Tanda Hormon Testosteron Rendah Pada Pria yang Sering Diabaikan

Tanda hormon testosteron rendah

GoDok- Tanda hormon testosteron rendah- Testosteron -hormon androgen dominan dalam tubuh pria. Namun, apa jadinya jika kadar hormon ini terlampau rendah di dalam tubuh?

Yuk, simak tanda hormon testosteron rendah pada pria berikut ini!

1. Tidak ereksi di pagi hari

Tanda hormon testosteron rendah pada pria yang pertama adalah penis yang tidak mengalami ereksi di pagi hari. Normalnya, beberapa saat setalah bangun tidur, penis akan mengalami ereksi. Namun, hal ini bisa saja tidak terjadi jika kadar testosteron dalam tubuh terlampau rendah. Jangan dibiarkan berlarut-larut! Karena jika tidak ditangani dengan segera, Anda akan menjadi lebih berisiko mengalami disfungsi ereksi.

2. Mengalami kerontokan rambut

Rambut tiba-tiba rontok tanpa sebab? Bisa jadi hal ini merupakan pertanda adanya ketidakseimbangan jumlah hormon dalam tubuh Anda. Selain ditandai dengan kerontokan, testosteron yang rendah juga bisa dicirikan dengan susahnya janggut atau kumis untuk tumbuh.

3. Susah tidur

Selanjutnya, hormon testosteron yang rendah pada pria juga kerapkali memicu insomnia, atau kondisi di mana Anda sulit tidur/sulit mempertahankan waktu tidur yang ideal. Jangan dianggap remeh, ya! Karena tidur yang tdiak berkualitas terbukti dapat meningkatkan kadar stres, lho!

4. Mood swing

Tanda hormon testosteron rendah pada pria yang selanjutnya adalah mood swing. Mungkin sebelumnya Anda hanya menyangkutpautkan mood swing dengan gejala pra-menstruasi (PMS). Padahal, kondisi ini juga kerap menimpa pria dengan kadar testosteron rendah. Mengejutkan!

5. Massa otot turun

Tahukah Anda, bahwa rendahnya kadar testosteron dalam tubuh pria juga bisa ditandai dengan menurunnya massa otot? Biasanya, kondisi ini dapat dikenali dengan perubahan bentuk beberapa bagian tubuh, seperti perut yang membuncit atau tangan dan paha yang terlihat menggelambir.

6. Gairah seks rendah

Anda merasa tidak bergairah secara seksual; padahal pasangan sudah mencoba berbagai cara agar Anda semangat dalam bercinta? Hati-hati, sebab kondisi ini kerapkali disangkutpautkan dengan rendahnya jumlah testosteron dalam tubuh. Jika terbukti mengalami kondisi ini, segera konsultasikan kesehatan Anda ke dokter. Mengapa? Sebab, rendahnya gairah seks dapat memengaruhi kelangsungan tumah tangga.

7. Payudara membesar

Tanda hormon testosteron rendah pada pria yang lainnya adalah payudara yang terlihat membesar -atau dikenal juga dengan istilah ‘ginekomastia’. Singakatnya, kondisi ini dapat terjadi jika rasio hormon estrogen dan testosteron dalam tubuh tidak seimbang. Akibatnya, terjadilah keanomalian tubuh -yaitu jaringan payudara yang perlahan-lahan tumbuh.

8. Volume air mani rendah

Seperti yang telah Anda ketahui, air mani adalah cairan yang dikelurkan pria saat mengalami ejakulasi. Nah, dalam air mani inilah terkandung sel sperma yang berfungsi untuk membuahi sel telur. Namun, karena alasan medis tertentu -salah satunya adalah karena rendahnya kadar testosteron dalam tubuh-, volume air mani menjadi rendah. Akibatnya, peluang sel telur dibuahi pun akan semakin turun. Tidak ingin hal tersebut terjadi, bukan?

9. Kepadatan tulang menurun

Tanda hormon testosteron rendah pada pria yang terakhir adalah menurunnya kepadatan tulang. Jika tidak segera ditangani, kondisi ini dapat memicu komplikasi medis lain, seperti osteoporosis.

Itu tadi 9 tanda hormon testosteron rendah pada pria yang harus Anda waspadai. Semoga bermanfaat!

Baca juga:

Konsultasi kesehatan kini bisa langsung lewat gadget Anda. Download aplikasi Go Dok di sini.