Ternyata, Inilah Penyebab Gusi Berwarna Hitam!

penyebab gusi berwarna hitam
Penyebab Gusi Berwarna Hitam – Pastinya, setiap orang mendambakan gusi berwarna jambu yang menandakan kondisi gusi yang sehat. Namun, nyatanya ada sebagian orang yang memiliki gusi berwarna hitam. Lalu, apa penyebab gusi berwarna hitam?

GoDokPenyebab Gusi Berwarna Hitam – Coba cek di depan cermin, sembari tertawa lebar; apa Anda memiliki gusi berwarna hitam ataukah gusi berwarna merah jambu? Pastinya, setiap orang mendambakan gusi berwarna jambu yang menandakan kondisi gusi yang sehat. Pasalnya, saat Anda tersenyum, bukan hanya barisan rapi gigi yang akan terlihat, namun juga bagian gusi di atasnya. Tentunya, rasa percaya diri akan lebih meningkat dengan gusi yang sehat, bukan?

Sejatinya, gusi merupakan jaringan pendukung gigi yang secara normal menutupi sepertiga permukaan gigi dari akar hingga leher gigi. Selain berwarna merah muda, gusi normalnya juga memiliki tekstur yang kenyal. Meskipun demikian, nyatanya ada sebagian orang yang memiliki gusi berwarna hitam. Menurut dokter gigi, pewarnaan pada gusi ini disebabkan oleh beberapa faktor. Penasaran apa saja faktor-faktor tersebut?

Ini dia penyebab gusi berwarna hitam

1. Faktor keturunan/genetis

Faktor yang pertama adalah pewarisan gen melalui keturunan. Pada beberapa ras tertentu; seperti ras negroid atau beberapa suku bangsa di Indonesia bagian timur jumlah pigmen melanin yang ada di dalam tubuh mereka lebih banyak dibandingkan ras maupun suku bangsa yang lain. Hal ini kemudian turut memengaruhi warna gusi mereka sehingga tampak lebih hitam dibandingkan ras lainnya.

(Baca: Keturunan Menentukan Kecerdasan, Mitos atau Fakta?)

2. Sinar matahari

Anda tentunya sudah tahu bahwa jika sering terpapar sinar matahari, kulit perlahan akan berubah warna menjadi lebih hitam. Nah, ternyata hal yang sama dapat terjadi pula pada gusi. Jika kelewat sering terpapar sinat matahari, gusi Anda akan memiliki kemungkinan lebih besar untuk menghitam. Sebab, gusi akan memproduksi banyak pigmen sebagai sistem pertahanan terhadap sinar matahari seperti yang terjadi pada kulit tubuh.

(Baca: 6 Manfaat Sinar Matahari Bagi Kesehatan)

3. Rokok

Efek negatif dari kebiasaan merokok terhadap gigi dan mulut seperti tak ada habisnya. Kali ini, ternyata gusi dapat perlahan berubah menghitam jika seseorang memiliki kebiasaan merokok dalam jangka waktu yang lama. Hal ini disebabkan panas dari asap rokok menyebabkan iritasi yang terus menerus pada jaringan epitel gusi sehingga menebal dan berwarna hitam.

(Baca: Kenali Dampak Buruk Merokok pada Gigi)

4. Minuman beralkohol

Hati-hati, lho! Kebiasaan mengonsumsi minuman keras (miras) ternyata juga dapat menyebabkan perubahan warna gusi menjadi lebih gelap. Sebab, kandungan alkohol di dalam miras dapat menyebabkan iritasi yang terus menerus pada jaringan epitel gusi sehingga gusi menebal dan berwarna hitam.

(Baca: 6 Cara Hindari Pengaruh Miras)

5. Tambalan yang mengandung logam

Tambalan yang mengandung logam seperti amalgam diserap oleh gusi secara sistemik. Hal inilah yang membuat warna gusi yang normalnya merah mudah dapat mengalami perubahan menjadi lebih gelap, bahkan jaringan lunak di sekeliling gigi tersebut pun turut berubah. Apabila terdapat perbedaan pada gusi seperti warna biru kehitaman yang terdapat di sepanjang garis gusi, inilah ciri pewarnaan sebagai hasil dari faktor amalgam tersebut.

Nah, setelah mengetahui faktor-faktornya, tentu saja Anda harus lebih bijak untuk menghentikan kebiasan buruk seperti merokok dan mengonsumsi minuman beralkohol untuk menjaga kesehatan gusi Anda. Hindari pula terlalu lama berpanas-panasan di bawah sinar matahari, ya!

Setelah mengetahui penyebab gusi berwarna hitam, sebaiknya Anda menghindari kebiasaan tersebut ya. Semoga bermanfaat!