Sudah Cukupkah Konsumsi Air Anda Hari Ini?

GoDok – Anda pasti pernah mendengar jika mengonsumsi air yang baik adalah sebanyak 2 liter atau 8 gelas per harinya. Namun, apakah takaran tersebut sudah benar? Bagaimana dengan mereka yang mempunyai berat badan yang lebih dari batas ideal, atau mereka yang sering beraktivitas fisik dan sering berada di bawah terik matahari? Apakah takaran air tersebut kira-kira cukup untuk mereka konsumsi? Nah, untuk mengetahuinya, yuk kenali lebih dekat serba-serbi konsumsi air putih!

Air untuk kesehatan tubuh

Air merupakan komponen kimia utama yang sangat penting untuk kesehatan tubuh. Seorang pria dewasa memiliki kandungan air sebanyak 55 – 60 persen dari berat badannya. Sementara seorang wanita dewasa memiliki kandungan air sebanyak 50 – 60 persen dari berat tubuh. Intinya, hampir setengah dari keseluruhan kandungan tubuh Anda adalah air, yang dibutuhkan oleh organ-organ tubuh Anda untuk menjalankan fungsi-fungsinya. Oleh karenanya jika kekurangan cairan, Anda akan merasa haus sebab kinerja organ-organ di dalam tubuh menjadi terhambat.

Berapa banyak air yang dikeluarkan setiap harinya?

Setiap harinya, tanpa disadari, Anda akan kehilangan cairan melalui kulit, sistem pernapasan, urin, feses, dan sebagainya. Seorang yang telah dewasa rata-rata akan mengeluarkan urin sebanyak 1,5 liter per hari yang setara dengan 6,3 cangkir air putih. Hal ini artinya Anda kira-kira kehilangan 4 cangkir air putih setiap harinya. Makanan yang dikonsumsi biasanya hanya menyumbang 20 persen dari total keseluruhan asupan cairan. Oleh karena itulah, Anda kemudian dianjurkan untuk meminum 2 liter air atau sekitar 8 gelas air setiap harinya untuk menggantikan cairan yang hilang tersebut.

Berapa banyak yang harus dikonsumsi?

Pada orang dewasa yang aktif dan produktif pada usia 19- 25 tahun, kebutuhan air yang disarankan sekitar 2.300 ml/hari untuk pria dan 2.000 ml/ hari untuk perempuan. Tetapi tentu saja takaran ini tidak diminum sekaligus, tetapi dianjurkan untuk dibagi misalnya setiap 2 jam dikarenakan kapasitas lambung yang terbatas. Jika asupan cairan Anda sudah memadai, Anda akan jarang merasa haus dan warna urin tampak normal (kuning pucat).

Adakah batasan dalam mengonsumsi air?

Sebagian besar dari Anda mungkin khawatir mengenai cukup atau tidaknya jumlah air yang telah Anda konsumsi, sehingga kemudian Anda mengonsumsi air secara berlebihan dalam satu hari. Padahal, Anda tidak sedang melakukan aktivitas berat pada hari itu. Apakah hal tersebut dianjurkan dan baik untuk tubuh? Menurut buku “Air Bagi Kesehatan” yang ditulis oleh dr. Budi Iman Santoso hingga saat ini mengonsumsi air belum memiliki batasan untuk orang yang sehat. Akan tetapi jika Anda tengah menderita penyakit tertentu; seperti penyakit ginjal kronik dan gagal jantung, asupan air yang masuk ke dalam tubuh harus dibatasi. Selain itu, dr. Budi juga mengatakan bahwa asupan air yang berlebih tidak dianjurkan untuk mereka yang telah berusia lanjut. Asupan air yang lebih dari 1500ml/24 jam pada usia lanjut dapat menyebabkan hiponatremia sehingga dapat menurunkan kesadaran, kejang-kejang, bahkan kematian pada lansia.

Nah, itu tadi penjelasan mengenai bahaya dan batasan konsumsi air dalam sehari. Harus diakui, meminum air memang sangat bagus untuk kesehatan tubuh. Meskipun begitu, Anda tetap harus memperhatikan jumlah asupan air yang Anda konsumsi; apakah sudah sesuai dengan takarannya. Semoga bermanfaat!

Comments are closed.