Manfaat Senyum; Ketahui Lewat Penjelasan Berikut!

Manfaat senyum

GoDok- Manfaat senyum- Pernah mendengar ungkapan “Tersenyum merupakan ibadah yang paling mudah”? Kita seringkali menyepelekan manfaat senyum, baik untuk diri sendiri maupun bagi orang lain yang melihat. Kegiatan kecil ini seringkali terlupakan. Padahal, senyum terbukti sangat bermanfaat  baik bagi kesehatan tubuh maupun kesehatan mental. Contohnya, sebuah penelitian yang dilakukan oleh Penn University menyimpulkan bahwa senyuman terbukti dapat membuat seseorang terlihat sopan dan kompeten dalam melakukan pekerjaan. Masih kurang?

Ini dia manfaat senyum yang perlu Anda ketahui:

1. Relaksasi tubuh

Manfaat senyum yang pertama sebagai bentuk relaksasi tubuh. Karena padat serta sibuknya aktivitas harian, banyak orang yang memilih melakukan kegiatan tertentu agar tubuh kembali rileks, mulai dari menjalani terapi akupuntur hingga  rajin berolahraga yoga. Ternyata, Anda tidak perlu repot-repot melakukan kegiatan tadi, karena tersenyum terbukti mampu mengendurkan otot-otot tubuh yang tegang, melambatkan detak jantung, hingga menurunkan tekanan darah. Jadi, masih enggan tersenyum?

2. Mengurangi stres dan memperbaiki suasana hati

Manfaat senyum selanjutnya untuk mengurangi stres serta memperbaiki suasan hati. Stres berkelanjutan akibat tugas dan pekerjaan sangatlah berbahaya, karena dapat memicu timbulnya beberapa penyakit mematikan, seperti penyakit jantung, diabetes tipe 2, tekanan darah tinggi, hingga obesitas. Solusi termudah untuk menghindari hal tersebut adalah dengan tersenyum. Menurut Mark Stibich, PhD, seorang konsultan di Columbia University, senyuman terbukti mampu menstimulus otak untuk mengeluarkan hormon endorfin dan serotonin. Kedua hormon ini berperan untuk memperbaiki mood dan menciptakan perasaan bahagia. Jadi, tidak perlu lagi tuh untuk mengeluarkan uang lebih hanya untuk mengobati stres. Cukup dengan tersenyum, hari Anda akan kembali ceria.

3. Meningkatkan rasa percaya diri dan karier Anda

Terakhir, manfaat senyum yaitu untuk meningkatkan rasa percaya diri. Seperti yang telah Anda ketahui, rasa percaya diri merupakan aspek penting dalam menunjang karier. Lalu, apa hubungannya dengan tersenyum? Senyuman akan membuat  Anda terlihat lebih percaya diri. Selain itu, raut wajah yang selalu ceria juga akan membuat Anda disenangi oleh rekan kerja karena kesan ramah yang terpancar.

Mulai dari sekarang, jangan sepelekan manfaat senyum. Terbukti, dengan tersenyum, bukan hanya kesehatan tubuh yang Anda dapatkan, tapi juga kesehatan mental yang membaik. Ayo, senyum!

Baca juga:

Konsultasi kesehatan kini bisa langsung lewat gadget Anda. Download aplikasi Go Dok di sini.

Tinggalkan Balasan