter per hari, agar tidak terjadi dehidrasi saat berpuasa. Untuk mencukupinya, Anda dapat membagi porsi minum dengan 3 gelas saat sahur, 3 gelas saat berbuka, dan 2 gelas saat makan malam. Sederhana, bukan?

(Baca: Bunda, Kenali Makanan Terbaik Untuk Tiap Trimester Kehamilan)

3.  Istirahat yang terpenting!

Hal ketiga yang harus dilakukan untuk tetap berpuasa saat hamil adalah memperbanyak istirahat. Jangan terlalu banyak beraktivitas atau melakukan aktivitas berat, hindari stres dan segarkan pikiran. Jagalah kesehatan tubuh dan janin dengan mencukupi semua kebutuhan asupan makanan, minuman dan istirahat Anda.

4. Ketahui batasan Anda

Yang terakhir, dan paling penting, untuk tetap berpuasa saat hamil adalah ketahui batasan Anda. Berhentilah berpuasa jika Bunda mengalami penurunan berat badan, lemas yang tidak wajar, muntah, mual-mual, pendarahan, dehidrasi, darah tinggi, pusing, dan gerakan lemah pada janin.

(Baca: Serba-serbi Kesehatan pada Ibu Hamil)

Nah, itu tadi hal-hal yang harus Bunda ketahui jika ingin tetap berpuasa saat hamil. Semangat ya, Bunda! Semoga bermanfaat!