Telapak Kaki Sakit? Cari Tahu Jawabannya Di Sini!

Telapak kaki sakit

GoDok- Telapak Kaki Sakit- Berbicara mengenai keluhan medis memang tidak akan ada habisnya; terutama yang berhubungan dengan kesehatan kaki. Bagimana tidak! Jika kaki mengalami gangguan, maka bisa dipastikan bahwa Anda akan menemui banyak kendala ketika beraktivitas sehari-hari. Nah, dari sekian banyak keluhan tentang kaki, perkara telapak kaki sakit rupanya banyak menyita perhatian. Lantas, kenapa telapak kaki bisa sakit? Bagaimana cara menanganinya? Cari tahu jawabannya lewat penjelasan di bawah ini!

Kenapa telapak kaki sakit?

Ternyata, terdapat beberapa kondisi medis yang membuat telapak kaki sakit. Apa saja kondisi yang dimaksud? Berikut poin lengkapnya:

1. Plantar faciitis

Terdengar asing di telinga masyarakat Indonesia, plantar faciitis merupakan kondisi di mana plantar fasia (lapisan tebal yang terletak di sepanjang telapak kaki dan menghubungkan tulang tumit ke telapak kaki bagian depan) mengalami peradangan.

Peradangan sendiri dapat dipicu oleh beberapa faktor, seperti penuaan, kehamilan, obesitas, serta kegiatan sehari-hari yang banyak melibatkan penggunaan kaki untuk berjalan, lari, atau berdiri.

2. Metatarsalgia

Alasan kenapa telapak kaki sakit juga bisa dipicu oleh metatarsalgia. Singkatnya, kondisi medis ini dipicu oleh meradang/membengkaknya telapak kaki (metatarsal) akibat bantalan lemak yang berkurang hingga kebiasaan mengenakan sepatu yang terlalu sempit.

3. Gout arthritis

Gout arthritis mengacu peradangan pada sendi yang diakibatkan oleh menumpuknya kristal asam urat. Umumya, penyakit ini ditandai oleh beberapa gejala, seperti telapak kaki yang terasa sakit serta timbulnya sensasi panas pada persendian. Jika Anda mengalami gejala tersebut, segeralah berkonsultasi ke dokter atau rumah sakit terdekat sebab gout arthritis harus mendapatkan penanganan medis dengan segera.

4. Rheumatoid arthritis

Rheumatoid arthritis, atau dikenal juga dengan istilah rematik, merupakan penyakit auto-imun yang ditandai dengan meradangnya persendian di kaki dan tangan. Jangan anggap remeh penyakit yang satu ini, ya!

5. Tegang otot atau keseleo

Alasan kenapa telapak kaki sakit yang lain adalah karena otot yang terlalu tegang, atau keseleo. Pada wanita, biasanya dua hal ini disebabkan oleh penggunaan sepatu hak tinggi yang terlalu sering. Untuk memulihkan kondisi telapak kaki, maka Anda bisa mengompresnya dengan es, atau memijat lembut area yang terasa sakit.

6. Bunion

Sering mengenakan sepatu yang berujung runcing? Hati-hati, karena Anda bisa terkena bunion! Ternyata, ujung sepatu yang meruncing dapat membuat jempol kaki membesar dan bengkok serta mendesak jari di sebelahnya.

7. Kapalan

Terakhir, alasan telapak kaki sakit adalah karena kapalan. Sebenarnya, kapalan merupakan reaksi alami tubuh untuk melindungi telapak kaki akibat terlalu sering bergesekan dengan sepatu. Caranya adalah dengan memproduksi lapisan kulit yang tebal dan keras. Eits, jangan anggap sepel kapalan, ya! Karena jika tidak segera ditangani, kondisi ini akan mempersulit kegiatan sehari-hari Anda.

Bagaimana cara menanganinya?

Sebenarnya, terdapat beberapa cara untuk menangani telapak kaki sakit. Pertama, adalah dengan mengompresnya menggunakan es atau handuk yang dicelupkan ke air dingin. Cara ini dianggap ampuh untuk meredakan nyeri sekaligus merelaksasi otot. Selain itu, Anda juga dapat memijat pelan telapak kaki dengan menggunakan minyak kayu putih atau minyak kelapa. Terakhir, jika cara diatas tetap tidak berhasil, maka Anda dianjurkan untuk segera menghubungi dokter sebab bisa saja telapak kaki yang sakit merupakan pertanda adanya keluhan medis lain.

Semoga bermanfaat!

Baca juga:

Konsultasi kesehatan kini bisa langsung lewat gadget Anda. Download aplikasi Go Dok di sini.