Ternyata, Ini Dia Gejala Kanker Usus Besar

gejala kanker usus besar

Gejala kanker usus besar terbagi menjadi dua kategori, yaitu gejala utama dan gejala tambahan. Gejala utama salah satunya rasa buang air besar terus menurus. Kemudian, gejala tambahannya salah satunya mual dan muntah-muntah.

Go Dok- Gejala kanker usus besar- Kanker usus besar, atau yang juga disebut kanker kolorektal merupakan salah satu jenis kanker yang harus Anda waspadai. Bagaimana tidak? Selain merupakan jenis ketiga yang paling sering diderita penduduk dunia, angka kematiannya di Indonesia pun cukup tinggi, yaitu 9,5% dari keseluruhan kasus kanker usus besar di Indonesia menurut data Komite Penanggulangan kanker Nasional RI. Di tahun 2012, sebanyak hampir 1,4 juta kasus kanker usus diderita oleh penduduk di seluruh dunia. Mengerikan? Tentu saja, terutama bagi rakyat Indonesia yang gaya hidup dan pola makannya membuka jalan untuk terjadinya penyakit yang satu ini. Nah, karena itu yuk pahami dan kenali gejala kanker usus besar lewat penjelasan berikut ini!

Apa itu kanker usus besar?

Perlu Anda ketahui, bahwa usus besar merupakan organ tubuh sekaligus bagian terakhir pada sistem pencernaan Anda  yang berperan sebagai saluran pembuangan kotoran yang ada di tubuh Anda. Nah, di bagian paling ujung dari usus besar, ada rektum dan anus yang menjadi tempat keluarnya kotoran. Jika terjadi pertumbuhan sel-sel yang tidak normal di area rektum dan usus besar, maka akan muncul polip atau sel tumor. Jika sel tumor ini mengganas, lama-kelamaan bentuknya akan berubah menjadi sel kanker. Inilah yang kemudian disebut kanker usus besar atau kanker kolorektal. Penyakit ini dikelompokkan sebagai  kanker kolorektal karena meskipun kanker pada usus besar, usus buntu, dan rektum berbeda lokasinya, namun ketiganya menimbulkan gejala yang sama. Faktor risiko terjadinya kanker kolorektal ini banyak, mulai dari gaya dan pola hidup yang tidak sehat, usia lanjut, hingga faktor keturunan.

Lalu, apa saja gejala kanker usus besar?

Gejala kanker usus besar terbagi menjadi dua kategori, yaitu gejala utama dan gejala tambahan. Berikut adalah gejala kanker usus besar utama yang harus Anda waspadai :

  • Pendarahan pada area anus dan sekitarnya, di mana pendarahan ini juga dapat terjadi ketika Anda buang air besar, sehingga menghasilkan BAB berdarah.
  • Rasa ingin buang air besar terus menerus, perasaan ini akan tetap muncul meskipun Anda sudah buang air besar.
  • Feses atau tinja yang dikeluarkan berwarna gelap dan berdarah
  • Perubahan pada pola buang air besar, biasanya gejala kanker usus besar ini ditandai dengan kondisi seperti sembelit, diare, atau ukuran feses yang mengecil. Kondisi ini bisa terjadi selama beberapa hari, atau bahkan lebih.
  • Muncul rasa nyeri atau kram pada area perut Anda.
  • Perut selalu terasa penuh atau kembung.

Gejala-gejala kanker usus besar di atas memang tidak selalu dirasakan oleh penderita pada awalnya, dan akan mulai terasa seiring kanker berkembang membesar. Di samping gejala utama di atas yang melibatkan pencernaan, Anda mungkin juga akan mengalami gejala berupa kelelahan akut dan penurunan berat badan secara drastis tanpa sebab jelas yang merupakan gejala kanker pada umumnya.

Selain itu, terdapat pula gejala kanker usus besar tambahan, seperti :

  • Mual dan muntah-muntah, yang diserta pembengkakan pada area perut.
  • Anemia, alias kekurangan sel darah merah yang membuat Anda tampak pucat.

Nah, itu dia gejala-gejala kanker usus besar yang harus Anda waspadai. Semoga bermanfaat!

Baca juga:

Jaga kesehatan Anda dengan gunakan fitur ‘Tanya Dokter’ untuk diskusikan permasalahan kesehatan Anda. GRATIS! Download aplikasi Go Dok, di sini.