Susah Tidur? Ini Dia 7 Cara Mengatasi Insomnia

cara mengatasi insomnia
Untuk sembuh dan benar-benar menghilangkan insomnia, hal yang harus dilakukan penderita adalah mengubah gaya hidup dan pola tidurnya.

GoDokCara Mengatasi InsomniaSeringkah Anda kesulitan untuk tidur di malam hari? Hati-hati! Bisa saja Anda ternyata menderita insomnia, sebuah gangguan tidur di mana penderitanya kesulitan terlelap di malam hari, yang akhirnya menyebabkan rasa ngantuk dan lemas di siang harinya. Menurut suatu hasil penelitan yang dimuat dalam jurnal Circulation, risiko seorang penderita insomnia unuk terkena serangan jantung mencapai 27 hingga 50 persen. Cukup meresahkan, bukan?

Kebanyakan orang mengatasi masalah susah tidur ini dengan mengonsumsi obat tidur atau anti-depresant . Namun, jika insomnia berkepanjangan, mengonsumsi obat-obatan tersebut justru dapat menyebabkan ketergantungan dan hanya bisa mengatasi hal ini sesaat. Untuk sembuh dan benar-benar menghilangkan insomnia, hal yang harus dilakukan penderita adalah mengubah gaya hidup dan pola tidurnya. Apa sajakah kebiasaan yang harus diubah sebagai cara mengatasi insomnia? Yuk, simak penjelasan berikut ini!

Cara Mengatasi Insomnia

1. Hindari alkohol dan kafein di malam hari

Cara mengatasi Insomnia dengan hindari alkohol dan kafein di malam hari. Banyak dari Anda, sebagai pekerja kantoran atau anak kuliahan, memilih untuk meminum kopi di malam hari karena banyaknya pekerjaan rumah. Awas! Kafein, yang memang membuat Anda terjaga lebih lama, ternyata tidak hanya memiliki efek 1-2 jam, melainkan hingga 10 jam. Di sisi lain, mengonsumsi alkohol juga tidak akan membuat tidur Anda nyenyak dan berkualitas. Karenanya, mari hindari kopi dan minuman beralkohol di atas jam 7 malam, ya!

2. Perbaiki pola tidur

Banyak dari Anda yang begadang demi melakukan sebuah pekerjaan yang “nanggung”. Esoknya, Anda tentu akan bangun siang dan kembali segar di malam harinya. Secara langsung, pola tidur yang buruk ini terjadi setiap hari, sehingga menyebabkan insomnia. Mungkin Anda berpikir bahwa tidur malam bisa digantikan dengan bangun siang. Salah! Tidak ada yang bisa menggantikan tidur di malam hari. Karenanya, Anda harus membiasakan diri untuk tidur tepat waktu di malam hari dan bangun tepat waktu di pagi harinya. Percayalah, hal ini bisa diterapkan sebagai cara mengatasi insomnia.

3. Berjemur

Berjemur merupakan salah satu cara untuk mengatasi insomnia. Jika Anda berhasil bangun di pagi hari, cobalah untuk berjemur di bawah sinar matahari selama beberapa saat. Cahaya matahari pagi terbukti dapat membantu tubuh dalam mengatur jam biologisnya. Hal ini akan membuat Anda tidur di malam hari dan tetap terjaga di siang hari.

(Baca: Ingin Sehat? Berjemur Saja!)

4. Matikan lampu kamar dan gunakan penutup mata

Beberapa ahli menyatakan bahwa kenyamanan waktu tidur Anda bergantung pula pada pencahayaan di dalam kamar. Karenanya, sebagai cara mengatasi insomnia   sebaiknya jika Anda tidak bisa tidur di suasana terang, matikanlah semua lampu di kamar. Cobalah tidur dalam keadaan gelap, hal ini bisa membantu Anda segera terlelap. Jika perlu, gunakan pula penutup mata untuk tidur.

5. Jangan merokok

Selanjutnya cara mengatasi insomnia bisa dilakukan dengan berhenti dari kebiasaan merokok. Siapa yang sangka bahwa kebiasaan buruk yang satu ini ternyata juga bisa membuat Anda susah tidur? Nyatanya, kandungan nikotin di dalam rokoklah yang menyebabkan hal ini, dan sebagian besar perokok akan lebih mudah terbangun di malam hari. Karenanya, hindarilah merokok dua jam sebelum waktu tidur,  agar tidur Anda lebih nyenyak dan berkualitas.

6. Rutin berolahraga

Rajin berolahraga bisa membuat Anda tidur lebih cepat dan nyenyak, lho. Para ahli menyarankan agar Anda berolahraga sekitar 4-5 jam sebelum waktu tidur Anda, yaitu sekitar pukul 5 hingga 6 sore. Lakukan hal ini secara rutin, agar waktu tidur Anda juga menjadi teratur. Namun ingat, jangan berolahraga di malam hari, atau dekat dengan waktu tidur Anda, karena justru hal ini menyebabkan tubuh mengeluarkan hormon endofrin, yang membuat mata Anda lebih susah terpejam.

(Baca: Cara Sederhana Untuk Berhenti dari Kebiasaan Merokok)

7. Beraktivitas lebih banyak

Terakhir, cara mengatasi insomnia. Umumnya, mereka yang menderita insomnia beraktivitas terlalu sedikit pada siang harinya, sehingga energi Anda masih tersimpan di malam hari. Cobalah untuk lebih banyak beraktivitas di pagi, siang, dan sore hari. Dengan cara ini, energi Anda terkuras dan akan timbul rasa lelah di penghujung hari. Hasilnya? Anda bisa tidur dengan mudah.

Yuk, perangi susah tidur  dengan 7 cara mengatasi insombia di atas! Selamat mencoba!