Syarat Donor Darah yang Wajib Anda Penuhi

syarat donor darah

GoDok- Syarat donor darah- Ayo, absen! Siapa saja di antara Anda yang pernah mendonorkan darah? Secara sepintas, mungkin Anda hanya melihat fungsi donor darah dari segi sosial saja -yaitu, untuk membantu mereka yang membutuhkan transfusi darah dengan segera. Tapi, jika ditelisik lebih jauh, donor darah juga bermanfaat untuk kesehatan, lho! Ya, banyak hasil studi yang menyatakan bahwa donor darah secara teratur dapat merangsang produksi sel darah merah, menjaga kesehatan jantung, hingga memperpanjang ekspektasi umur. Tertarik mencoba ?

Terlebih dahulu, penuhi dulu 9 syarat donor darah berikut ini:

1. Berat badan tidak kurang dari 45kg

Syarat donor darah yang pertama adalah berat badan yang tidak kurang dari 45 kg. Mengapa demikian? Karena jika bobot Anda kurang dari angka tersebut, maka ditakutkan donor darah justru akan menganggu keseimbangan tubuh dan malah memicu timbulnya kondisi medis lain.

2. Usia lebih dari 17 tahun

Selanjutnya, pendonor darah juga diwajibkan untuk berusia lebih dari 17 tahun. Di usia tersebut, fungsi organ tubuh dianggap sudah cukup matang. Jadi, kalaupun tubuh harus kehilangan beberapa liter darah, maka hal tersebut tidak akan memberikan dampak buruk bagi kesehatan.

3. Tidak bermasalah dengan tekanan darah

Ternyata, syarat donor darah, Anda harus memastikan terlebih dahulu bahwa tekanan darah tubuh berkisar di nilai 100-150 (sistol) dan 70-100 (diastol). Jadi, bagi Anda yang menderita hipotensi atau hipertensi, jangan coba-coba untuk mendonorkan darah, ya! Karena langkah ini justru akan memperburuk kondisi kesehatan.

4. Tidak menderita penyakit tertentu

Syarat donor darah yang selanjutnya adalah pendonor tidak menderita penyakit tertentu, seperti HIV/AIDS, hepatitis, dan sipilis. Mengapa? Karena penyakit tersebut dapat menyebar melalui transfusi darah. Selain penyakit di atas, seseorang juga dilarang untuk melakukan donor darah jika terbukti menderita epilepsi, talasemia, TBC, dan sering kejang.

5. Tidak kecanduan miras

Alasan mengapa para pecandu miras tidak diperbolehkan donor darah adalah karena ditakutkan darah yang diberikan sudah tercemar oleh racun yang berasal dari alkohol.

6. Kadar hemoglobin cukup

Sebelum memutuskan untuk mendonorkan darah, ada baiknya Anda periksakana terlebih dahulu kadar hemoglobin. Mengapa? Karena syarat minimal hemoglobin bagi pendonor darah berkisar di angka 12,5-15 g/dl.

7. Tidak sedang hamil/menyusui

Seperti yang telah Anda ketahui, mengandung dan menyusui merupakan dua kondisi yang mengharuskan wanita memiliki tubuh prima. Inilah mengapa ibu hamil dan menyusui tidak diperbolehkan mendonorkan darahnya karena ditakutkan justru dapat mengganggu kesehatan dirinya dan janin/bayi.

8. Tidak habis mengunjungi daerah endemik penyakit

Bagi para wisatawan yang habis mengunjungi daerah atau negeri yang dilanda penyakit endemik tertentu, maka disarankan untuk menunda dahulu kegiatan donor darahnya. Alasannya, tidak lain demi menghindari risiko penularan penyakit lewat darah.

9. Tidak menderita infeksi kulit

Syarat donor darah yang terakhir adalah pendonor terbukti tidak menderita infeksi kulit apapun. Lantas, apa yang harus dilakukan jika Anda ‘keukeuh’ ingin memberikan sebagian darah untuk mereka yang membutuhkan? Maka, tungu selama 1 minggu atau hingga luka benar-benar sembuh.

Itu tadi 9 syarat donor darah yang harus Anda ketahui. Ayo, donorkan darah Anda dan bantu selamatkan nyawa saudara kita!

Baca juga:

Konsultasi kesehatan kini bisa langsung lewat gadget Anda. Download aplikasinya Go Dok di sini.