Tanda Skizofrenia; Kenali Poin Lengkapnya di Sini!

Tanda Skizofrenia

GoDok- Tanda SkizofreniaPada dasarnya, skizofrenia merupakan gangguan psikologis yang mempengaruhi fungsi dan kinerja otak seseorang sehingga ia mengalami perubahan perilaku kognitif, emosional, dan tingkah laku. Selain itu, penderita skizofrenia juga kerap dihinggapi halusinasi dan delusi sehingga susah membedakan mana yang kenyataan dan mana yang bukan. Ingin mengetahui apakah ada kerabat atau sahabat yang menderita gangguan psikologis ini?

Yuk, cari tahu lewat pembahasan mengenai 9 tanda skizofrenia berikut ini!

1. Tidak ekspresif

Tanda skizofrenia yang pertama adalah adanya perubahan perilaku penderita yang menjadi tidak ekspresif. Biasanya, penderita skizofrenia akan merasa acuh tidak acuh terhadap perubahan emosi di sekitarnya. Selain itu, mereka juga sulit merasakan simpati atau empati terhadap sesama. Inilah mengapa banyak penderita skizofrenia yang kemudian bisa berlaku kasar, bahkan mengancam nyawa orang-orang disekitarnya.

2. Sulit berkomunikasi dengan benar

Punya anggota keluarga atau sahabat yang susah diajak berkomunikasi dengan alur yang benar? Hati-hati, bisa jadi mereka mengidap skizofrenia! Faktanya, skizofrenia membuat penderitanya sering meracau dan susah berkomunikasi dengan alur dan topik yang sejalan dengan lawan bicara.

3. Sering berhalusinasi

Tanda skizofrenia yang selanjutnya adalah kecenderungan sering berhalusinasi. Dampaknya, penderita tidak bisa membedakan mana realita dan khayalan. Bahkan, dalam beberapa kasus penderita skizofrenia bisa mendengar bisikan yang dianggap berasal dari Tuhan atau malaikat yang mengarahkan mereka untuk berbuat jahat serta membahayakan orang di sekitarnya.

4. Depresi

Perlu diketahui bahwa skizofrenia juga bisa ditandai dengan depresi berlebihan. Berbeda dengan depresi yang biasa menimpa orang kebanyakan, depresi karena skizofrenia bisa membuat penderitanya stres karena menganggap tidak ada solusi terhadap permasalahan yang ia alami. Inilah yang membuat mereka nekat melakukan hal ekstrem karena percaya langkah tersebut merupakan satu-satunya solusi yang dapat dicoba.

5. Mengalami gangguan emosional

Tanda skizofrenia yang selanjutnya adalah terganggunya emosi penderita sehingga membuat mereka mudah marah, menangis, dan tertawa tiba-tiba tanpa ada alasan yang jelas. Jika ada sahabat atau kerabat yang terbukti menderita gangguan psikologis ini, maka segera bawa ia ke dokter! Mengapa? Karena perubahan emosi yang drastis bisa saja membahayakan Anda dan orang-orang di sekitar penderita.

6. Insomnia

Jarang yang mengetahui bahwa salah satu tanda yang sering ditunjukkan oleh penderita skizofrenia adalah insomnia, alias susah tidur. Para ahli belum bisa memastikan apa sebenarnya hubungan anatara skizofrenia dengan insomnia. Namun, satu hal yang pasti adalah minimnya waktu tidur membuat emosi dan perilaku penderita semakin susah ditebak. Jadi, hati-hati, ya!

7. Menarik diri

Ternyata, skizofrenia juga membuat penderitanya menarik diri dari lingkungan sekitar. Penyebabnya ditenggarai karena penderita merasa bahwa dunia luar berjalan tidak sesuai dengan pandangan dan ‘idealisme’ mereka.

8. Sering curiga

Memang, curiga merupakan sikap normal yang dapat dirasakan siapa saja. Namun, pada penderita skizofrenia, perasaan kerapkali diarahkan pada hal-hal kecil dan tidak masuk akal. Kenapa bisa begitu? Ternyata, hal ini erat kaitannya dengan halusinasi dan delusi yang dibayangkan penderita.

9. Tergantung pada penggunaan obat-obatan/alkohol

Terakhir, tanda skizofrenia yang harus Anda ketahui adalah penggunaan obat-obatan dan konsumsi alkohol berlebih yang awalnya ditujukan untuk menenangkan pikiran.

Itu tadi 9 tanda skizofrenia yang harus Anda ketahui. Semoga bermanfaat!

Baca juga:

Atasi permasalahan kesehatan Anda dengan gunakan fitur ‘Tanya Dokter’ untuk tanya jawab seputar penanganannya dengan Tim Dokter Go Dok. Download aplikasi Go Dok di sini.