Tertawa; Cara Jitu Raih Umur Panjang

GoDok – Bagi Anda yang pernah hidup di era 1980-an, pastinya sudah tidak asing lagi dengan kata-kata “Tertawalah, Sebelum Tertawa itu Dilarang,”. Dipopulerkan oleh grup lawak legendaris, Warkop DKI, slogan ini mengajak setiap orang agar tidak ragu untuk tertawa selepas-lepasnya. Tidak heran jika slogan ini tetap dikenal hingga sekarang, sebab nyatanya tertawa memang memiliki segudang manfaat. Bahkan, sering pula terdengar rumor bahwa tertawa bisa memperpanjang umur Anda. Benarkah demikian?

Menurut beberapa peneliti, orang yang tertawa setiap harinya akan memiliki pandangan positif terhadap kehidupan yang dapat membuat umur lebih panjang. Hal ini sejalan dengan pendapat para ilmuwan di University of Illinois, bahwa hati yang memiliki suasana positif akan mengurangi hormon stres dan meningkatkan kekebalan tubuh.

Penasaran untuk tahu lebih jauh? Berikut beberapa alasan kenapa tertawa membuat Anda lebih sehat dan mempunyai umur yang panjang.

1. Meningkatkan kekebalan tubuh

Menurut studi yang dilakukan oleh Lee Berk, DrPH, MPH, seorang psychoneuroimmunologist dari Loma Linda University, California, tertawa riang dapat meningkatkan Hormon Pertumbuhan Manusia yang juga dapat membantu tubuh dalam mengoptimalkan sistem imun- hingga 87%. Oleh karenanya, tertawa akan membuat daya tahan tubuh Anda  meningkat.

2. Mengurangi stres

Bagi Anda yang sering merasa stres dengan aktivitas sehari-hari, banyak-banyaklah tertawa sebab hal ini dapat meningkatkan produksi hormon endorphin yang otomatis membuat Anda merasa lebih nyaman dan senang. Selain itu, Dr. Michael Miller MD, F.A.C.C., F.A.H.A. dari Univesity of Maryland juga mengatakan bahwa tertawa pada saat menonton film komedi dapat mempengaruhi kontraksi endotelium sehingga produksi hormon penyebab stres akan berkurang. Hal ini sejalan dengan apa yang ditemukan dalam sebuah penelitian terbaru di Indiana State University, bahwa tertawa dapat membantu meningkatkan umur pasien penderita kanker dan HIV karena hormon yang menyebabkan stres pada pasien akan menurun produksinya.

3. Menghindari risiko penyakit jantung

Bagi Anda yang was-was akan kesehatan jantung Anda, mulailah banyak tertawa untuk mengatasinya. Sebab, penelitian yang dilakukan di University of Maryland menemukan bahwa tertawa dapat membuat jaringan yang membentuk pembuluh darah meluas sehingga aliran darah berjalan lebih baik. Dengan kata lain, tertawa mampu meningkatkan sirkulasi aliran darah dan oksigen ke seluruh tubuh Anda, terutama ke bagian jantung. Hal inilah yang kemudian menurunkan risiko Anda terkena penyakit jantung.

4. Menyehatkan paru-paru

Selain baik bagi jantung, tertawa ternyata juga dapat menyehatkan paru-paru, lho. Sebab, saat Anda tertawa, otot yang berada di bawah rongga dada (diafragma) -yang berfungsi untuk membantu membuang dan mengisi paru-paru Anda dengan oksigen- akan menguat. Sehingga tanpa Anda sadari, ketika tertawa, Anda juga meregangkan paru-paru sekaligus menghidupkan kembali tubuh Anda dari hal-hal yang membuatnya tegang. Hasilnya, sistem pernapasan Anda akan kembali segar.

5. Membuat Anda lebih tenang dan rileks

Tahukah Anda, bahwa dengan tertawa, pikiran akan menciptakan hal-hal yang positif?  Ketika Anda merasa marah dengan emosi yang meluap-luap, pikiran Anda akan lebih banyak terisi dengan hal-hal negatif. Sehingga tak jarang Anda kemudian melakukan hal-hal yang tidak terkontrol. Nah, untuk mengatasinya, cobalah tertawa lepas atau buat diri Anda tertawa dengan menonton sitkom atau bercanda dengan kerabat dan teman. Niscaya, pikiran Anda akan kembali tenang dan positif. Tidak percaya? Di dalam dunia medis juga ada terapi tertawa, lho. Terapi ini mengajari Anda untuk tertawa keras setiap kali merasa marah dan emosi.

Dengan segala manfaat kesehatan yang bisa Anda dapatkan dengan melakukannya, wajar saja jika tertawa dikatakan dapat memperpanjang umur. Meskipun umur tetap saja di tangan Tuhan, tidak ada salahnya lho memulai tertawa agar tubuh selalu terhindar dari penyakit. Bagaimana? Masih ragu untuk memperbanyak tawa?