Tanda Wanita Tidak Subur; Yuk, Kenali Di Sini!

tanda wanita tidak subur

GoDok- Tanda wanita tidak subur- Dari sekian banyak keingintahuan yang muncul dan berkaitan dengan kesuburan wanita, pertanyaan yang paling sering terbayang di benak Anda mungkin, “Adakah tanda yang dapat diamati pada wanita yang kurang subur organ reproduksinya?”.

Terdapat 7 tanda wanita tidak subur yang dapat Anda perhatikan, yaitu:

1. Riwayat penyakit menular seksual (PMS)

Tanda wanita tidak subur yang pertama adalah adanya riwayat pernah menderita penyakit menular seksual, seperti klamidia dan gonore. Lho, kok bisa? Ternyata, infeksi dan peradangan yang dipicu oleh penyakit menular seksual dapat menyumbat saluran tuba. Inilah yang membuat kehamilan sulit, bahkan mustahil, terjadi.

2. Siklus menstruasi tidak teratur

Jika Anda termasuk wanita yang memiliki siklus menstruasi tidak teratur -terlebih jika menstruasi terjadi disertai dengan sensai nyeri parah-, maka segera konsultasikan kesehatan Anda ke dokter. Penyebabnya tidak lain karena hal tersebut bisa saja menandakan ada yang salah dengan kondisi serta kesehatan rahim dan organ reproduksi Anda.

3. Jumlah darah menstruasi tidak normal

Tanda wanita tidak subur selanjutnya adalah kecenderungan mengeluarkan darah menstruasi dengan jumlah yang tidak normal. Faktanya, darah menstruasi yang terlalu sedikit atau terlalu banyak bisa saja menandakan infertilitas organ reproduksi Anda. Selain memperhatikan volumenya, Anda juga bisa turut menelaah warna serta konsistensi darah menstruasi. Jika darah yang keluar terlampau pekat dan berwarna gelap, maka kemungkinan besar ada yang salah dengan kesuburan Anda.

4. Gagal hamil dalam satu tahun

Pernah mengenal seorang istri yang tidak kunjung hamil, padahal sudah menikah selama lebih dari satu tahun dan tidak menggunakan alat kontrasespsi apapun? Maka, kemungkinan besar ia bermasalah dengan kesuburan organ reproduksinya. Jika Anda mengalami hal serupa, maka segera konsultasikan kesehatan Anda ke dokter demi mendapatkan pengobatan serta treatment yang tepat .

5. Mengalami keguguran berturut-turut

Meskipun bukan merupakan indikasi pasti, namun dokter umumnya akan menyatakan bahwa ada yang salah dengan kesuburan organ reproduksi jika Anda mengalami keguguran sebanyak 2-3 kali yang terjadi secara berturut-turut.

6. Ketidakseimbangan hormon

Selanjutnya, tidakseimbangnya kondisi hormonal seorang wanita juga turut memengaruhi kesuburan organ reproduksinya. Lantas, apa saja ciri ketidakseimbangan hormon yang dapat diperhatikan? Selain kecenderungan timbulnya rasa nyeri berlebih saat menstruasi, ketidakseimbangan hormon dalam tubuh juga bisa ditandai dengan siklus menstruasi yang berlangsung telalu lama (panjang).

7. Mempunyai riwayat kanker

Tanda wanita tidak subur yang terakhir adalah riwayat pribadi menderita kanker. Hal ini tentu saja tidak mengherankan; sebab, salah satu terapi kanker yang paling sering dipraktikkan adalah penggunaan sinar radiokatif untuk membunuh sel kanker. Nah, dalam beberapa kasus, radiasi eksternal inilah yang dapat memicu timbulnya permasalahan pada organ reproduksi -tidak terkecuali kemandulan.

Itu tadi 7 tanda wanita tidak subur yang harus Anda ketahui. Pada dasarnya, kehamilan merupakan berkah Tuhan yang tidak dapat dipaksakan. Jadi, jika Anda tidak kunjung memiliki momongan, maka jangan berhenti untuk berdoa dan berusaha. Semangat!

Baca juga:

Atasi permasalahan kesehatan Anda dengan gunakan fitur ‘Tanya Dokter’ untuk tanya jawab seputar penanganannya dengan Tim Dokter Go Dok. Download aplikasinya di sini.